Curug Cilontar - Bogor

Curug Cilontar memiliki ketinggian sekitar 35 m dengan debit air yang cukup deras sepanjang tahun. Curug ini mengalir di Sungai Cianten yang berasal dari pegunungan Halimun-Salak dan merupakan sumber air untuk PLTA Kracak. Sungai ini nantinya akan bersatu dengan aliran sungai Cikaniki dan bermuara ke aliran sungai besar Cisadane.

Lokasi

Terletak di Desa Kracak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Dari kota Bogor arahkan kendaraan ke arah barat ke kecamatan Leuwiliang. Sekitar 500 m setelah melewati jembatan besar sungai Cianten di Leuwiliang belok kiri dan ikuti jalan ke daerah Curug

Akses menuju Curug Cilontar jika menggunakan mobil pribadi, dari pintu tol Bogor menuju arah Kampus IPB Dramaga, lalu ke arah Leuwiliang. Sekitar 500 meter setelah jembatan besar Sungai Cianten di Leuwiliang, belok kiri dan ikuti jalan utama pedesaan menuju daerah Curug. Mobil bisa diparkir di sekitar pangkalan “mobil odong-odong” Curug. Jika menggunakan GPS, koordinat Curug Lontar adalah 06°38’13” LS dan 106°38’18” BT. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Stasiun Bogor, naik angkot 02/03 hijau ke Terminal Bubulak/Laladon, dilanjutkan naik angkot 05 biru Jurusan Leuwiliang/Jasinga, turun di pertigaan Kracak, lalu dilanjutkan naik mobil Odong-Odong jurusan Puraseda, turun di pangkalan desa Curug. Dari jalan desa, cukup bertanya pada penduduk sekitar jalan masuk ke arah Curug Cilontar, umumnya merupakan jalan pekarangan belakang rumah warga. Jalan turunan berupa tanah yang sangat licin bila turun hujan dan rawan longsor. Jarak jalan tanah menuju curug hanya sekitar 200 meter, namun kemiringan jalannya cukup menyulitkan. Sebaiknya membawa bekal makanan ringan dan air minum dari jalan desa karena tidak ada penjual makanan/minuman di sekitar air terjun. Di musim kemarau, kawanan monyet abu-abu dari hutan sekitar akan banyak berada di sekitar Curug Lontar. Jadi, jika sedang berkunjung ke daerah wisata Perkebunan teh Cianten, jangan lupa menepi sebentar untuk menikmati keindahan Curug Lontar/Cilontar.