https://sites.google.com/site/thomchrists/temp/spiritual-ketuhanan-10/Kebatinan%20dan%20Spiritual.jpg


   Ngobrol 8

    Kebatinan dan Spiritualitas Ketuhanan



Penulis menerima banyak pertanyaan dan keingintahuan dari para pembaca mengenai materi kebatinan dan spiritual tentang Tuhan dan ketuhanan dan sebagian dari mereka sudah juga menjalani sendiri laku kebatinan dan spiritual ketuhanan itu.

Sehubungan dengan itu
dengan ditambahkan ulasan dan editan seperlunya di halaman ini dipaparkan kembali sari-sari pemahaman Penuls tentang Tuhan dan ketuhanan dalam bentuk tanya jawab Penulis dengan pembaca yang sebelumnya sudah diungkapkan di halaman-halaman tanya jawab Penulis dengan pembaca.

Mudah-mudahan berguna untuk menambah pengetahuan dan kematangan kesepuhan kita.







 A  :   
Selamat pagi bapak.... salam kenal..

Saya secara kebetulan menemukan situs web bapak dan sy menyukai tulisan bapak yg menambah pengetahuan sy.

Bapak... apakah sedulur papat sy sudah lengkap??

Dan sy mau bertanya ...
Ada apa dg sy, mengapa sy terkadang mendapat mimpi dan kemudian mjd nyata ..
Pernah ada orang yg mengatakan sy ada yg mengikuti sesosok ibu ibu...apakah itu benar ?
Dan siapa itu bapak ?

Terima kasih bapak... salam

 J  :    Kirimkan saja foto anda seluruh tubuh spy saya bisa lebih jelas memeriksanya
terima kasih

 A  :    Selamat sore bapak... ini sy kirimkan foto sy...mohon bapak berkenan memeriksa,

 J  :    Sedulur papat anda sudah lengkap 4.
Di belakang anda ada sesosok ibu2 berkemben, leluhur anda dari garis ayah,
katanya terakhir hidupnya sekitar 50 tahun lalu.
Suaminya si ibu mungkin skrg tinggal di rumah anda, memperhatikan anda dari jauh, tidak mengikuti.
Mereka mengayomi anda.
Mungkin mereka itu yg sering memberikan tanda.
Kapan2 kalau sempat ikutkan mereka di dalam doa anda.
terima kasih

 A  :    Bapak...terima kasih sudah berkenan memperhatikan email saya ini.

Bapak.. sy ingin bertanya lagi,

sy ini berwatak keras dan mudah marah. sekalipun marah sy ngga lama dan ngga mendendam tapi sifat keras ini berpengaruh pd kehidupan sehari hari,, apakah ini memang watak sy asli ataukah ada sesuatu lain yg mempengaruhi emosi saya shg mjd tdk stabil.

Bapak... sebelumnya saya mohon maaf.. sy kemaren ada ke dukun karena ada sesuatu yg sy tanyakan. sy diberi kemenyan 2 bh, satu utk dibakar, satu lg utk selalu dibawa..

sy tdk membakar kemenyan tsb, krn sy renungkan lg sy ngga mau mengikat bantuan dg gaib yg belum jelas kebenaran kebaikan yg akan sy peroleh, nah dari itu mgkn kebetulan ataukah memang ada pengaruhnya ya, krn sy merasa justru ada kesulitan yg sy hadapi dlm pekerjaan sehari-harinya..

sy mohon bapak berkenan melihat...

Dan kalau boleh saya tau kekuatan sukma dan roh sedulur papat sy bagaimana bapak?

Terima kasih sebelumnya..

 J  :    
Kekuatan sukma anda masih sama dgn orang lain yg umum.

Mengenai gejolak emosi anda itu, coba saja dirasakan dalam sebulan ini apakah gejolaknya masih sama dgn sebelumnya.
Kalau masih sama berarti itu memang sifat asli anda.

Sebaiknya memang anda tidak menggantungkan diri pada bantuan dukun, paranormal, dsb, supaya anda tidak bergantung dan tidak semakin terikat pada bantuan mereka. Juga untuk menghindari diri dari adanya resiko2 negatif di belakang hari.

Sebaiknya anda rajin mandi kembang saja seperti dicontohkan dlm tulisan saya berjudul Laku Prihatin dan Tirakat dan berdoa yg tulus kpd Tuhan supaya dimudahkan jalan anda dan dibantu mencapai keinginan2 anda.
Dalam berdoa sebaiknya fokuskan batin anda kpd Tuhan di atas sana seperti dicontohkan dalam tulisan saya berjudul Kebatinan Dalam Keagamaan supaya doa anda lebih pasti tersambung kpd Tuhan.

Kapan2 kalau sedang ada masalah anda bisa curhat kpd leluhur2 pengayom anda itu supaya dibantu solusinya. Anggap saja mereka ada di samping kiri kanan anda.

terima kasih

 A  :    Iya bapak..terima kasih untuk nasehatnya, akan saya ikuti...
sementara ini yg sy tanyakan ..tapi sebelumnya sy mohon ijin bertanya lg apabila nanti ada yg ingin sy ketahui..

 A  :    Bapak... mohon maaf sy mengganggu lagi..
sy minta tolong dong, bila memang ada gaib negatif yg ada dlm diri sy, atau berusaha mengganggu sy,
sy mohon dibantu utk membersihkannya...
trima kasih pak..

 J  :    Skrg ini tidak ada yg mengganggu anda
thanks

 A  :    Selamat malam bapak... ,
ada yang ingin saya ketahui, mengapa sosok leluhur itu bisa mengikuti kita dan berkenan utk menjaga kita ? Apakah sosok tsb mengikuti / mendampingi semua keturunannya ataukah hanya satu atau dua saja keturunan yg dijaga... seperti sy ini, bolehkah sy tau mengapa sosok leluhur sy ini bersedia memomong sy? Apakah jg beliau memomong keturunan yg lain...

dan hal yg selalu sy renungkan, sy sangat sulit dlm hal jodoh, sy kurang tau mengapa demikian bapak, tetapi seringkali saat sy didekati seseorang, entah mengapa ada sesuatu yg membuat sy ngga menyukainya, dan sy mdpt tanda lewat mimpi bhw dia baik , atau mungkin ngga baik.. yg menjadi beban pikiran sy ,,, ada apa ya mengapa selama ini terlalu sulit bagi sy dlm urusan jodoh ?
Apakah pemomong sy ini sangat melindungi sy shg ngga membiarkan laki-laki yg ngga sungguh baik utk mendekati sy?
Atau memang sy ini memiliki kekurangan sbg tipe perempuan yg sulit menyukai alias pemilih...
sy sdg menyukai seseorang, dan dlm mimpi sy selalu diberi tanda bhw dia laki-laki yg baik, sebagai pembimbing dan penjaga.. hanya saja kebenaran itu sampai saat ini msh mjd suatu tanda tanya bagi sy dan sy paham bhw kebenaran sejati hanya Tuhan yg tau dan sy ngga bisa menanyakan hal itu pd pemomong sy.  

