Coban Kedung Jembar - Malang

Sesuai dengan namanya Air Terjun Bertingkat terdiri dari dua tingkatan. Letaknya sangat dekat dari air terjun Campuhan.

berlokasi di Desa Sumberoto Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang , sebenarnya Kedung jembar ini hanya sungai musiman, di malang bagian selatan terkenal dengan kawasan karst yang identik oleh kawasan gersang dan minim air. Pada musim penghujan saja Kedung Jembar menyimpan keindahan alamnya yang terbentuk secara alami dengan bentukan batuan kapur yang bervariasi terbentuklah kedung bisa di artikan sebagai aliran air sungai yang terbendung

Masyarakat sekitar sana juga menyebut tempat ini dengan Kletek Watu Ijo

Untuk menuju lokasi Kedung Jembar dari kota malang anda dapat mengambil arah ke pasar kepanjen dilanjutkan menuju ke kecamatan Donomulyo searah dengan jalan menuju pantai modangan, apabila sudah sampai di pertigaan jalur lintas selatan lurus saja sampai di permukiman / kampung, setelah itu perjalanan di lanjutkan dengan jalan kaki kurang lebih 1 kilometer dari permukiman warga dengan menyusuri perkebunan warga sekitar

Lokasi

Terletak di Desa Sumberoto, Kecamatam Donomulyo, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Oh iya, lokasi Kedung Jembar ini berada satu desa dengan Pantai Modangan. Sebagai gambaran, Pantai Modangan berjarak sekitar 65 km dari pusat kota Malang. Jadi, dibutuhakn waktu sekitar 2 – 3 jam untuk sampai ke lokasi Kedung Jembar dari pusat Kota Malang

Air Terjun Kedung Jembar adalah sebuah air terjun musiman yang berada di desa Sumberroto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Dinamakan air terjun Kedung Jembar karena di bawah air terjun ini terdapat kedung / kolam yang luas atau jembar(bahasa Jawa dari luas). Bagi yang tidak bisa berenang jangan berenang di sini ya. Karena kedalaman airnya lebih dari 3 m dengan dasar berlumpur. Kedungnya pun bentuknya unik menyerupai bentuk seperti cangkang tiram. Tinggi air terjun ini sekitar 5 meter. Air Terjun ini berada paling atas di kawasan Wisata Kedung Jembar. Sedangkan ada 4 air terjun di kawasan ini yaitu Kedung Jembar, Kedung So, Jurug Krecek dan Jurug Jero.

Untuk menuju air terjun ini, jika kamu dari Malang, ikuti jalan raya Blitar-Malang lewat Kepanjen-Kromengan-Sumberpucung. Tiba di barat Waduk Karangkates, belok ke kiri(selatan) di pertigaan arah ke Donomulyo melewati Kalipare. Setelah melewati Pasar Donomulyo, belok kanan / barat hingga memasuki desa Sumberroto.

Atau jika kamu dari Blitar,dari pasar buah Brongkos, belok kanan / selatan melalui pertigaan arah ke pantai Jolosutro melewati Binangun. Setelah melewati Binangun ada pertigaan yang ada pohon beringin nya. Kalau lurus ke pantai Jolosutro kalau belok kiri ke Wates. Nah di pertigaan ini belok kiri / timur menuju kota kecamatan Wates. Selepas pasar Wates, kamu menjumpai pertigaan yang ada tugunya. Di pertigaan itu belok kanan, hingga tiba di desa Sumberoto.

Sampai di desa Sumberoto, cari petunjuk jalan menuju pantai Modangan hingga kamu tiba di perempatan Jalan Lintas Selatan (JLS). Itu lurus saja melewati jalur beton. Pertigaan pertama belok kiri mentok. Lalu belok kiri lagi hingga menjumpai mushola. Parkirkan kendaraanmmu di rumah warga sekitar mushola tersebut. Kemudian perjalanan dilanjutkan treking sejauh 1 km melewati bukit dan ladang warga.

Jalan yang kamu lalui ini menuju air terjun Jurug Krecek. Nah, di sebelah kiri air terjun ini ada jalan setapak yang menanjak. Ikuti jalan tersebut sejauh 300 meter hingga kamu tiba di air terjun Kedung Jembar.