한글 atau huruf korea diciptakan oleh Raja Sejong dari dinasti Jeoseon. Hangeul diciptakan oleh Raja Sejong untuk membantu rakyatnya untuk lebih mudah dalam belajar dan menulis. Pada masa itu, Jeoseon masih menggunakan Hanja atau mandarin sebagai bahasa komunikasi utama, rakyat kalangan kecil hanya bisa berbicara tanpa bisa menulis karena tulisan Hanja sangat sukar untuk dipelajari. Akhirnya, Raja Sejong menciptakan Hangeul yang dibuat sesuai dengan pronunciation atau cara pelafalan, yang lebih mudah dimengerti oleh rakyatnya.
Wajah-wajah para K-POP stars diatas mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta K-POP. Lisa Blackpink, CL 2NE1, dan Sandara Park 2NE1. Ketiganya adalah para artis Korea yang menguasai lebih dari 3 bahasa. Lisa menguasai bahasa Thailand, Inggris, Korea, serta Jepang. CL menguasai bahasa Korea, Inggris, Jepang, and Perancis. Sandara menguasai Korea, Tagalog, Jepang, dan Inggris. Ketiga artis ini berhasil melakukan debutnya dan sukses melalui YG entertainment. Mereka tidak akan menjadi seperti sekarang ini tanpa diiringi kemampuan bahasa yang lebih.
Kemampuan bahasa menjadi sangat penting dalam pekerjaan. Kemampuan bahasa menjadi seesorang mempuyai daya tarik lebih dan daya saing yang lebih tinggi. Ketika tahun 1990 an, orang yang berbahasa Inggris hanya sedikit di Indonesia, orang-orang ini lah yang mampu meraih sukses dari orang-orang kebanyakan pada zamannya. Seiring meningkatnya kesadaran orang tua betapa Bahasa Inggris sangat penting, para millenial saat ini mendidik anaknya untuk dapat berbahasa Inggris sedini mungkin. Bahkan pada usia TK pun mereka lancar berbahasa Inggris. Pada 10 tahun mendatang, setiap anak Indonesia mungkin sudah lancar berbahasa Inggris dibandingkan dengan saat ini.
Maka, jika semua anak Indonesia sudah fasih berbahasa Indonesia dan Inggris, apa yang dapat menjadikan seseorang outstanding daripada yang lain? Kemampuannya untuk berbahasa yang lebih, seperti Mandarin, Korea, Jepang (dimana 3 negara tersebut adalah 3 negara maju di Asia Timur dan Tenggara). Multilingual sangat membantu seseorang untuk menjadikannya lebih kompetitif dibandingkan yang lain. Bahasa Indonesia dan Inggris saja sudah tidak cukup, jadi mari kita start untuk belajar bahasa ketiga atau bahkan keempat kita.
Kursus Bahasa Korea Jangmi Malang menyediakan kursus bahasa korea secara private dan group, baik untuk umum, pelajar, atau yang akan melanjutkan studinya ke Korea. Kurikulum yang terstandaridisasi, pengajar yang kompeten dan sabar, materi yang berkualitas, serta metode belajar yang tidak membuat stress akan membuat proses belajar semakin mudah dan menyenangkan. Segera hubungi kami, untuk informasi dan pendaftaran : Sandra 0813-3197-2544
Suasana di Kelas saat Language Training. Photo by : Thamer Al-Enzi (UEA).
Beasiswa dari Pemerintah Korea (KGSP) tahun 2018 sudah dibuka kembali. Terus terang saya pribadi kagum dengan Korea karena sangat mementingkan pendidikan dan berani berinvestasi sangat besar pada education dan research .
Saya sendiri adalah alumni KGSP 2013. Berdasarkan pengalaman saya, mungkin hal ini yang bisa saya share untuk para pelajar Indonesia yang ingin mencoba mendaftar :
1. DOKUMENTASI yang LENGKAP.
Seleksi pertama KGSP ada dua cara, lewat Embassy recommendation atau University Recommendation. Semua membutuhkan dokumen yang berbeda dan ini adalah seleksi pertama. Baca dengan teliti apa yang dibutuhkan, semua dokumen diurutkan sesuai permintaan mereka. Kalau diminta original copy, harus diberikan. Kalau diminta nilai TOEFL/TOEIC, ya diberikan, jangan kareana mahal kemudian tidak diberikan. Kalau diminta translate bahasa Inggris, ya harus di translate di Penerjemah Tersumpah. Jangan sampai ada yang kurang 1 pun. Kalau kurang, ya tereliminasi. Harus totally perfect di seleksi tahap pertama ini.