Bapak, sy adalah org kristen dan bolehkah sy tau apakah karunia roh kudus telah sy terima ?
Karena sejujurnya sy jarang ke gereja krn sy terkadang malas. 

Sebenarnya dlm hal jodoh ini sy merasa terbebani krn sulit menemukan org yg tepat sesuai hati sy, dan saat sy temukan yg sy rasa baik, sy tetaplah ngga tau apakah dia ataukah bukan krn blm mengenal dekat, stlh sy renungkan, iman sy sdg diuji dlm hal ini,, tapi sebenarnya ujian ini berat utk sy pikul...

bapak, bolehkah sy ketahui kekuatan roh leluhur sy ini ? Tapi kalau seandainya pertanyaan sy ini menyinggung dan keliru sy mohon maaf dan ngga apa apa bila ngga dijawab.

Bapak, suatu siang kapan hari lalu, saat sy tidur siang sy seperti dlm keadaan bangun / setengah sadar sy melihat ada laki-laki masuk kamar. sy krn melihat sy sdg tidur kemudian dia keluar dan krn sy takut sy keluar dan mau tusuk dia tp dia sudah ngga ada. selanjutnya sy merasa ada ular kecil amat panjang yg berjalan amat cepat ke arah sy..krn sy takut dia berniat jahat sy ingin tusuk dia dg pisau tapi krn terlalu cepat geraknya sy ngga sempat, lalu sy terbangun dan menyadari itu hanya mimpi, tp sy tau itu bukan mimpi biasa, menurut bpk apakah maksud yg ingin diberitahukan pd sy ??

Lalu dilain hari. Saat sy tidur malam hari sy seperti mendengar dan merasakan ada yg berbincang membicarakan sy "dia bersih, amat bersih, polos" atau apa semacam itulah bapak..sy sdh agak lupa, sy merasa seperti ada yg melihat ke dlm sy utk menilai..apakah itu benar ? Ataukah hanya sebatas mimpi biasa? Bapak, terima kasih banyak berkenan memperhatikan email sy

 A  :    Selamat malam bapak..
sy sudah melakukan mandi kembang, semoga semua usaha sy diberkati Tuhan shg berkenan melancarkan jalan hidup sy , dan membuka pintu jodoh sy yg menurut sy sangat sulit ini... bapak, mohon maaf sblmnya.. bgmn dg pertanyaan sy yg sebelumnya ?..
trima kasih

 J  :    
Seorang leluhur, terutama yg perempuan, biasanya maksud kedatangannya adalah karena sayang kpd keturunannya, ingin mengayomi. Coba saja dibaca2 tulisan saya tentang kehidupan roh / sukma / arwah di alam roh.

Sebenarnya ada juga beberapa pembaca lain yg didampingi leluhurnya yg perempuan.
Leluhur yg perempuan biasanya cenderung akan memproteksi kita, akan menjaga kita supaya tidak salah memilih pasangan. Jadi ada kejadiannya yg orangnya merasa sulit mencari pasangan. Tapi itu dimaksudkannya supaya kita tidak salah jalan, tidak salah memilih pasangan, tidak asal berjodoh.
Itu dimaksudkannya spy kehidupan kita membawa kebaikan untuk hidup kita sendiri dan anak2 maupun keluarga kita, spy baik kedepannya.

Ada baiknya kalau anda memperhatikan petunjuk dan tanda yg diberikan kpd anda, barangkali saja itu adalah sesuatu yg penting. Tapi tidak semua petunjuk harus anda patuhi kalau anda tidak merasa cocok. Tinggal anda pertimbangkan sendiri baik tidaknya petunjuk yg anda terima itu (tapi perlu juga anda ketahui bhw mungkin semua petunjuk yg anda terima tidak semuanya adalah berasal dari leluhur anda itu). Sebaiknya anda mendekatkan diri kpd Tuhan spy dipermudah jalan hidupnya.

Soal mimpi anda itu saya tidak tahu pasti artinya. Kelihatannya memang ada yg sedang menilai diri anda, mungkin gaib2 yg bersama anda. Tapi kelihatannya anda sendiri sangat protektif, terlalu menjaga diri anda sendiri.
Protektif memang perlu, tapi mungkin tidak perlu sampai anda menunjukkan sikap yg terlalu protektif, supaya tidak memberatkan dlm hubungan sosial.

Mengenai anda yg kristen, saya tidak mendeteksi adanya Roh Kudus pd diri anda. Entah anda sudah dibaptis ataukah belum, sebaiknya anda segera minta dibaptis (atau dibaptis ulang) sbg tanda kesaksian iman anda, mudah2an sesudahnya Roh Kudus akan turun kpd anda.

terima kasih

 A  :    Waduhhh... sejujurnya sy sangat terkejut saat bpk mengatakan tidak ada roh kudus dlm diri sy....
sepengetahuan sy, sy sdh dibaptis saat bayi dulu..  bapak, bagaimana mungkin roh kudus bisa tidak turun kepada sy yg sdh dibaptis ?, tadinya sy kira roh kudus belum aktif tapi ada.
Waduh.. belum ada roh kudus artinya sy belum terdaftar dalam buku kehidupan Tuhan Yesus

Apakah sebegitu lemahnya iman percaya sy ? ..
sy hidup merantau di jakarta ini, dan sy pernah berada pd posisi sulit mencari kerja,, saat itu sy sungguh2 berdoa dan ibadah di gereja dan sy dapati Tuhan berkata akan menolong sy...
sy doa di rumah dg bersungguh2..dan sesuatu yg ajaib pun terjadi, Tuhan buka pintu rejeki utk sy...
lalu, roh kudus belum sy trima, sy sangat terkejut,,,
sy rasa sy memang jarang ke gereja tapi sy pun ngga meninggalkan Tuhan, karena berdoa dpt sy lakukan di rumah.... bgmna sy mjd seorang kristen tanpa pengakuan roh kudus?
Hati sy sedih mengetahui itu. Lalu sy harus bgmna...

 J  :    Tuhan tidak membatasi berkatNya.
Ia bisa saja bermurah hati kpd siapa saja yg Ia berkenan.

