Indonesian Continuers

Cultural diversity

Listenings

Item 1

Listen to the audio.

IC_CD_L1.mp3

Account for the tone of the speaker. (2 marks)

Item 2

Listen to the audio.

IC_CD_L2.mp3

Explain why Halimah was inconvenienced at this time. (3 marks)

Item 3

Listen to the audio.

IC_CD_L3.mp3

Why is the ceremony held? (3 marks)

Item 4

Listen to the audio.

IC_CD_L4.mp3

Explain Linda’s feelings after attending this wedding ceremony. (4 marks)

Readings

Part A

Read the text, then answer the questions in English.

In your answers you will be assessed on how well you demonstrate:

  • capacity to understand general and/or specific aspects of texts, through, for example, summarising or evaluating
  • capacity to convey the information accurately and appropriately.

Activity

PERAYAAN HARI NATAL DI INDONESIA

Kebanyakan orang Indonesia yang beragama Islam tidak merayakan Hari Natal, terutama di desa-desa. Di kota-kota yang lebih besar, seperti Semarang misalnya, ada banyak spanduk Natal, Pohon Natal dan Sinterklas di dalam toserba (toko serba ada). Kartu Natal dijual di pusat perbelanjaan dan toserba.

Kebanyakan toko dan kantor tutup pada hari ini karena Hari Natal adalah hari raya nasional di Indonesia. Menjelang Hari Natal, harga barang, bahan makanan, kartu Natal dan ongkos potong rambut naik.

Pagi-pagi sekali pada pukul empat, saat Natal, orang Kristen di Salatiga pergi ke lapangan Pancasila untuk merayakan kelahiran Tuhan Yesus. Karena hari masih gelap mereka duduk di tikar-tikar dan memegang lilin supaya mereka dapat melihat kitabnya. Lampu warna-warni dan hiasan yang lain tergantung dari pohon-pohon. Bukan main indahnya! Pemandangan Gunung Merbabu pada waktu matahari terbit kelihatan bertambah indah.

Sesudah kebaktian ini, semua orang menyanyikan "Bunyi Bel" yang diiringi dengan suara suling lalu saling mengucapkan "Selamat Hari Natal" sambil bersalaman.

Questions

  1. In large Indonesian towns, what special atmosphere do people create to celebrate Christmas? (3 marks)
  2. Describe the scene in Pancasila square in the town of Salatiga on Christmas morning. (2 marks)
  3. What do people do after the service? (3 marks)

Part B

Read the text, then answer the following question by writing 150 - 200 words in Indonesian.

In your answers you will be assessed on how well you demonstrate:

  • capacity to understand general and specific aspects of a text by identifying, analysing and responding to information
  • relevance of ideas, information or opinions
  • accuracy of vocabulary and sentence structures
  • variety of vocabulary and sentence structures.

Activity

Read the advertisement below. Imagine that you have joined this program in Indonesia. Write a diary entry about a unique experience and how that experience changed your perception of Indonesian life.

Ikutlah Program Pertukaran Siswa Indonesia ‘Generasi Muda’

Kalau Anda murid Kelas 10 yang sedang belajar bahasa Indonesia di sekolah Anda, dan Anda tertarik mengalami kebudayaan dan kehidupan langsung orang-orang Indonesia, Program ini cocok sekali untuk Anda.

Program Pertukaran Siswa Indonesia ‘Generasi Muda’ menyediakan semua fasilitas dan pengetahuan serta pengalaman untuk murid-murid Australia. Hanya dalam waktu 6 minggu, Anda bisa memperkaya dan memperdalam serta memperluas wawasan hidup Anda.

Anda akan tinggal dengan keluarga Indonesia, mengalami langsung kebudayaan dan perayaan-perayaan mereka dan belajar di sekolah SMA Indonesia. Anda pasti puas sesudah ikut program kami.

Jangan kuatir, kami sudah berpengalaman dalam program Pertukaran Siswa selama lebih dari 10 tahun dan kami juga akan mengurus semua keperluan surat-surat penting. Kunjungi situs kami untuk keterangan selengkapnya dan daftarkan segera lewat email programgenerasimuda@hotmail.co.id.