Indonesian Continuers

People and places

Listenings

Item 1

Listen to the audio.

IC_PP_L1.mp3

How does the public holiday affect Ibu Lina’s travel plans? (2 marks)

Item 2

Listen to the audio.

IC_PP_L2.mp3

Contrast the eating places in Blok S with those in Kemang. (3 marks)

Item 3

Listen to the audio.

IC_PP_L3.mp3

Outline the evidence given to show that this practice is very much an everyday custom. (2 marks)

Readings

Part A

Read the text, then answer the questions in English.

In your answers you will be assessed on how well you demonstrate:

  • capacity to understand general and/or specific aspects of texts, through, for example, summarising or evaluating
  • capacity to convey the information accurately and appropriately.

Activity 1

Kegiatan Karang Taruna

Di Indonesia terdapat bermacam-macam organisasi kepemudaan. Ada organisasi yang bertaraf nasional, ada yang bertaraf regional, dan ada pula yang bertaraf lokal.

Salah satu organisasi ialah Karang Taruna. Karang artinya tempat. Taruna artinya remaja atau pemuda. Jadi Karang Taruna artinya tempat kegiatan para remaja. Organisasi ini didirikan dan dibina oleh Departemen Sosial. Karang Taruna terdapat hampir di seluruh Indonesia. Nama Karang Taruna disesuaikan dengan keadaan daerah masing-masing.

Anggota Karang Taruna ialah para pemuda, terutama mereka yang putus sekolah dan tidak mempunyai pekerjaan. Di beberapa daerah anggota Karang Taruna adalah para pelajar. Mereka masih duduk di SMP atau SMA.

Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan kepada para remaja, terutama yang putus sekolah dan menganggur. Jika tidak diberi tambahan pendidikan yang berupa berbagai ketrampilan, mereka dapat menimbulkan banyak masalah. Kenakalan remaja sampai pada tindak kriminalitas bisa dan mudah berkembang pada remaja yang menganggur. Melalui pendidikan Karang Taruna diharapkan para remaja memperoleh penyaluran. Mereka menjadi aktif dan produktif. Akhirnya mereka dapat hidup secara mandiri.

Berbagai ketrampilan dipelajari dalam organisasi ini. Remaja yang berbakat dalam bidang elektronik dididik untuk memahami dan terampil menggarap bidang elektronik. Remaja yang menyenangi ukiran diberi pula pendidikan bidang ini. Keterampilan bagi remaja putri biasanya menyangkut bidang-bidang jahit-menjahit dan memasak. Mereka dilatih untuk terampil membuat macam-macam makanan dan pakaian. Kegiatan-kegiatan ini direncanakan menurut keadaan dan kemampuan daerah masing-masing.

Kegiatan lain ialah pembinaan olahraga dan kesenian. Di beberapa tempat sudah terbentuk bermacam-macam tim olahraga. Kelompok paduan suara dan kelompok kesenian lainnya pun dibentuk dan dibina. Mereka aktif melakukan pertandingan dan perlombaan. Mereka juga aktif menampilkan berbagai kreasi kesenian pada waktu-waktu tertentu.

Questions

  1. What does the term Karang Taruna mean? ( 2 marks)
  2. Explain how Karang Taruna’s programs are specifically designed for the target members. (4 marks)

Activity 2

Penampilan dan Pakaian

Kalau orang belum tahu banyak tentang Indonesia, ada kemungkinan beberapa di antara mereka akan pikir semua orang Indonesia memakai pakaian tradisional seperti sarung atau kain. Sebenarnya kesan ini salah. Walaupun ada orang yang memakai pakaian tradisonal, penampilan dan pakaian sehari-hari untuk kebanyakan orang Indonesia, khususnya generasi muda, mirip gaya Barat. Selain dari gaya pakaian, gaya potong rambut atau cara memakai topi dan kaca mata dipengaruhi oleh gaya Barat. Generasi muda senang memakai busana terbaru, atau busana yang mirip model, bintang film atau penyanyi, khususnya dari Amerika Serikat. Pemuda-pemudi juga senang memakai pakaian santai atau pakaian longgar.