Saya belum tahu kenapa Roh Kudus belum ada pada diri anda,
mungkin memang anda belum menerimaNya,
atau dulu sudah menerima tapi kemudian diambilNya kembali.
Jadi saya anjurkan untuk anda mau dan mampu menyatakan iman anda dgn meminta pembaptisan ulang, entah di gereja mana saja, asal anda meyakininya. Itu juga menjadi sarana untuk anda hidup baru di dalam Allah.

terima kasih

 A  :    Selamat malam bapak...
bapak, sy mohon ijin mengirim foto bapak ibu sy,
mohon bapak berkenan memeriksa apakah sedulur papat ibu bapak sy sdh lengkap? , 
bagaimana kondisi roh kudus dlm ibu bpk sy ? Dan apakah ada sosok yg menyertai beliau ?
sebelumnya sy ijin cerita sedikit, sy saat ini hidup berpisah dg mereka karena sy merantau disini dan sy sangat rindu dg mereka, sy ingin tau kondisi kegaiban kedua org tua sy bapak.,

 J  :    Bapak-ibu anda sudah menerima Roh Kudus.
Tadi juga sudah saya bantu melengkapkan sedulur papat mereka.
thanks

 A  :    Selamat sore bapak..
sy skrg ini tinggal di daerah cibubur.. sementara org tua di jawa timur kediri.
Terima kasih ya pak sdh berkenan melengkapkan sedulur papat ibu bpk sy.
Sebenarnya, ayah sy juga seperti sy terkadang mendapat mimpi berupa perlambang yg kemudian menjadi nyata, oleh karena itu sy menanyakan apakah bpk sy jg ada yg mendampingi ?
mungkin memang karena sy jarang ibadah dan iman percaya sy kurang shg Tuhan mengambil kembali roh kudus yang ada. Sy bersyukur bisa mengenal bpk, shg sy mampu utk instropeksi diri sy tentang iman sy. sekalipun sy sedih mendengar itu..,

 J  :    Mungkin perlu dicaritahu yg dulu sewaktu anda masih bayi itu apakah itu benar pembaptisan ataukah
sebenarnya hanya pemberkatan saja.
Tapi apapun itu dulunya, yg skrg ini menjadi sarana untuk anda apakah anda mau menyatakan keimanan anda kpd Tuhan.

 A  :    Bapak, sy ingin sharing..
ada yg pernah mengatakan pd sy bahwa sy ini akan berpindah keyakinan keluar dari keyakinan saat ini karena faktor pasangan. ternyata sy belum menerima roh kudus.. tapi bukankah jalan hidup sy yg tentuin apakah akan sy lepaskan keyakinan sy ataukah bertahan.. sementara saat ini sy belum memiliki pasangan shg apakah benar karena pasangan nanti sy berpindah ataukah tidak masih belum bisa terbukti.
bapak, bagaimana menurut bapak tentang ramalan yg sy terima tsb ?

 J  :    Anda sendiri yg menentukan apa saja yg akan anda lakukan dalam hidup anda.
Itu adalah perbuatan dan tanggung jawab anda sendiri atas hidup anda, karena semuanya nantinya harus anda pertanggungjawabkan sendiri.
Semua ramalan dan prediksi seharusnya disikapi secara positif, jangan semuanya dianggap benar atau
anda sendiri yg dengan sengaja mewujudkannya, karena belum tentu semuanya itu baik untuk anda.

Agama adalah jalan orang berketuhanan.
Masing-masing agama sebenarnya adalah jalan penyembahan kepada Tuhannya masing-masing agama yang dituju, dan itu tidak semua agama sama.
Pengertian orang tentang Tuhan tidak semuanya sama.
Masing2 orang mempunyai pengertian sendiri2 tentang Tuhan.
Masing2 agama juga tidak sama, Tuhan yg dituju juga tidak sama.
Karena itu masing2 orang memilih jalan keagamaannya sendiri2 sesuai dgn jalan kepercayaannya masing2.

Mengenai agama, saya sendiri sebenarnya tidak agamis.
Saya pribadi lebih menekankan pada rasa saya berketuhanan.
Karena dalam pandangan saya pribadi beragama saja tidak cukup. Yang saya tekankan adalah supaya saya lebih dulu mengenal Tuhan yang benar, Tuhan mana yg harus saya sembah, barulah kemudian ibadah saya kepadaNya dan rasa ketuhanan saya itu saya wujudkan dengan jalan keagamaan yg sesuai. Jadi bagi saya agama itu adalah sarana saya untuk berketuhanan, menjadi sarana saya untuk menyembahNya dengan jalan penyembahan yg benar, bukan menyembahNya dengan jalan lain yang tidak sesuai.

Jadi mengenai agama, saya tidak ingin memaksakan anda harus beragama tertentu, karena semuanya tergantung pada rasa ketuhanan dan jalan kepercayaan anda sendiri. Apapun agama yg anda anut, kalau mengambang, agamanya tidak sejalan dengan kepercayaan anda, atau anda tidak melaksanakannya dgn konsisten, itu juga tidak akan mengantarkan anda kepada Tuhan dari agama apapun yg anda anut.

Saya hanya ingin menasehatkan supaya anda lebih dulu mengenal Tuhan yang benar, Tuhan mana yg harus anda sembah, barulah kemudian ibadah anda kepadaNya dan rasa ketuhanan anda itu anda wujudkan dengan jalan keagamaan yg sesuai.

Apapun yg anda lakukan dalam hidup anda, itu adalah perbuatan dan tanggung jawab anda sendiri atas hidup anda, karena semuanya nantinya harus anda pertanggungjawabkan sendiri.

Mengenai ramalan itu, apakah anda akan meninggalkan / menduakan Tuhan untuk keduniawian anda ?

 A  :    Halo bpk, selamat siang..

Iya sy setuju dg semua nasehat bapak. Sy masih mencari waktu yg pas utk pembaptisan saya. Tapi sebelum itu sy ingin mengenal Sosok Yesus dg benar sbg Tuhan, agar dg hati sy nyatakan keimanan sy dan nggak setengah-setengah.

Bapak, apa makna dari mengayomi yah pak ? Yg sosok leluhur sbg pengayom sy itu ??

Hehe beberapa hari sy berpikir makna mengayomi itu yg seperti gimana ya pak ?? Saya bingung.

Bapak, seringkali kebetulan ada sesama teman yg jahat ato menjahati ato menyakiti sy, dimana saya sampai merasa sakit tersedu-sedu menangis, intinya rasa sakit itu sampai ke hati sy, sy nggak membalas dan nggak ada niatan utk membalas juga, tetapi entah mengapa sepertinya dg sendirinya mereka semacam mengalami satu teguran, mungkin sial, celaka atau selain itu.

Bapak, apa itu semua kebetulan ya? Ataukah karena ada sosok yg mendampingi sy , sy merasa seperti dijagain....tapi kan memang Firman Tuhan pun katakan bhw apa yg ditabur pasti dituai.. Saya memang belum menerima roh kudus tp sy tahu pasti Tuhan nggak membiarkan orang benar dan siapa yg berharap perlindunganNya akan dilindungi. Bagaimana menurut pandangan bpk ttg kejadian ini ?

 J  :    Mengayomi itu kira-kira sama seperti orang tua yg menjaga, melindungi dan memomong anaknya,
mengarahkan anaknya ke arah yg benar, tidak sampai masuk ke dalam kesulitan..

