Curug Batu Templek - Bandung

Dahulu Curug Batu Templek oleh penduduk setempat dikenal dengan nama Curug Batu Cisanggrung. Penamaan Batu Templek karena di lokasi terdapat penambangan batu, dan batu yang ditambang umumnya berbentuk persegi panjang datar atau templek.

memiliki ketinggian sekitar 52 m

Dulu, lokasi wisata ini oleh penduduk setempat dikenal dengan Curug Batu Cisanggarung. Curug ini memilik ketinggian 52 meter. Curug ini mulai terkenal di media sosial karena terlihat unik dan mempunyai pemandangan yang eksotis.

Alasan kenapa air terjun ini dinamai sebagai Curug Batu Templek adalah karena ditempat ini terdapat penambangan batu, dan batu yang ada ditambang ini mayoritas berbentuk persegi panjang datar/templek. Dan ditempat ini pula terdapat sebuah tebing batu cadas yang terdapat aliran air terjun yang bersumber dari sungai yang berada diatasnya. Karena hal itulah tempat ini dinamakan sebagai Curug Batu Templek.

Anda yang datang dari arah kota Bandung, silahkan untuk patokannya, arahkan kendaraan anda menuju kawasan Pasir Impun yang lokasinya dekat dengan terminal leuwipanjang.

Tol Pasteur – Pasopati – Jalan Suci – Terminal Cicaheum – Lapas Sukamiskin – Arcamanik – Jalan Pasir Impun.

Nah setibanya di Pasir Impun, anda cukup mengikuti jalan selanjutanya sejauh 4 kilometer, dan seterusnya anda akan melewati jalan Cisanggarung.

Nah jika sudah ada di jalan tersebut, maka perhatikan bahwa lokasi curug ini lokasinya tepat berada d bawah jalan Cisanggarung tersebut.

Keunikan Curug ini adalah aliran airnya keluar dari sela-sela bebatuan. Menurut para ahli Batu Templek ini merupakan fenomena menarik khas Cekungan Bandung yang pada ketinggian tertentu air mengalir dari sela-sela batuan beku. Batu Templek merupakan jenis batuan metamorf yang terbentuk karena perubahan tekanan dan suhu yang tinggi atau panas bumi. Templek, lempeng atau yang lebih dikenal dengan Slate terbentuk dari lempung dan batuan shale. Dinamakan batu templek atau batu lempeng karena batu nya menyerupai lempengan tipis.Cukup mudah untuk bisa mengunjungi Curug Batu Templek ini, karena letak dari tempat ini berada di kota Bandung. Patokan yang paling mudah untuk bisa tiba ditempat ini adalah mengarahkan kendaraan menuju kawasan Pasir Impun yang dekat dengan Terminal Cicaheum.

Berikut ini adalah rute yang bisa dilalui jika bertolak dari arah barat; Pasteur – Pasopati – Jalan Suci – Terminal Cicaheum – Lapas Sukamiskin – Arcamanik – Jalan Pasir Impun.

Dari jalan Pasir Impun ini kamu hanya perlu mengikuti jalan sejauh 4 km, kemudian melewati Jalan Cisanggarung. Dan Curug Batu Templek ini berada di bawah Jalan Cisanggarung. Jadi saat tiba, kamu hanya perlu berjalan kaki menuju arah bawah tebing yang terdapat pepohonan bambu dan aliran sungai.

Lokasi

Terletak di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas

Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 5000 per orang. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp 3000 dan kendaraan roda empat adalah Rp 5000.

Start dari Stasiun Hall Bandung. Naik angkot Antapani - Ciroyom turun di Jalan Ahmad Yani harga Rp. 6000. Lanjut naik angkot Dipati Ukur - Panghegar turun di depan jalan masuk ke Jalan Pasir Impun harga Rp. 5000. Lalu naik Ojek dari Pangkalan Ojek di dekat situ ke Curug Batu Templek sekitar 3-5 KM seharga Rp. 20.000 (nego) one way. (Tidak ada angkutan umum untuk ke Curug nya)

02. Cara Menuju Curug Batu Templek dengan Kendaraan Pribadi

Start dari Pintu Tol Pasteur. Arahkan kendaraan kalian ke Jalan Ahmad Yani menuju ke Terminal Cicaheum. Tetap ikuti jalan sampai ke depan Lapas Sukamiskin tidak jauh dari sini sekitar 100 meter, ada jalan masuk ke kiri yaitu Jalan Pasir Impun. Masuk ke Jalan Pasir Impung, ikuti jalan nya selama 3-5 km menuju ke Jalan Pasir Impun Atas.

Tidak lama kalian akan menemukan Satu Gerbang kecil di sebelah kanan jalan (jalan pelan saja jika sudah masuk Jalan Pasir Impun Atas). Masuk ke Gerbang tersebut Mobil atau Motor bisa masuk sampai ke Parkiran dekat dari Curug nya. Namun jalan ini cukup terjal jadi harus hati-hati ya

Akses untuk menuju curug batu templek dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1jam dari kota bandung , perjalanan cukup mudah, bisa melalui daerah ujung berung atau dari arah Cicaheum tepatnya dari Lembaga Pemasayarakatan (LP) Sukamiskin ada jalan lurus terus keatas sampai kampung cisanggarung kecamatan cimenyan, kabupaten bandung.

Fasiltas yang tersedia disini yaitu warung, toilet, tempat sholat saung untuk beristirahat dan kolam ikan.

Untuk sampai ke curug ini, masuk dari Jalan Pasir Impun, 200 m dari LP Sukamiskin ke arah Ujung Berung – Belok ke kiri. Terus ke atas kira-kira 2 km sampai ketemu Jalan Terusan Pasir Impun. Terus jalan ke atas kira-kira 1,5 km sampai ke Jalan Cisanggarung, letak Air Terjun Batu Templek terletak di Jalan ini. Perhatikan di sebelah kanan ada jalan yang menuju ke bawah di daerah yang banyak pohon bamboo, mabil jalan itu karena jalan itu akan mengarahkan kita ke curug.