2. ESSAY dengan BAHASA INGGRIS yang benar dan ORIGINAL.
Di form pendaftaran KGSP selalu ada essay tentang perkenalan diri dan motivasi. Selayaknya budaya korea yang sangat memperhatikan bibit, bobot, bebet, jadi lebih baik benar-benar ditulis Anda siapa, latar pendidikan bagaimana, di sekolah seperti apa,, keluarga siapa saja dan pekerjaan nya apa, strong point Anda apa dan kelemahan Anda apa. Tulislah secara original. Apakah harus ada prestasi? YES. Mereka negara maju, uang yang diapakai untuk uang sekolah kita nanti adalah uang pajak rakyat mereka. Jadi jangan sampai mereka membiayai secara percuma orang-orang yang tidak komepeten. Disini, kerja keras anda selama SMA dan KULIAH akan dinilai.
Sementara ini dulu ya, 2 tips ini saja kadang susah untuk dilakukan. Tapi, nantikan part 2 nya, pasti diposting secepatnya.
안녕하세요. Setelah semua dokumen terkumpul dan essay telah ditulis, saatnya mengirimkan dokumen.
1. PERHATIKAN DEADLINE PENGIRIMAN BERKAS
Kirimkan minimal 1-2 minggu sebelum Deadline (dulu saya malah 3 minggu sebelum deadline). Jika diminta 3 bundel, maka setiap bundel dimasukkan amplop satu per satu, dan ketiganya dijadikan satu pada map yang lebih besar.
2. INTERVIEW
Ketika kita lolos pada tahap seleksi pertama, kita akan menerima panggilan seleksi interview. Interview dapat dilakukan pihak univeritas atau pihak embassy, tergantung pada jalur mana kita mendaftar. Interview dilakukan dengan bahasa Inggris, kelancaran bahasa Inggris juga menjadi point plus. Materi Interview adalah essay yang telah kita tulis, CV kita, dan future plan. Wajah yang tersenyum, ceria, dan tidak tegang sangat membantu agar nama kita diperhitungkan.
3. BIDANG PRIORITAS
Setiap beasiswa selalu punya bidang prioritas yangsudah mereka tetapkan. Saat ini Korea sedang gencar-gencarnya untuk melakukan penelitian di Life Science, Natural Science, Engineering, dan semua yang berbau IPA dan Research. Jadi jika Anda memilih bidang tersebut, Anda akan mempunyai peluang lebih banyak.
4. SURAT REKOMENDASI
Surat rekomendasi sebenarnya tidak perlu mengikuti format dari KGSP. Tapi, yang dipentingkan adalah siapa yang memberikan rekomendasi dan kredibilitasnya. Usahakan mencari dosen yang telah berpangkat DEKAN, PROFESSOR, atau minimal PhD.
Winter 2018 adalah musim dingin yang special bagi warga Korea Selatan. Pada bulan Januari-Maret nanti Winter OLympic akan diadakan di PyeongChang, provinsi Gangwon-Do, Korea Selatan. PyeongChang adalah kota dibagian utara provinsi Gangwon dan terkenal dengan ski resort nya. Setelah sukses dengan FIFA World cup Korea-Japan beberapa tahun yang lalu, Korea Selatan semakin menunjukkan taringnya sebagai tuan rumah Winter Olympic 2018 nanti.
Selain itu, fashion musim dingin tahun ini juga berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Warga korea, terutama pelajar dan mahasiswa sedang demam dengan "Long Padding". Long Padding adalah jaket padding musim dingin yang menjulur panjang hingga ke lutut bahkan ke mata kaki. Trend fashion ini tidak terjadi sebelumnya di Korea Selatan. Dan menariknya, harga long padding ini mencapai 5 juta rupiah. Bagaimana tanggapan warga Korea tentang trend ini. Assian Boss melakukan wawancara dengan beberapa warga korea, seperti video berikut.