Ngobrol 5-7

   Kebatinan dan Kegaiban

 
Halaman ini berisi ringkasan dan editan tanya jawab Penulis dengan pembaca. Mudah-mudahan berguna untuk menambah pengetahuan dan hiburan.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
<<  Kembali ke Ngobrol 5 - 6                                                                             Lanjut ke Ngobrol 5 - 8  >>

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------




 A :     Pak, kemarin waktu berdoa sambil menyatukan hati dgn Tuhan sempat seperti merasa ada lingkaran
putih yg masuk ke badan.. Apakah ada sesuatu pak??
Rasanya jelas sekali lingkaran putih itu masuk, tapi memang saya sambil merem.. 

Mohon dicek apa benar kekuatan sedulur papat saya sampai 300an Krk??
Terima kasih pak

 A :     Selamat malam pak, mohon koreksinya pak..
Semalam saya coba mendeteksi busi karena dari tayuhan kata sedulur ada gaib negatif yg datang dan kekuatannya lebih tinggi dari kekuatan mereka.. Saya jg merasa di busi ada lagi gaib yg nyusup. Waktu saya coba deteksi memang terasa setruman halus di jari. Lalu saya ikat dgn tali energi dan bungkus dgn pagaran absolut dan saya gabung ke sukma2 yg saya ikat di tiang listrik depan yg sesudahnya semua gaib itu saya bungkus dgn pagaran absolut. Saya sangat berharap koreksi dari bpk, termasuk kekuatan sedulur papat saya yg terakhir bilang di atas 350Krk. Karena saya pikir drastis sekali.. Juga kalo ga dpt koreksi dari bpk rasanya jadi ga enak pak..

Semalam saya juga mimpi berjalan seperti di tengah hutan / kebun ditemani 2 orang yg 1 perawakan tua. Di tengah jalan, jalan setapak yg kami lewati ternyata sudah berubah jadi sawah yg dipagari dan kami tdk bisa lewat, akhirnya saya inisiatif utk mencari jalan baru dan ketemu..
Saya merasa ada pesan dlm mimpi itu, tapi saya belum tahu pak..
Saya berharap sekali bpk masih berkenan mengoreksi dan membimbing saya.. Sekalian saya minta maaf mgkn saya ada salah dan masih lambat menjalankan saran2 bpk..
Terima kasih

 J :     Arti mimpinya itu adalah supaya anda kreatif berinisiatif mencari cara sendiri untuk anda menjawab
pertanyaan2 atau permasalahan2 anda, jangan bergantung kpd pihak lain, tayuhan, atau saya, sehingga ketika anda harus melakukan suatu perbuatan, anda tahu sendiri apa masalahnya dan apa tindakannya yg harus anda lakukan.

 A :     Pak apa benar ada wahyu jenis spiritual yg dikasih ke saya ?
Beberapa hari ini saya tertarik baca berkali2 soal Dewa dan Wahyu Dewa trus td malam tiba2 pikiran saya tertuju pada wahyu dewa. Pas saya tayuh kata sedulur papat iya benar ada jenis spiritual. Apa iya pak? Apa tayuhan saya soal itu jg sesuatu yg tdk pantas pak sehingga ada yg membelokkan?
Maaf ya pak saya byk mengganggu bpk.. Terima kasih

 A :     pak, saya ingin minta tolong..
Mohon bpk berkenan kroscek diri saya, apa ada gaib negatif yg berhasil menyusup ke badan saya atau bandul busi saya ?
2 hari ini tayuhan saya gonta ganti terus..
Pertama saya tanya sedulur papat apa bola energi di atas rumah yg bpk kasih masih ada, awalnya dijawab "tdk", lalu saya tanya2 lagi jawabnya "ada"..
Trus tanya soal kemaren apa benar ada gaib negatif yg saya ikat jwbnya "tidak", saya pastikan lagi dijawab "iya".
Trus yg paling bikin saya bingung tanya kekuatan sedulur papat katanya di atas 600Krk. Semalaman kemarin rambut kepala saya meremang trus dan ada yg berdenyut terus, tandanya seperti kalo ada gaib negatif yg dtg, tapi waktu saya tayuh katanya ga ada.. Saya bingung harus gimana pak.. Saya udah coba fokuskan batin dan rasa tapi felling saya merasa ada yg ga beres..
Seharian ini jg badan saya lemas bawaannya pengen tidur terus..
Pak saya minta tolong dicek apa ada gaib negatif yg mengganggu..
Mohon bantuannya pak..
Terima kasih banyak pak