Adanya semacam pembalasan kpd orang yg menyalahi kita itu mungkin benar adalah bentuk perlindungan dari Tuhan, tapi bisa juga itu terjadi pada orang2 yg berkhodam atau yg punya pendamping gaib, yg pendamping gaib itu sering membalas perbuatan orang2 yg menyalahi orang yg didampinginya.


 A  :    Dan tentang ramalan itu, berarti sy akan mengalami pencobaan ya..

Bapak, mandi kembang sebaiknya dilakukan berapa hari sekali ?

Bagaimana kalo sy lakukan dua minggu sekali? . Oiya pak, sy suka berpuasa weton,

Bapak, mau sharing lagi...
Sy sering kali melihat dlm mimpi sosok laki-laki yg sy sukai ..dlm mimpi yg terasa seperti nyata itu dia selalu terlihat baik, sederhana, membimbing dan disitu sy melihat dia mmperhatikan sy yg menuju ke arah menyukai sy. Tetapi jujur, dlm kehidupan nyata dia tdk menyatakan perasaannya shg menjadi tanda tanya buat sy, karena perbedaan dari pertanda yg sy dapati. Ato mungkin sy yg kurang peka terhadapnya ya pak? Karena sy pun tipe orang yg kurang peka karena sy takut merasa GR sendiri..
menurut bpk gimana ya pak ?

 J  :    Soal ramalan itu apakah nantinya akan benar terjadi, saya juga belum tahu.
Tapi sebaiknya dijadikan masukan saja untuk hati2, karena yg seperti itu bisa terjadi pada siapa saja.

Mandi kembang sebenarnya bukan keharusan, tapi kalau mau melakukannya sebaiknya dilakukan sebulan sekali saja, kalau mau lebih sering juga tidak apa2.
Tapi kalau anda rajin puasa weton sebaiknya dilengkapi dgn mandi kembang, jadi mandi kembangnya bisa anda lakukan bersamaan dgn puasa wetonan anda.

Mimpi anda itu mungkin hanya petunjuk saja bhw orangnya baik, selebihnya tinggal anda sendiri. Kalau anda merasa cocok ya didekati saja pelan2. Kalau anda tidak merasa cocok ya tidak usah dipikirkan.
Nantinya anda sendiri yg akan bisa menilai sendiri kecocokkan anda dgn orang itu.

terima kasih

 A  :    Lalu menurut bapak, apakah pendamping sayalah yg menegur orang yg menyalahi sy tanpa sy minta
sebagai bentuk perlindungan dan sambat sy yg merasa sakit hati ?

 J  :    Bisa jadi begitu, tapi juga belum pasti begitu, karena harus diperiksa dulu kejadiannya satu per satu
dan di dalam masing2 kejadian itu adakah yg berbuat dan siapa yg sudah berbuat.

 A  :    Wow jawaban bapak sangat diplomatis hehehe.
Saya mengartikan bhw mbah leluhur sy dpt mengambil sikap saat org lain menyakiti sy tetapi tdk selalu beliau begitu. Sy rasa sama seperti naluri ibu yg pasti melindungi anaknya saat ada yg menyakiti. Sy sangat bersyukur Tuhan mengijinkan mbah leluhur sy utk mendampingi sy dan sy sangat berterima kasih kpd beliau mbah sy yg berkenan menjaga sy.

 J  :    He he he faktanya memang begitu mbak.


_____



 A  :    Halo bapak selamat pagi..
Bapak, membaca tulisan tulisan bapak sy berminat untuk belajar, sy mulai dari mana ya pak ?
Dan, sy ada yg menjaga mbah leluhur sy apakah sy bisa melihat gaib ?
Sy belum bisa melihat gaib tapi ingin bisa, bisa ngga ya pak ?
o iya pak sy minta tolong dong dilihat bagaimana kondisi sukma sy dan sedulur papat sy ?
Dan apakah ada gaib yg menyertai sy selain mbah sy ?
Berikut foto sy bapak sy lampirkan ,
Mohon Maaf ya pak.. fotonya gambarnya gelap, sy jarang ambil foto, ini pas lagi bekerja

 J  :    Waduh kerja di rumah sakit mana nih ? Jadi apa ?

Mbah2 anda suami istri sudah mendampingi di belakang anda,
mungkin dengan rabaan tangan anda bisa mendeteksi keberadaannya pada jarak ¾ sampai 1 meter di belakang anda.

Belajar kepekaan rasa saja dulu mbak, seperti di tulisan saya Olah Rasa Dan Kebatinan.
Kemudian coba juga yg di tulisan saya berjudul Kebatinan Dalam Keagamaan dan Pembersihan Gaib 4.
terima kasih

 A  :    Hehehe....
Bapak, kok tumben mbah sy yg laki-laki datang.. apa sekarang beliau jg mendampingi dekat saya seperti mbah putri sy yg selalu mendampingi  ?? Atau sekedar berkunjung dan nanti kembali mengawasi sy dari jauh ??? Mohon maaf ya pak, sy nggak bisa melihat dan komunikasi ghaib jadi sy banyak bertanya ke bapak ? Mohon penjelasannya dong bapak..
trima kasih

 J  :    Kelihatannya akan bersama istrinya mendampingi anda.
Belajar olah rasa saja mbak
thanks

 A  :   
Wah puji syukur.. mbah leluhur sy sayang sama sy ,mau menemani sy . Makasih ya bapak.
Sy suka banget baca tulisan bapak, sy rasa sy memang dituntun menemukan situs bapak agar sy sedikit memahami hal ghaib yg selama ini sy belum mengerti sama sekali.
Kiranya Tuhan selalu memberkati bapak dan keluarga dan anak2 atas semua kebaikan bapak.

 J  :    Oke
thanks

____




 A  :    Bapak sy masih merenung kenapa mbah sy yg laki laki ikut mendampingi sy juga ?
Sebelumnya beberapa hari yg lalu sy sempet sakit, pagi pagi bener mendadak perut sy nyeri sekali sebelah kiri.. sampai sy hanya tiduran seharian sampe malemnya dan berlangsung beberapa hari.

Selama sakit sy berdoa dan sambat sama mbah sy kalo perut sy sakiiit banget...
dalam mimpi yg seperti terasa nyata saya melihat sosok perempuan mengeluarkan banyak banget semacam besi besi dlm perut sy yg menyebabkan sakit. Sy melihat perlambang barang itu berupa baut, mur, tang..dikeluarkan dari perut sy, dan ada satu yg masih tertinggal nyangkut di perut yg sulit dikeluarkan yg dari mimpi itu sy dengar semacam burung yg menunggu pasangannya, juga banyak yg sudah dikeluarkan tapi masih ada sisa.
Sebangun sy tidur pak, nyeri perut sy berkurang . Masih sakit memang selama beberapa hari tapi sudah nggak sesakit saat pertama itu di subuh hari.
Apa karena itu skrg leluhur mbah kakung sy menyertai sy juga pak ?
Apa maksud mimpi sy itu ya pak ?

