Air Terjun Pantai Pelang - Trenggalek

Air Terjun Pantai Pelang berada lebih kurang 300 m arah barat laut Pantai Pelang, Trenggalek. Air terjun ini memiliki ketinggian 25 m dan dapat digunakan untuk mandi. Bahkan penduduk setempat meyakini air terjun ini akan membuat awet muda seseorang bila mandi di tempat ini.

Oleh warga sekitar air terjun ini disebut juga Air Terjun Grobogan Sewu. Sumber air terjun ini mengalir dan turun dari sela-sela karang menuju dasar yang berupa batu-batu berwarna keputihan. Dibalik air terjun ini terdapat goa kecil kira-kira seukuran daun pintu.

Lokasi

Terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS: 8° 15' 31.09" S 111° 25' 26.80" E

Aksesbilitas

Berjarak sekitar 56 km arah barat daya Kota Trenggalek. Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan umum. Kondisi jalan menuju Pantai Pelang ini relatif sudah bagus dan menantang. Tikungan tajam dengan tanjakan dan turunan curam dipandu dengan jurang dalam di kiri kanan jalan akan banyak ditemui.

Selain dari kota Trenggalek Pantai Pelang dapat juga dicapai dari kota Ponorogo dengan rute Jetis – Ngasinan – Bunkal – Ngerayon – sampai perbatasan Trenggalek dan langsung mencapai kecematan Pelang. Rute ini cukup sulit karena melewati pegunungan yang terjal dan curam. Umumnya kondisi jalan sudah bagus, hanya di beberapa tempat jalan rusak kerap di jumpai terutama masuk di daerah Trenggalek.

Rute lain juga dapat ditempuh yaitu dari arah kota Pacitan dengan melewati daerah Ngelorok.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari kota Trenggalek (di terminal bis Trenggalek) naik bis jurusan Trenggalek - Lorok/Pacitan dan turun di Kecamatan Panggul. Perjalanan menggunakan bis ini memakan waktu sekitar 2-3 jam dengan tarif sekitar 15-20 ribu dengan pemberangkatran terakhir dari Trenggalek kira-kira pukul 3 sore.

Jalan masuk ke pantai ini akan berada di sebelah kiri dengan jarak kira-kira 5 kilometer dari tepi jalan raya dengan medan bervariasi antara jalan aspal dan batu.

Fasilitas dan Akomodasi

Sarana penunjang di tempat wisata ini berupa lapangan parkir, bumi perkemahan, kamar bilas, mushola, MCK dan taman bermain anak-anak. Juga warung-warung kecil yang menjajakan makanan banyak dijumpai, namun akomodasi berupa penginapan belum ada atau tersedia di lokasi ini.

Wisata Lain

Selain air terjun sekitar 100 m arah timur Pantai Pelang terdapat pula Goa Pelang yang kedalamannya sekitar 500 m. Goa Pelang benar-benar masih alami dan layak dikembangkan.