 J :     Di bandul businya tidak ada apa2
Tapi badan anda kesusupan sukma bapak2 sekitar 650 krk
Tadi sudah saya keluarkan

Pada dasarnya khodam / mahluk halus yg ikut / menyatu dgn anda bisa menjadi khodam anda,
dia bisa menjadi kekuatan anda
jadi kalau ditayuh jawabannya kekuatan anda bisa sama dgn khodamnya itu

jadi kalau tayuhan anda mengatakan kekuatan anda jauh lebih tinggi dari perkiraan anda,
sebaiknya itu dicermati
barangkali saja itu adalah tayuhan dari kekuatan khodam / mahluk halus yg menyatu dgn anda.

thanks

 A :     Terima kasih ya pak sudah bantu mengeluarkan sukma itu..
Waduh, jd bener ada sukma negatif lagi yg dtg. Sebenarnya saya curiga ada gaib negatif yg nyusup ke badan pak, tapi tiap nayuh selalu jawabnya ga ada padahal saya coba fokuskan ke sedulur papat dan jangan takut utk jawab jujur kalo ada gaib negatif yg dtg.. 
Kalo lain kali saya felling ada gaib yg nyusup lagi meskipun saya ga tau posisinya dan tayuhan sedulur bilang ga ada trus saya turunkan energi utk buat tali energi utk nangkap gitu sugestinya gimana ya pak? Soalnya jg belum tentu felling saya benar kan pak, kecuali saya bisa liat sendiri..

Trus pagaran gaib yg dulu dari trowulan itu masih ada ga pak? Apa memang kekuatan sukma itu lebih tinggi dari pagaran saya?

Beberapa hari lalu saya pernah minta pagaran perlindungan dari Tuhan sambil doa.. Saya fokuskan batin saya tersambung dgn Tuhan dan memang terasa ada getaran hawa yg seperti membungkus saya tapi ntah itu ilusi atau benar saya yakinkan diri saya saja Tuhan berkenan..

Sekali lagi terima kasih banyak bpk sudah berkenan banyak membantu..

 J :     Kalo minta ke Tuhan jangan cuma minta dilindungi, tapi minta juga dibersihkan / dijauhkan dari yang
jahat.

 A :     Oh.. Harus lengkap juga ya pak.. Iya pak, terima kasih banyak masukannya.. 


 A :     Selamat malam pak, tadi ada yg membisikkan ke saya gini, " kamu (pancer) yg harus bertindak belajar
sendiri, nanti sedulur papat akan ikutin kamu. Jadi kalo mau mengsugesti sedulur papat kamu (pancer) harus jalan dulu".
Apa benar pak?
Berarti salama ini saya bodohnya masih tebal pak, kalo meditasi atau mendeteksi gaib saya fokusnya sama sedulur papat. Dan jg saya selalu sugestikan sedulur papat berani menolak gaib negatif yg dtg..

Gara2nya semalam saya coba menangkap gaib / sukma negatif yg memperhatikan saya dari jauh dgn penghayatan pada kebersamaan dgn Yesus. Sepertinya ada yg berhasil saya tangkap tapi dlm tayuhan sama sedulur papat masih ngambang (nanti fotonya saya kirim pak) dan saya agak jengkel juga sama sedulur papat hehehe.. Kayaknya saya juga kena serangan energi gaib lagi pak, tapi saya sugestikan energinya melebur jadi 1 dgn energi saya.
Mohon dicek kebenarannya..
Apa benar juga sedulur papat 75krk?
Terima kasih

 A :     Siang pak..
Menyambung email yg 2 hr lalu.
Itu yg saya nangkap gaib itu sugestinya saya ikat di foto A (yg ga ada lampunya).
Tapi ternyata kata sedulur kok terikatnya di tiang listrik yg biasanya ya pak (foto B)?
Waktu coba olah rasa jg sepertinya di foto B.
Apa benar pak?
Apa benar jg jumlah gaib yg terikat disana sekitar 15 sosok?
Mungkin bisa bpk lihat sosok2 gaib negatif yg mengintai saya dari jauh yg saya tangkap terakhir kemaren apa benar ada? Kalo ada berapa itu kekuatannya pak?

 
https://sites.google.com/site/thomchrists/Kebatinan-dan-Spiritual/Ngobrol-5-Kebatinan-Kegaiban/ngobrol-5-6-kebatinan-kegaiban/photo.JPG
 
https://sites.google.com/site/thomchrists/Kebatinan-dan-Spiritual/Ngobrol-5-Kebatinan-Kegaiban/ngobrol-5-6-kebatinan-kegaiban/Clip-2.JPG


 J :     Ya memang seharusnya pancernya yg lebih dulu berbuat, sesudahnya barulah sedulur papatnya diajak
melakukannya bersama2.