 J  :    Iya anda kemasukan gerombolan sukma.
Sebagian sudah dikeluarkan oleh mbah2 anda, tapi masih ada sisa suami istri pentolannya yg mereka lebih sakti daripada mbah2 anda. Tadi sudah saya bantu keluarkan. Mudah2an skrg kondisinya sudah lebih baik.
Kapan2 diperiksakan ke dokter kalau dirasakan masih ada yg tidak baik.
thanks

 A  :    Waduuuuh.. makasih banyak ya bapak.
Pak, sukma sukma itu datangnya darimana ???
Dan mengapa merasuki tubuh sy ?????
Apakah ada yg sengaja mengirim atau karena apa ya pak ????

 A  :    Apa tujuannya ya pak ?
Sy ingin tau tujuan dari masuknya sukma sukma tsb?
Apakah benar tujuannya tidak baik ? Karena membuat sy merasa kesakitan sangat.. ataukah tujuannya baik tetapi saya yg ngga kuat ??

Untuk saat ini yg sy rasakan masih agak terasa bila perut sy tekan,
terima kasih ya bapak sudah menolong sy,
iya nanti saya mampir ke dokter utk periksa.

 A  :    Apakah itu semacam santet pak????
Karena terjadinya pada saat sy sdg tidur..,dan perlambangnya berupa barang barang .
Ataukah karena suatu amalan pengasihan yg sy baca ?
Sy tau bapak, sy bisa merasakan bahwa memang ada di tempat kerja sy yg nggak suka sama saya, tapi masa iya dia sampe tega berbuat jahat sama sy ?..
sy tau dia nggak suka, ada semacam rasa iri, tapi sy tetap berusaha bersikap baik dan menghargainya.. Bapak, apa tujuan gerombolan sukma itu pak ?
Dan apakah nantinya sukma itu yg lebih kuat dari mbah sy bisa mengganggu masuk lagi pak ?
Makasih ya bapak sdh membantu menolong sy

 J  :    Bukan santet mbak.
Juga bukan kiriman orang lain.
Saya belum tahu mereka itu asalnya darimana.
Kasus seperti itu sudah banyak terjadi, malah banyak yg lebih parah.
Silakan dibaca2 tulisan saya berjudul Pengaruh Gaib Thd Manusia untuk menambah pemahaman anda.
Terima kasih

_____



 A  :    Selamat malam bapak,

Sy mau sharing pak,
Pak apakah benar seseorang bisa mengetahui pasti kita jodoh dg siapa ?
Semisal sy dg si A jodoh apa nggak ?

Saya meminta nasehat orang yg bisa dikatakan paranormal untuk melihat si A apakah baik atau enggak, dan apakah jodoh dgn sy ato enggak.

Menurut paranormal tsb dia nggak ada garis jodoh dgn sy dan juga dia nggak baik, tapi mengapa semua perlambang yg saya terima dia baik ? Mengapa tidak sesuai dgn yg saya dapat ?

Apakah benar seorang paranormal bisa mengetahui pasti jodoh kita dan kebaikan hubungan kami ?

Dan bapak, mengenai ilmu pengasihan, menurut bapak itu bagaimana ?

Trima kasih

 J  :    Saya belum tahu tentang paranormal yg anda ceritakan itu, jadi saya tidak bisa berkomentar tentang dia.
Tapi seandainya pun saya sudah tahu tentang paranormal itu, saya juga tidak mau berkomentar tentang dia. Tidak etis.

Biasanya yang dikatakan orang tentang berjodoh atau tidak, termasuk jika kita meminta pandangan dari seorang paranormal / spiritualis, adalah orang yang nantinya menikah dengan kita, atau yang cocok dengan kita. Dan kalau ada orang yang nantinya tidak menikah dengan kita, atau yang tidak cocok dengan kita, maka akan dikatakannya bahwa kita tidak berjodoh dengannya. Jadi apapun perkataannya, anda sendiri yg harus dengan bijak menyikapinya.

Mengenai ilmu pengasihan, itu adalah sejenis ilmu untuk membuat orang lain suka kepada kita, punya rasa asih kepada kita.
Jika ilmu itu ditujukan kepada orang banyak / umum, maka ilmu itu disebut pengasihan umum, ditujukan kepada banyak orang secara umum, sehingga orang2 itu semuanya suka kepada kita.
Jika ilmu itu ditujukan kepada orang tertentu saja, maka ilmu itu disebut ilmu pelet, yaitu ilmu untuk membuat seseorang tertentu terpikat suka kepada kita (atau tergila-gila kepada kita).

Pada keilmuan orang jaman sekarang ilmu pengasihan atau ilmu pelet biasanya menggunakan bantuan mahluk halus (khodam / prewangan).

 A  :    Kalau pengasihan yg berupa transfer energi itu apa memang bisa pak ?
Tanpa menggunakan benda..?

 J  :    Kemungkinannya yg ditransfer adalah khodamnya.
Ilmunya langsung bekerja sesudah khodamnya sampai kpd orangnya

 A  :    Bahaya enggak ya itu pak ?
Apakah bisa menyulitkan kematian ?

 J  :    Ya ... itu tidak bisa disamaratakan kasusnya
harus dilihat satu per satu kejadiannya
harus dilihat satu per satu sifat ilmunya dan khodamnya


 A  :    Sy bingung pak.. kenapa ya orang pinter satu dan orang pinter yg lain hasil terawangannya bisa berbeda
dalam menerawang orang yg sama. Daripada saya bingung saya menyerahkan masa depan saya dalam tangan Tuhan Yesus aja... sy kira orang yg punya kelebihan dlm hal kebatinan bisa mengintip masa depan hubungan kita dg pasangan ato dg orang yg kita cintai, tapi mengapa dua orang yg berbeda membaca satu orang yg sama hasilnya beda ya pak.??
Saya penasaran pak ?
Mohon penjelasannya pak

 A  :    Dan kalau menurut bapak, apakah laki-laki yg selalu sy lihat pertandanya sbg laki-laki yg baik itu bisa
menjadi suami sy ? Sy coba mendekati.. sy coba bawa lagi dlm doa tapi sy ngga dpt jawaban pastinya, yg selalu sy lihat perlambang itu mengartikan dia orang yg baik karena itu feel yg sy dapat..
ahh sy jadi bingung pak, memang utk hal yg seperti jodoh itu adalah rahasia Tuhan ya pak ??

 A  :    Bapak..memangnya ada ya orang yg mungkin memang punya kelebihan ilmunya tinggi bisa meramal
banyak hal bisa mutlak tau dan mastiin kita jodoh ato ngga jodoh dg seseorang ???
Karena menurut pemikiran sy kita nggak bisa tau itu mutlak jodoh ato ngga. Sama seperti ngga ada yg tahu kematian... tapi utk hal hal yg lain memang bisa kita ketahui..seperti perlambang sesuatu hal yg akan terjadi.. menurut bapak bagaimana ??
Mohon pencerahannya pak dari hikmat kebijaksanaan yg bapak miliki mengenai hal ini agar sy paham?? Makasih ya pak

 J  :    Saya belum tahu laki2 yg anda maksudkan, jadi saya gak bisa komentar.
Tapi sebaiknya jangan ditunjukkan ke saya. Saya tidak mau menjawab pertanyaan anda itu.
Lebih baik anda mendekat kpd Tuhan saja.

