Air Terjun Sirah Kencong - Blitar

Air Terjun Sirah Kencong sebelumnya bernama Air Terjun Suro Tani. Air terjun ini berada dalam Wisata Agro Sirah Kencong yang dikelola oleh PTPN XII.

Air Terjun Suro Tani ini sebenernya lebih dikenal dengan Air Terjun Sirah Kencong. Aku sendiri enggak tahu kalau sudah di re-branding menjadi air terjun suro tani karena di plakatnya kini sudah diberi nama sedemikian rupa.

Dulu, untuk masuk kawasan ini tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis, tetapi per akhir bulan agustus kemarin ada retribusi yang ditarik oleh perhutani sehingga untuk masuk kawasan ini perlu membayar Rp. 3.000 untuk setiap orangnya.

Dari tempat parkir terdekat kamu perlu jalan kurang lebih 700 meter dengan jalan agak nanjak campur landai, jadi bisa dinikmati dengan bersantai. Air terjun ini debitnya enggak terlalu besar dan airnya sangat dingin.

adalah Wisata Agro Sirah Kencong yang berada di area pegunungan di kawasan Blitar. Terletak pada ketinggian 1000 m dpl, secara administratif masuk dalam wilayah Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timurberada dalam pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara XII.

Di lokasi tersebut terdapat buah 3 air terjun. Air Terjun tersebut memiliki beberapa nama diantaranya Air Terjun Tirta Kencana, Air Terjun Suro Tani, dan Air Terjun Sirah Kencong. Air terjun ini hanya berjarak 700 meteran dari Pabrik Pengolahan Teh.

Air Terjun Sirah Kencong memiliki aliran yang tak terlalu deras. Aliaran airnya yang hanya merambat pada dinding tebing tampak menawan karena dikelilingi vegetasi hijau yang masih lebat. Air Terjun Sirah Kencong ini tidak terlalu tinggi, dan disarankan jangan datang ke lokasi ini apabila sedang hujan. Karena apabila hujan turun, debit air akan besar dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir.

Rute Sirah Kencong via Desa Semen adalah sebagai berikut: Blitar – Wlingi – Pertigaan RS Ngudiwaluyo Wlingi belok kiri – Ikuti jalan hingga memasuki Desa Semen – Setelah Pasar Semen ambil percabangan ke kanan ke arah Sirah Kencong. Rute Sirah Kencong via Tegalasri adalah sebagai berikut: Blitar – Wlingi – Pertigaan Kawedanan Wlingi belok ke kiri – Pertigaan Tegalasri ke kiri – Ikuti jalan hingga tiba di Sirah Kencong. Baik via Semen maupun Tegalasri, keduanya merupakan medan gunung.

Sebenarnya pada postingan kali ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya yaitu mengenai air terjun lawean yang ada di Perkebunan Kawisari. Karena memang Perkebunan Kawisari letaknya searah dengan Perkebunan Sirah Kencong. Perkebunan Sirah Kencong sendiri merupakan sebuah perkebunan dengan komoditas teh milik pemerintah yaitu melalui PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII). Perkebunan Sirah Kencong masuk kedalam wilayah Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Akses jalan untuk menuju Perkebunan Sirah Kencong sama dengan ketika menuju air terjun Lawean di Perkebunan Kawisari, yaitu dari Wlingi ke arah utara menuju Desa Semen Kecamatan Gandusari. Sesampai pasar Semen belok ke arah kanan sampai menemukan pertigaan makam. Sampai disini, anda tinggal mengikuti arah jalan utama. Sebagian besar jalan untuk menuju lokasi Perkebunan Sirah Kencong memang sudah beraspal, tetapi masih ada beberapa bagian jalan yang rusak. Sehingga tidak jarang pengunjung yang datang mengalami kesulitan saat melewatinya.