Pancer anda skrg 35 krk
Sedulur papat 75 krk

Pagaran dari trowulan masih ada, sifatnya memfilter, bukan absolut.

Pagaran dari Tuhan juga ada, kelihatannya bentuknya adalah sebungkus energi yg mengisi anda dan sekeliling anda, bukan pagaran gaib, sifatnya hidup, mengikuti jalan sugesti anda, akan aktif kalau anda juga aktif tersambung dengan Tuhan.
Kapan2 coba dideteksi energinya itu, dan coba menyatukannya dgn diri anda. Nantinya energinya itu juga bisa diserap oleh sukma dan tubuh anda.

Sebaiknya anda meningkatkan olah rasa sampai matang kepekaan anda, jangan mengambang, kalo bisa sampe anda bisa melihat scr batin, jangan cuma sekelebatan saja, sesudahnya barulah dicrosscek dgn tayuhan. Tayuhan seharusnya hanya sebagai alat bantu saja. Jangan tayuhan dijadikan andalan.

Di foto yg kiri ada 15 sukma bapak2 yg terikat.
Kekuatan tertingginya 110 krk.

Di foto yg kanan ada 2 sukma bapak2 yg terikat.
Kekuatan tertingginya 60 krk.

 A :     Soal gaib yg saya ikat di foto kanan apa benar berhasil pagaran absolut yg saya buat disana ?
Berarti benar ya pak saya berhasil nangkap sukma negatif yg posisinya jauh dari saya ?

 J :     Yg di foto kanan itu posisinya terikat, bukan diselubungi pagaran absolut.

 A :     Iya pak saya belajar lagi tingkatkan kepekaan rasa saya.
Iya sih pak, selama ini tayuhan jadi andalan saya..
Sering yg bikin sulit belajar ini pikiran2 hidup ini loh pak. Hehehe..
Sekali lagi terima kasih atas perkenan bpk membimbing saya..
Maaf pertanyaan saya banyak lagi..


_____



 A :     Apa benar juga pak ada lagi wahyu yg diberikan dewa ke saya wahyu jenis wibawa ?
Semalam nayuh tanya mbah trowulan katanya iya benar ada 2 sekarang wahyu dewa yg dikasih ke saya, yg salah satunya wahyu wibawa. Kalo benar emang kenapa ya para dewa memberi wahyu itu ?
Kalo saya baca tulisan bpk, wahyu jenis itu utk orang-orang tertentu yang dihormati karena statusnya di masyarakat, seperti kepada manusia-manusia tertentu yang menjadi tokoh masyarakat, para bangsawan dan keturunan raja. Lah saya bukan siapa2 e pak.
Apa ada yg menyesatkan tayuhan saya lagi pak?
Maaf merepotkan bpk lagi..
Terima kasih

 J :     Kelihatannya anda diberikan wahyu keningratan yg lebih daripada sekedar wahyu wibawa.


 A :     Terima kasih sekali pak.. Sudah dijelaskan semua pertanyaan saya..
Kalo boleh saya ingin bertanya lagi pak..

Pagaran memfilter itu kan hanya memfilter ya pak, tapi dulu waktu awal2 yg banyak sukma nyerang saya pada tertahan di pagaran gaib saya itu gimana pak? Kan memfilter.
Apa tergantung persentasi kekuatan antara pagaran dan si penyerang ya pak ?
Jadi meskipun memfilter tapi kalo kekuatan yg nyerang kecil (bagi pagaran) jadinya tertahan ?

 J :     Yg dulu itu pagaran absolut dari saya.
Tapi karena anda juga latihan menurunkan energi, maka pagarannya dirubah menjadi memfilter.