Mengenai terawangan jodoh, tidak semua orang bisa benar menjawabnya.
Sekalipun jawabannya benar, jawabannya itu adalah versinya sendiri, belum tentu sama dengan versi anda sendiri. Jadi dalam hal ini bisa terjadi beda pandangan.

Pengertian saya tentang jodoh sudah saya tuliskan di halaman berjudul Ngobrol Jodoh.
Silakan dibaca2 untuk menambah pemahaman.

terima kasih

_____



 A  :    Selamat malam bapak, apa kabarnya pak..

Bapak, mohon maaf ya sebelumnya saya yg masih muda ini dan awam selalu mengganggu bapak.

Boleh kan pak saya yang selalu menanyakan gaib ini menganggap bapak seperti bapak saya sendiri.

Bapak, saya sempet menanyakan ke temen saya yg bisa melihat, katanya yg dampingi sy masih tetap mbah putri saja, ngg ada yg lain. Mungkin benar ya pak? mungkin mbah kakung saya kembali ke rumah sy lagi ya pak. Tapi memang sebaiknya begitu, karena keluarga saya memang sering diserang orang yg iri dgn kami. jadi mbah kakung bisa jagain rumah dan orang tua saya.

Bapak, juli nanti saya pindah ke surabaya karena pengajuan mutasi saya sdh di acc. Jadi udah ngga di daerah jakarta lagi. Tapi ada yg memberatkan hati, orang yg saya sukai..yg ditunjukkan dia laki2 baik kpd sy, ada di jakarta sementara saya di surabaya. Senang tapi sedih.

Sy kemaren puasa wetonan sambil menanyakan sebenarnya gimana jodoh saya.. sy dpt jawaban berupa perlambang sy sampai di tempat tujuan.

Sampai saat ini masih sama aja seperti yg kemarin2 belum ada kemajuan berarti. Dan perlambang yg sy lihat tentang laki2 itu selalu menandakan dia orang yg baik. Kalo boleh jujur kadang sy sebenarnya sebel bapak sama mbah sy, mau sy kalo ngasih petunjuk mbok yo yg jelas kalo bisa sy mbok dibantuuu. Tapi saya sungkan juga sebel sama orang tua.

Bapak saya kirimkan foto terbaru saya, mohon utk dilihat ya pak.. apakah mbah sy menitipkan pesan ke bapak heeehehe barangkali karena sy ngga bisa komunikasi dg mbah, melalui bapak beliau sampaikan.


 J  :    Mbah kakung anda memperhatikan dari jauh, jadi yg tampak mendampingi anda hanya mbah putri saja.

Orang tua jaman dulu (dan gaib) kalau memberi petunjuk dan nasehat memang begitu mbak, seringnya dengan perlambang, tidak mengatakannya langsung. Jadi diperlukan kebijaksanaan anda untuk menelaahnya.

Jodoh anda kelihatannya bukan orang jauh, masih ada hubungan keluarga. Jadi jangan dipaksakan buru2, nanti malah ketemunya sama yg lain.


_____



 A  :   

Selamat pagi bapak.

Saya sudah di surabaya pak sekarang.

Bapak, terima kasih ya sudah menolong saya. Dan saya mohon dimaapkan karena selain saya masih awam, saya ini bandel suka berkeras dg pendapat saya. Saya mohon maap ya pak.
Salam hormat saya selalu pak.

 A  :   

Selamat malam bapak

Saya mau minta tolong pak,

Ayah saya sering sakit kepala..seperti vertigo. Tadi sudah periksa ke RS,

kata dokternya ada penyempitan pembuluh darah di kepala. Bapak..

saya mohon pertolongan njenengan berkenan untuk melihat apakah ayah saya murni sakitnya karena memang sakit ataukah ada gangguan gaib ?  Mohon bapak berkenan menolong ?

Ini saya lampirkan foto ayah saya tapi masih foto lama yg dulu pak


 J  :    Bukan karena gaib
mungkin tekanan darahnya tidak stabil, suka anjlok, karena jantungnya agak lemah
sering2 saja pijat urut seluruh tubuh, setidaknya sebulan sekali
thanks

 A  :   

Selamat malam bapak..
Saya pengen sharing dg bapak,

Saya dulu pernah pacaran sekali lalu pisah karena memang nggak jodoh. Mungkin saya trauma sehingga saya lebih selektif dan sulit sekali berani memulai lagi karena saya selalu merasa minder dan takut kembali gagal setiap kali didekatin laki2.

Saya merasa setiap ada laki2 yg suka sama saya tapi sayanya nggak bisa untuk suka dan saat saya mulai suka sama laki2 dianya yg nggak suka saya.

Saya sudah 27 th dan sbg perempuan memang sudah waktunya. Saya justru lebih memikirkan ayah saya yg cemas mikirin nasib saya daripada saya sendiri cemas dg hidup saya. Tapi saya pun nggak bisa memulai mencoba dekat dg seseorang yg memang tidak saya sukai.

Sampai detik ini nggak ada pandangan saya untuk menikah dg siapa karena memang saya nggak lagi dekat dg siapapun. Bahkan teman lama yg coba saya tengok lagi ternyata sudah terlewatkan, yg seiman dan sdh lama kenal ternyata sdh menikah. Jadi detik ini pun dg usia segini saya nggak ada gambaran apapun. Saya sudah berdoa meminta, juga berpuasa. Bahkan ayah saya pun berdoa puasa juga untuk saya.

Menurut bapak apa yg salah dari saya ya pak ?  karena sepertinya apa yg saya cita2kan sulit untuk dapat saya capai. Cita2 itu tentunya mendapatkan juga cinta dari orang yg saya cintai.karena saya merasa sebuah pernikahan dilandasi dari dua orang yg mendapat karunia saling mencintai shg mampu menjaga dalam segala situasi. Saya pun nggak pernah bisa untuk mencoba dekat dg orang yg memang nggak saya sukai.