Selain melalui Desa Semen akses jalan menuju Perkebunan Sirah Kencong juga bisa ditempuh melalui Desa Tegalasri Kecamatan Wlingi. Dari Wlingi lebih tepatnya sebelah barat dari kawedanan Wlingi ada jalan ke arah utara. Anda ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan, ambil arah ke kiri (ada tulisan arah Sirah Kencong). Akses jalan melalui Desa Tegalasri ini tergolong lebih enak daripada melalu Desa Semen, tetapi terdapat banyak persimpangan jika melewati jalur ini. Sehingga bagi pengunjung yang belum mengenal jalan daerah sini kemungkinan akan kebingungan. Di jalur sini pula sudah mulai dilakukan pembangunan di bagian atas atau di dekat Pabrik Sirah Kencong. Jalan jalan sudah banyak yang diperlebar dan diperbaiki. Terlihat mulai dilakukan pembangunan pabrik yang baru. Pemandangan pada jalur sini pun juga tidak kalah indahnya dengan jalur Semen. Sesekali ketika cuaca sedang cerah kita bisa melihat dengan jelas puncak Gunung Kawi yang indah. Pada saat saya berkunjung kesana terlihat mulai dilakukan pembangunan pabrik baru.

Perjalanan menuju Perkebunan Sirah Kencong akan berakhir setelah menemukan gapura sebagai tanda anda memasuki kawasan Perkebunan Sirah Kencong. Setelah sampai di pos satpam anda akan mendapatkan tiket masuk untuk selanjutnya menuju area parkir.

Selain berupa Pabrik dan Perkebunan teh, Sirah Kencong juga menyimpan objek wisata lain yaitu berupa air terjun dan candi. Pada saat kesana saya hanya menuju ke air terjun saja. Jarak antara area parkir menuju lokasi air terjun sekitar 700 meter dengan medan sedikit menanjak.

Lokasi

Terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Wisata Sirah Kencong terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Rute menuju Kebun Teh Sirah Kencong ini terbagi menjadi dua jalur, yaitu melalui jalur Semen yang cukup berat, serta melalui jalur Tegalasri yang relatif lebih mudah. Dari kedua jalur ini pengunjung bisa memilih mana yang lebih disukai, jalur Semen atau jalur Tegalasri.

Via Jalur Semen

Jika memilih jalur Semen, maka yang harus ditempuh yaitu dari arah kota Blitar menuju Wlingi. Dari Wlingi lanjutkan perjalanan menuju Semen – Masjid Raya Wlingi belok kiri pada pertigaan pertama, kemudian pada perempatan pertama Perumahan Bening belok kanan, kemudian belok kiri pada perempatan kedua hingga mencapai Pasar Semen.

Dari Pasar Semen belok kanan pada jalan bercabang hingga menemukan jalanan berbatu yang merupakan jalan menuju Sirah Kencong. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih sepanjang 11 km, hingga menemukan jalan bercabang. Kedua jalur bercabang tersebut akan sampai ke Sirah Kencong, namun jalur di kiri merupakan jalur yang lebih pendek. Sementara jalur kanan lebih jauh dan cukup sulit, namun memberikan pemandangan yang lebih asri dan indah. Jalur ini bisa ditempuh menggunakan mobil 4WD atau motor trail.

Via Jalur Tegalasri

Rute menuju Kebun Teh Sirah Kencong Blitar via Jalur Tegalasri lebih mudah dilewati daripada jalur Semen. Untuk menggunakan jalur ini, dari pertigaan Kawedanan Wlingi ke arah utara sampai Tegalasri, kemudian belok kiri di pertigaan Tegalasri. Di jalur tersebut terdapat hutan sengon, lurus terus melewati SD Ngadirenggo 2 kemudian belok kanan pada pertigaan setelah bangunan sekolah tersebut.

Setelah melewati Hutan Pijiombo dan Pabrik Susu belok kanan, maka jalur tersebut merupakan jalur menuju Kebun Teh Sirah Kencong. Jalanan yang beraspal sangat memudahkan wisatawan karena jalan aspal tersebut sudah mencapai rute yang cukup dekat dengan lokasi Kebun Teh, kurang lebih satu kilometer sebelum lokasi. Parkir akan dikenakan melewati rute ini.