 A :     Pagaran dari Tuhan yg bpk bilang... Puji syukur Tuhan masih mengasihi saya..
Tapi maksudnya mengikuti jalan sugesti saya itu gimana ya pak ?
Sebenarnya saya agak bingung dgn maksud bpk itu, maaf saya memang otak saya masih bodoh utk mengerti pak.. Lalu beda fungsi dgn bola energi itu apa pak? Apa pagaran / energi itu juga pemberian dari pihak lain? Bukan karena yg saya minta?

 J :     Sugesti .....
Jalan sugesti itu maksudnya mengikuti kemauan anda.
Tapi sebelumnya anda harus sudah bisa berinteraksi batin / kontak rasa dgn energinya supaya anda bisa menyampaikan kemauan anda itu.

Yg dari Tuhan itu mengikuti isi doa / permintaan anda kpd Tuhan.
Bola energi di atas rumah anda itu dulu dari saya.
Keduanya sifatnya berbeda karena tujuan pemberiannya juga tidak persis sama, tapi keduanya bisa difungsikan sama, tergantung sugesti anda.


 A :     Wahyu keningratan.
Lho pak, saya kan bukan keturunan ningrat pak.. Malah saya jg bukan org jawa yg notabene mengenal istilah keningratan. Karena tulisan bpk bilang "wahyu tersebut hanya diturunkan kepada orang-orang tertentu saja yang memiliki garis keturunan ningrat (keturunan bangsawan)".

Sekedar cerita pak, saya tiba2 ngeh soal ada wahyu baru yg datang itu karena waktu saya nonton acara debat politik tiba2 ada yg bisik intinya "pelajarilah / mengertilah" atau ntah apa, sulit neranginnya yg akhirnya saya kepikiran soal wahyu yg menurut rasa saya waktu itu ngerasanya wahyu kepangkatan / jabatan, dan dari situ tertarik baca artikel Dewa dan Wahyu Dewa.

Tapi saya buru2 menepis itu, ya karena saya sadar siapa saya pak.. Tapi semakin saya ingat sama mimpi saya yg dulu pertama kali saya cerita ke bpk tentang mimpi yg saya hadir di acara meninggalnya seorang raja yg saya disuruh maju utk memberi penghormatan terakhir buat sang raja. Saya sih pengennya kalo benar dpt wahyu baru dapatnya yg spiritual, biar bisa semakin ngerti dgn dunia spiritual. Tapi bpk bilang wahyu keningratan malah bingung saya.. Hehehe..

 J :     Mimpi anda dulu itu sebenarnya saya bisa meraba artinya, tapi karena saya belum tahu pasti detailnya,
maka saya belum mau menjawabnya. Takutnya ntar kamu keburu ke-geer-an.
Mimpinya itu bercabang artinya, tapi kesimpulannya sama :
1. Ada orang besar yg mengaso dan anda akan menjadi penerusnya.
2. Dengan disuruhnya anda maju memberi penghormatan berarti anda diakui (atau akan diakui) memiliki kehormatan untuk itu. Anda diakui sbg orang besar juga yg pantas untuk melakukan penghormatan kpd orang besar lain yg sudah mengaso.
Mungkin yg sekarang ini adalah perwujudan dari mimpi anda itu.
Nanti kamu juga bisa mencaritahu sendiri wahyu itu dulunya punya siapa.

Pada orang yg dulu wahyu itu hanya bersifat kesepuhan dan wibawa-derajat, tapi untukmu wahyu itu sudah berubah menjadi lebih daripada wahyu spiritual / kesepuhan atau kepangkatan dan wibawa-derajat. Untukmu wahyunya sudah mewujud menjadi wahyu keningratan yg di dalamnya sudah mencakup wahyu2 lain itu.

Kamu memang bukan keturunan ningrat
tapi Anak-Anak Allah lebih daripada ningrat atau raja manusia
BagiNya tidak ada yg sulit untuk menaikkan ataupun menurunkan derajat manusia
walaupun itu tidak sejalan dengan aturan yang berlaku di dunia manusia
Itu adalah restu Tuhan (dan Dewa) untukmu.
Jagalah, jangan sampai restu itu diambilNya kembali.

 A :     Bapak tau aja saya geer-an.. Hahaha.. Malah skg jd tambah geer saya habis dpt keterangan dr bpk..
Hehehe.. Ya semoga saya mampu menjaga pemberianNya pak. 
Btw, mengaso itu apa pak? Kalo bpk bilang nanti bisa dicari tahu wahyu itu dulu punya siapa.. Berarti dulu wahyu itu punya org lain ya pak? Atau punya bpk mungkin.. Hehehe.. Apa wahyu itu ada hubungannya sama leluhur saya yg memperhatikan saya itu pak?