Apakah yg keliru menurut bapak dalam diri saya ini? Adakah aura negatif yg meliputi saya ?
Saya mohon bimbingan nasehat bapak sbg seorang yg memang ahli dalam spiritual ketuhanan


 J  :    Seperti dulu pernah saya katakan jodoh anda masih ada hubungan keluarga dgn anda,
nanti juga ketemu
tapi sebaiknya anda rajin ke gereja dulu, minta dibaptis
sesudahnya tinggal anda minta dibukakan jalannya
thanks

 A  :   
Saya sudah bertanya ke ayah saya, kata beliau saya sudah dibaptis waktu bayi dulu, surat baptisnya ada pak. Saya terdaftar di gereja GKJW shg baptisnya berupa percik bukan selam, ayah ibu saya juga dibaptis dg cara gkjw berupa percikan air, tapi kedua orang tua saya rajin beribadah, apakah mungkin sebenarnya karena rajin ke gereja dan beribadah itulah yg menyebabkan ada roh kudus pd beliau berdua,

Saya minta doa bapak agar berkenan berdoa untuk saya agar saya rajin ke gereja dan bisa mengenal Tuhan dg benar. Sebelumnya saya memang jarang ke gereja, sejak di surabaya saya berusaha ke gereja agar bisa lebih baik lagi dlm hal rohani saya. Mungkin iman saya belum nampak ya pak...., saat di gereja orang2 berbahasa roh, saya juga bingung kenapa saya nggak bisa berbahasa roh seperti mereka.
Apa saya ini memang perlu dibaptis ulang ya pak?

 A  :   
Skrg ini pun saya dalam masa instropeksi diri pak... hati saya seperti ada yg menegur.. banyak karakter saya yg harus saya rubah untuk menjadi pribadi yg lebih baik lagi. Sifat keras dan galak yg saya miliki.. kontrol emosi saya... sifat angkuh saya terhadap orang lain, saya malu pak menyadari betapa buruknya sifat saya, dan teguran keras itu saat semua teman yg seiman sudah menikah dan saya menyadari telah banyak melewatkan yg Tuhan ijinkan hadir dalam hidup saya, karena ketinggi-hatian saya kemarin atau mungkin ketakutan saya terhadap trauma hati di masa lalu yg membuat saya takut melangkah mencoba. semakin membuat saya menjadi jutek terhadap laki2 dan ada rasa tinggi hati yg saya tidak sadari saya miliki dlm kedagingan saya.. semuanya ditegur, membuat saya menyesal atas sifat dan sikap saya yg buruk , galak , dan keangkuhan yg sempat hadir dlm hati saya...

saya menyesali semua itu pak. Saya senang ke gereja dan berharap Roh Kudus berkenan menjamah saya .. dan Tuhan berkenan membuka pintu saya yg tergembok karena kuncinya ada di tangan Tuhan.... apa itu dulu ya pak yg Tuhan ingin ajarkan ke saya ?.. meleburkan kesombongan rasa tinggi hati sifat yg galak...

 J  :    Intinya maksud saya supaya anda minta dibaptis ulang itu adalah supaya anda menerima Roh Kudus,
karena sampai skrg saya tidak mendeteksi ada Roh Kudus pada diri anda.
Atau mungkin sebenarnya anda dulu sudah pernah menerimanya tapi kemudian dicabut lagi ?
Apa dulu pernah bertengkar hebat dengan orang tua ?

 A  :    Sehebat apa ya pak?
Sepertinya iya, saya suka membantah dan melawan orang tua dulu sewaktu masih remaja..
tapi sekarang saya sudah berubah, sudah tidak seperti itu lagi, saya sudah menyadari kesalahan sikap saya.
Iya pak pernah marah sama ibu, sudah lama..saya sudah melupakan hal itu pak. Karena di hari ini saya berusaha berbakti sama orang tua.

Menurut bapak bagaimana ya pak?
Nasehat lebih lanjut dari bapak?
Kalau roh kudus sudah diambil lalu apakah bisa dikaruniakan lagi ?
Sehebat apa ya pak marahnya saya dulu.. saya sendiri sdh melupakan. Tapi mamah pernah marah sampai berpikir mungkin saya anak angkat ato ketuker waktu bayi makanya mama saya nggak ada ikatan batinnya ke saya beda kalo ke mas saya... seperti itu dulu yang saya rasakan pak...

Saat itu saya masih remaja. Skrg sudah lebih dewasa sudah lebih mampu menghormati orang tua dan saya selalu berusaha menyisihkan penghasilan saya untuk orang tua karena ingin menyenangkan hati orang tua... saya nggak tau pak roh kudus sudah pernah saya terima lalu diambil lagi ataukah memang saya belum menerima roh kudus

 A  :   
Skrg ini saya dan orang tua nggak ada masalah apa2 pak,  apa Tuhan marah sama saya ya pak karena itu roh kudus diambil lagi ? Saat dulu saya marah sekali sama mama saya. Saya merasa mama nggak ada ngertinya ke saya. Nggak seperti mamanya teman2 saya yg keibuan ke anaknya. Seperti itulah kemarahan saya...., tapi itu dulu pak. Skrg sudah dewasa sudah menyadari mama saya memang seperti ini bukan berarti nggak baik kalo memang kurang keibuan ke saya ya sudah gpp memang adanya begini.

Mungkin menurut mama saya ..saya durhaka bandel ya saat itu tapi di sisi lain ya seperti itu yang saya rasa. Dan memang selalu ada dua sisi yg perlu dipertimbangkan shg nggak ada yg satu benar atau yg lain salah. Itu dulu pak... saat saya cerita ini saya jadi merasakan lagi luka yg dulu itu. Tapi sudah berlalu.. mama sudah tua mungkin saya yg saat itu masih muda kurang mengerti orang tua dan orang tua kurang ngerti anak. Hal itu biasa saat anak masih remaja. Tapi entahlah pak.. memang ada sedikit ketidaknyamanan saat saya masih remaja dg orang tua.

Lalu untuk saat ini nasehat bapak bagaimana pak? Saya sudah menyesali sikap kenakalan saya yg suka melawan orang tua dulu dgn hari ini berusaha menjadi anak berbakti yg memperhatikan orang tua pak,

 A  :    Mungkin iman percaya saya secara individu masih kurang pak...masih dinilai kurang oleh Tuhan Yesus.
Mama saya dulunya islam pak, mama keras juga sifatnya ke mbah saya atau ibunya mama saya, juga mama keras karena memang karakternya keras tapi tetap sayang hanya namanya orang dg karakter keras pasti keliatan jelek padahal sama mbah atau ibunya ya sayang. Hatinya polos dan baik mama saya tapi keras suka berantem atau ngeyel ke mbah atau ibunya mama. Tapi mama bisa dapat roh kudua..
mungkin karena mama sudah memiliki iman yg yakin ke Tuhan Yesus ya pak ... sementara saya masih belum yakin benar . Masih dlm belajar mengenal Tuhan walau saya terlahir kristen mungkin di hadapanNya iman saya masih setengah ya pak makanya belum dianggap layak menerima roh kudus. Hhhhhmmm atau memang Tuhan nggak berkenan sama saya ya pak........tapi sepertinya saya memang belum pernah menerima roh kudus pak?? seperti apa ya pak rasanya menerima roh kudus itu??