Namun, masih ada aturan-aturan cara memakai pakaian di Indonesia. Yang terpenting ialah orang harus memakai pakaian yang cocok. Orang harus bersifat sopan dan halus. Memang, ada banyak tempat di mana orang tidak boleh masuk kalau tidak memakai pakaian yang cocok. Yang dianggap sopan dan halus ialah pakaian yang tidak terlalu tipis, ketat atau pendek. Misalnya blus lengan panjang atau rok yang panjangnya di bawah lutut untuk perempuan dan kemeja lengan panjang dan celana panjang untuk laki-laki. Juga untuk kaum Islam, perempuan diharapkan memakai jilbab.

Meskipun demikian semakin lama semakin banyak pemuda-pemudi tidak memperhatikan aturan-aturan tersebut. Di kampus atau kota besar terlihat laki-laki yang memakai celana pendek dan perempuan yang memakai rok mini, blus tanpa lengan dan sepatu bertumit tinggi.

Kalau ke perayaan atau upacara yang penting, kebanyakan orang Indonesia memakai gaya pakaian tradisional. Ada bermacam-macam pakaian tradisional di Indonesia. Yang dipakai tergantung daerahnya masing-masing.

Questions

  1. What false impression can people with little knowledge of Indonesia sometimes draw? (2 marks)
  2. Is the dress code in Indonesia strictly followed? Justify your answer with reference to the text. (3 marks)

Activity 3

Pacaran

Pacaran adalah salah satu masalah yang paling bikin pusing remaja maupun orang tua. Yang satu penginnya pacaran, yang lain melarang.

Nanti, kalau sudah boleh pacaran ada masalah lain yang timbul, yang beda agama, yang beda suku, yang orang tua kurang cocok, yang tidak sesuai dengan ajaran agama dan sebagainya.

Sehingga selalu timbul pertanyaan pada remaja: pacaran yang baik itu yang bagaimana sih?

Untuk berpacaran yang baik, benar dan asyik sekaligus tidak mudah. Harus kau pertimbangkan dari berbagai faktor. Yang jelas faktor-faktor itu harus terkait dengan orang, masyarakat dan nilai-nilai di mana kamu tinggal.

Jangan lupa orang tua juga merupakan salah satu faktor yang harus kau pertimbangkan dengan serius, lho. Kalau kau abaikan mereka, bisa jadi kau akan mendapat kesulitan kelak.

Questions

  1. Identify the problems described in the article. (2 marks)
  2. How relevant is the advice given? Justify your opinion. ( 3 marks)
  3. Do you think the language used is suitable for the target audience? Justify your answer with reference to the text. ( 3 marks)

Part B

Read the text, then answer the following question by writing 150- 200 words in Indonesian.

In your answers you will be assessed on how well you demonstrate:

  • capacity to understand general and specific aspects of a text by identifying, analysing and responding to information
  • relevance of ideas, information or opinions
  • accuracy of vocabulary and sentence structures
  • variety of vocabulary and sentence structures.

Activity

You received the email below and visited Andra’s house last Saturday.

Write an email to thank Andra after the visit. Include comments on the food Andra’s mother cooked and Andra’s cousin, Budiono.

Hai Jamie,

Gimana kabarnya? Masih sibuk di sekolah dengan tugas dan ujian? Mudah-mudahan kamu tidak terlalu stres ya?

Aku nulis email ini untuk mengundang kamu makan malam di rumahku pada hari Sabtu depan tanggal 28 November. Sepupuku dari Jakarta datang untuk berlibur selama dua minggu di rumahku. Jadi, selain bisa makan masakan ibuku, makanan khas Indonesia, kamu bisa berkenalan dan ngobrol dengan dia. Namanya Budiono. Dia pandai sekali bermain game di komputer seperti kamu. Budiono juga suka penggemar sepak bola, khususnya tim Barcelona. Kamu bisa berbicara dengan dia tentang tim favorit kamu – tim Barcelona.

Aku harap kamu bisa datang ya? Balas email ini,ya.

Salam,

Andra