Oh.. Berarti yg awal2 nurunin energi dulu tp ga bisa2 naikkan kekuatan sukma itu krn ada pagaran dr bpk ya.. Tp jd kepikiran, pagaran dr bpk dgn dr trowulan duluan mana ya pak? Hehehe..

Maaf jd menjalar pertanyaan keingintahuan saya.. 
Terima kasih byk pak

 J :     Mengaso bahasa jawa bisa artinya lengser, melepas jabatan, bisa juga kiasan dari meninggal.
Orangnya dulunya seorang pemuka besar agama, tapi menyimpang dari jalan yg diharapkan, karena memanfaatkan karismanya untuk mengejar harta, tahta dan wanita, shg wahyunya dicabut kembali.
Dia bukan leluhur kamu.

Kayaknya duluan pagaran dari saya deh
kamu kenal trowulan kan baru sekarang2 ini

 A :     Maaf kalo boleh tau lagi, beliau masih hidup skg atau sudah meninggal pak?
Di indonesia atau luar pak? Tokoh agama apa pak?
Waduh tokoh agama ya... Apa saya nanti di"arahkan" jadi tokoh agama ?
Kehidupan agama saya saja kan tdk terlalu bagus jg, bahkan sejak kenal bapak saya lebih tertarik ke ketuhanan drpd agama..
Semakin bingung saya pak. Pasrah aja lah, semoga aja saya mampu hidup berkenan di hadapan Tuhan. Saya jg sekalian minta nasehatnya pak biar saya jg ga meninggikan diri, merasa benar sendiri dan terutama menekan hasrat duniawi yg tdk baik dimata Tuhan.. Krn saya masih sulit menekan hasrat darah muda saya.. Maaf merepokan bpk. Dan terima kasih atas nasehat2 bpk..

Oh iya pak, sukma2 yg saya ikat di tiang itu masih bisa mempengaruhi sekitarnya ya pak? Semalam saya duduk2 di bawah tiang itu sepertinya mereka ikut "nimbrung" dlm renungan saya.

 J :     Soal wahyu itu dicaritahu sendiri saja mas, tanyakan langsung kpd pemberinya.
thanks

 A :     Iya deh pak, nanti saya coba tanya yg memberi wahyu itu. Tapi ke siapa pak? Dewa kah? Dewa siapa
pak?
Saya belum pernah jg berkenalan dgn Dewa sih..
Kalo tanya lewat bandulan boleh ga pak?
Tp kalo dlm batin saya tiba2 bilang Martin Luther King. Bukan ya pak? Hehehe.
Itu cuma hasil renungan saya aja sih, trus yg keluar nama Beliau.. Waktu saya tayuh sambil jg kontak batin dgn energi yg dr Tuhan ini, hasilnya jg sama beliau.. 

Bicara soal Dewa pak, bpk bilang dlm tulisan kan hub Dewa dgn Tuhan seperti atasan dan bawahan. Adakah kuasa khusus yg diberi Tuhan kepada Dewa utk bertindak sesuatu hal besar?
Waktu baca cerita ttg Dewa semar yg berpisah dgn Prabu Brawijaya, sang Dewa bilang waktu P. Jawa bergetar beliau lah yg membuat gunung2 di jawa meletus dan beliau yg membuat air kawah disana jadi panas sedangkan Batara Guru hanya mengiyakan. Bukan bermaksud melecehkan, tp sepintas ucapan itu terlihat sombong. Dan pd zaman Israel dulu Dewa ikut memberi wahyu keprabon kpd raja2 dr kerajaan yg tercatat dlm kitab sbg musuh bangsa israel yg notabene bangsa pilihan Tuhan?

Pak, apakah bpk liat insting saya sudah lebih baik atau masih seperti dulu? Beberapa minggu ini rasa saya sering sekali menilai sifat org yg disekitar saya baik kenal atau tdk.. Kalo dgr ada org ngobrol pikiran saya bisa terasa sifat org itu, bohong kah, sombong kah, atau apalah. Memang ga semua jelek tp byk yg buruk2. Sering saya terganggu dgn pikiran2 itu. Saya takut secara ga sadar saya sudah merasa benar dan meninggikan diri. Ataukah memang saya sudah secara ga sadar sudah meninggikan diri dlm hati sya pak? Mohon nasehatnya krn sangat mengganggu sekali pak.

