Air Terjun Kalibendo - Banyuwangi

Air Terjun Kalibendo memiliki ketinggian sekitar 10 m dan berada di dalam kawasan Agro Wisata Kalibendo, dimana terdapat perkebunan karet, kopi dan cengkeh. Kawasan Kalibendo ini terletak di kaki Gunung Ijen.

Terletak di desa Kampung anyar, kecamatan Glagah dan masih masuk kawasan agrowisata Kalibendo. Dari kota Banyuwangi hanya berjarak sekitar 15 Km, satu arah dengan jalan menuju wisata alam Kawah Ijen. Dari kota Banyuwangi menuju ke terminal sasak perot di desa Bakung, kecamatan Glagah – Pertigaan patung barong desa Kemiren – desa Taman suruh – desa Kampung anyar. Dari desa Kampung anyar menuju ke perkebunan Kalibendo disana ada gerbang masuk yang akan ditarik tiket dengan biaya yang cukup murah dan pengunjung bisa parkir kendaraannya di dalam area PT.Perkebunan Kalibendo. Dari tempat ini, perjalanan di lanjutkan dengan jalan kaki melewati perkebunan yang terdiri dari perkebunan cengkeh, kopi, karet dan pohon bendo. Jalan di tempat ini cukup menanjak karena melawati puluhan anak tangga, sehingga diperlukan stamina yang baik. Setelah tiba di sungai yang ada jembatan di atasnya dan terdapat beberapa warung penjual makanan dan minuman, di tempat ini pengunjung bisa istirahat sejenak untuk sekedar mengisi perut dan pengunjung bisa turun ke sungai untuk mandi. Dari jembatan, kemudian perjalanan dilanjutkan melewati jalan setapak di sepanjang tebing sisi sungai sekitar 300 meter hingga sampai di sungai. Kemudian jalan menyusuri pinggiran sungai hingga bertemu tikungan yang dikelilingi oleh tebing tinggi setinggi 10 meter, dibalik tebing itulah air terjun Kalibendo berada.

Lokasi

Terletak di Desa kampung Anyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

8° 9' 54.91" S 114° 16' 27.74" E

Aksesbilitas

Berjarak kira-kira 15 km dari Banyuwangi ke arah barat daya, satu arah dengan jalan menuju wisata alam Kawah Ijen. Sebenarnya ada beberapa jalur alternatif menuju kesana, tapi biasanya mengambl jalan lurus ke arah barat daya tadi. Dari pusat kota Banyuwangi perjalanan diarahkan ke Terminal Sasak Perot di Desa Bakung, Kecamatan Glagah. Selanjutnya perjalanan tetep lurus ke arah barat hingga tiba di pertigaan Patung Barong di Desa Banjarsari. Dari pertigaan ini mengambil arah lurus melintasi Desa Kemiren hingga desa Tamansuruh Selanjutnya perjalanan diteruskan beberapa menit hingga masuk Desa Kampung anyar.

Selanjutnya dari Desa Kampung Anyar masuk ke area PT Perkebunan Kalibendo yang ditandai dengan adanya gerbang masuk dan pos tiket. Di area perkebunan ini kendaraan dapat di parkir di tempat yang disediakan

Setelah masuk gerbang PT Perkebunan kalibendo, kendaraan dapat diparkir di tempat yang disediakan di depan gedung pertemuan. Dari sini selanjutnya perjalanan berganti dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak melewati kawasan perkebunan cengkeh dan pohon Bendo. Kondisi jalan setapak ini msih berupa tanah dengan kontur menurun dan berliku.

Selanjutnya akan tiba di sungai dengan jembatan di atasnya. Setelah menyeberangi jembatan kayu selebar 1 m di atas sungai tersebut tampak menghampar perbukitan dan tanaman heterogen. Di pinggir sungai ini banyak ditemui beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Dari sungai ini perjalanan diteruskan (masih melewati jalan setapak) di sepanjang tebing di sisi atas sungai.sejauh kurang lebih 300 m ke arah barat hingga tiba di sungai lagi. Dan akhirnya ikuti aliran sungai tersebut dengan menyusurinya hingga tiba di lokasi air terjun beberapa ratus meter lagi.