 J  :    Saya belum tahu dulunya sebesar apa pertengkarannya
tapi kalau memang ada kejadiannya yg sampai menyebabkan Roh Kudus anda dicabut kembali pasti adalah karena ada perbuatan2 anda itu yang akibatnya sampai anda dianggap tidak layak menyandang status sbg Anak Allah.

Allah Bapa pernah berfirman : Hormatilah ibu - bapakmu.
Sebaiknya itu diperhatikan.

Yesus juga sudah menasehatkan supaya kita saling mengasihi satu sama lain (sesama Anak Allah). Malah ditekankan juga apapun yang kamu lakukan kepada saudaramu, walaupun ia adalah yang terkecil di antaramu, perbuatanmu yang baik ataupun tidak baik kepada salah satu saja dari mereka, itu kamu lakukan juga kepada Allah.

Disitu ditekankan bahwa Anak-Anak Allah itu adalah sesuatu yang khusus di mata Allah. Jangan anda merendahkannya, walaupun orangnya sendiri kelihatannya sepele di mata anda. Apalagi kepada orang tua kita yang juga sudah tercatat sebagai Anak-Anak Allah.

Kalau anda sudah menyadari kondisi anda, saya anjurkan kepada anda kalau nanti anda sempat bertemu dgn orang tua anda supaya anda minta diampuni atas kesalahan2 anda itu kepada mereka. Dan bicarakan juga perihal baptisan anda itu sebagai sarana untuk anda memulai hidup baru sebagai orang yang sudah mengenal Allah. Mungkin orang tua dan pendeta anda tidak mengetahui perihal Roh Kudus anda itu. Tapi kalau anda sendiri ingin diakui kembali sebagai Anak Allah, maka anda sendiri yang harus berinisiatif datang kepada Tuhan, entah melalui gereja dan pendeta anda yang lama ataupun melalui gereja lainnya.

 A  :    Terima kasih bapak sudah membimbing saya

 A  :    Mohon ijin bapak, saya menarik kesimpulan dari nasehat bapak, jadi selama ini yg menghalangi doa
saya adalah dosa kesalahan saya terhadap ibu bapak saya yah, dan saya harus tetap dibaptis ulang setelahnya saya mohon ampun ke orang tua saya,

 J  :    Saya tidak mengatakan bahwa itu adalah yang menjadi penghalang doa anda,
saya hanya menekankan saja bahwa bila anda peduli dengan keanak-Allahan anda, maka anda memang harus dibaptis ulang.
thanks



_____



 A  :    Selamat pagi pak..
Saya sangat tertarik sekali dg dunia gaib. Karena banyak faktor pak, keluarga dan sy sendiri pun sering diserang dgn cara gaib berupa kiriman dari sesama. Dan saya sangat tertarik untuk mempelajari dan mempraktekkan. Bukan untuk gagah2an karena saya mengerti gaib tapi untuk menjaga diri dan orang2 yg saya sayangi.
Saya mohon bimbingan bapak dalam saya belajar..
apakah mbah leluhur saya masih mengikuti sy pak?, dan apakah ada roh lain yg mengikuti sy??
Saya belum paham teknik meditasi seperti apa pak.. dan saya mohon bimbingan bapak sbg guru saya, agar saya tidak tersesat dan selalu memantau saya agar dalam saya belajar gaib tidak ada gaib jahat yg mengikuti saya..

Foto terbaru saya pak..mohon untuk diperiksa apakah mbah leluhur saya masih menjaga mengikuti saya bagaimana kondisi sedulur papat saya dan adakah kekuatan pancer dan sedulur papat saya pak???

trima kasih sebelumnya pak


 J  :    Saya anjurkan untuk awalnya anda mematangkan kerohanian anda dulu dengan anda rajin menjalankan
apa yg sudah saya tuliskan di tulisan berjudul Kebatinan Dalam Keagamaan. Lakukan itu dengan anda rajin berdoa dan membaca kitab suci, batin diarahkan kepada Tuhan di atas sana.

Selain menjadi cara untuk mematangkan kerohanian dan ketuhanan anda, itu juga cara yang efisien dan efektif untuk anda mendapatkan kekuatan gaib langsung dari kekuatan yang tertinggi, Tuhan, dibanding anda menjalani cara2 lain yang duniawi. Sesudah itu yang lainnya akan mengalir sendiri.

Sedulur papat anda sudah lengkap 4,
tapi kekuatan sukma anda masih sama dengan orang lain yang umum.
Mbah2 anda memperhatikan saja dari jauh, tidak mendampingi.
Sebaiknya anda belajar menayuh juga, minimal dengan bandul, seperti dicontohkan di tulisan saya yang berjudul Ilmu Tayuh Keris.

thanks


 A  :    Hhmmmm... minta ijin utk bertanya pak,
dulu sewaktu sy masih di jakarta mbah putri leluhur sy selalu mendampingi sy mengikuti di belakang sy seperti kata bapak, lalu sekarang ini setelah sy di surabaya mbah putri sy hanya mengawasi sy saja dari jauh, kalau boleh tau apakah mbah sy marah sama sy? Apakah sy ada melakukan hal yg menurut mbah sy keliru shg beliau menjauh?? Atau krn sy skrg sudah di sby lebih dekat dg keluarga??
Bolehkah sy meminta mbah sy utk tetap menyertai sy mengikuti sy dimanapun sy ada pak sbg orang tua yg membimbing sy, bagaimana caranya menyampaikan itu ke mbah putri sy pak???

Iya pak, saya akan membaca tentang kebatinan dalam keagamaan untuk saya pahami dan lakukan

Lalu pak... sy sudah pernah mencoba tayuh dg tasbih. Waktu itu mbah sy masih di belakang sy dan sy sambungkan ke beliau.
Nah, skrg mbah putri leluhur memperhatikan sy dari jauh ngga mendampingi dekat saya ? Apabila saya sambungkan tayuhan sy ke beliau apakah masih bisa tersambung pak??
Sy ingin berkomunikasi dg belau dan menyampaikan bhw sy selalu ingin didampingi mbah putri dimanapun mbah jangan pergi karena saya sayang selama ini sudah menemani saya.. bagaimana cara menyampaikan itu pak??
Dan ijinkan sy meminta tolong bpk guru utk menyampaikan itu ke mbah saya ? Dan biarlah juga mbah putri menjadi pembimbing saya dalam pemahaman spiritualitas. apakah saya kurang memperhatikan beliau ya pak?
2 bulan ini saya ngga puasa weton pak, karena pas weton saya, kondisi badan saya kurang baik.

 J  :    Walaupun mereka tidak tampak mendampingi, tapi mereka tetap memperhatikan anda.
Kan mereka tidak harus seperti kerbau yg diikat moncongnya supaya selalu mengikuti anda.

Dengan cara2 tayuhan anda bisa kontak rasa dengan mbah2 anda. Tergantung kemampuan anda.
thanks

 A  :    Syukurlaaah ...makasih ya pak guru.
Mohon selalu bimbingannya dan petunjuknya pak.




_________












 
Comments