Oh iya utk belajar kontak rasa/batin dgn sebentuk energi yg dr Tuhan ini kemana arah fokus batin saya pak?  Krn bpk bilang masuk ke tubuh saya jd bingung arahnya.. Utk merasakan energinya jg bingung tangan saya diarahkan kemana.. Hehe.

Sekiranya ada pertanyaan saya yg tdk pantas dan tdk hormat termasuk trg Dewa Semar td, saya minta maaf ya pak.. Saya hanya ingin mencari pemahaman yg benar aja.. Sekali lagi terima kasih pak

 J :    Yg dulu itu orang Indonesia.

 A :    
Pak, kayaknya sekarang ibu saya udah mulai kuatir deh kalo saya skg udah mulai interest ttg yg selama ini dianggap klenik di masyarakat. Tadi waktu nonton metro tv temanya ttg banyaknya praktek klenik menjelang pemilu. Dlm acara itu ada narasumber seorang agamis yg juga praktisi paranormal. Saya yakin sekali dlm batin dia menggunakan jasa khodam, dan menurut rasa saya waktu di studio itu dia bawa khodam. Disitu dia bilang tiap tahun dari pemilu daerah / legislatif / presiden dia sudah tahu siapa yg menang bahkan presiden 2014 bsk jg dia tahu katanya. Tp yg bikin saya jengkel, dia mencela praktisi paranormal lain yg tdk sejalan dgn dia yg jalur agama. Entah kenapa kok batin saya ini jengkel2 sendiri terutama waktu dia bawa nama2 Tuhan.

Menurut batin saya dia sadar kalo dia berkhodam. Lah disitu saya mulai komentar dikit2 dan didengar ibu saya. Disitu ibu saya tanya kenapa skg kamu percaya yg klenik2 pdhl dulu ga suka. Panjang obrolan kami, tapi intinya ibu saya kuatir sama saya, yg mungkin kuatir kalo saya sesat, kuatir jg kalo saya nanti ke dpnnya kenapa2 gara2 ini. Disitu saya nyeplos " nanti kalo mungkin aku dah jadi, biarpun ada apa2 sama aku jgn kuatir lebih baik mamak mendekat ke Tuhan biar Tuhan buka pengertian mamak".
Ibu saya tambah penasaran pak, saya jg bingung sendiri ngapain saya ngomong gitu..

Jujur, saya ingin apapun nanti yg Tuhan rencanakan buat saya jika ada, saya tdk ingin dpt pertentangan dari ibu.. Saya jg pgn ibu bisa semakin dekat sama Tuhan.. Tp ibu saya jawab, "ya kita ini manusia dunia lin, ga mungkin ga kuatir" tp saya sedikit bisa baca hati ibu saya yg maksudnya "jgn bertentangan sama dunia". Trus saya nyeplos jg blg "nanti misal sudah waktunya, sebisaku aku pengakuan dunia. Aku cuma pgn bisa berkenan di hadapan yg kasih aku karunia. Sebentar lagi tanah ini akan amburadul, mintalah perlindungan sama Tuhan".

Saya sebenarnya tdk ingin ada "kekacauan" di bumi ini, tp setelah dpt mimpi2 yg intinya akan ada byk bencana yg akibatnya banyak orang tewas (ada suatu binatang jika disentuhkan ke org, org itu langsung tewas) dan mimpi2 semacam itu terasa nyata sekali. Sebenarnya saya jg nyesel knp saya bisa nyeplos ngomong kayak gitu yg bikin ibu saya tambah kuatir dan penasaran nanti saya knp. Td saya tanya ke ibu dulu waktu hamil atau melahirkan saya apa ada mimpi / tanda apa, trus ibu saya bilang ada sih, dia mimpi waktu hamil tua saya mimpi didatangi nenek saya dan kasih satu batang tanaman padi sambil bilang "inilah kehidupanmu". Apa itu ada artinya pak?

Ini cuma curhat aja pak, krn saya bingung harus cerita ke siapa. Tp mungkin ada yg salah sama saya atau mgkin saya sudah meninggikan diri mohon nasehat dan bimbingannya.. Terima kasih

 J :     tentang satu batang tanaman padi itu lihat saja arti perumpamaan Yesus tentang pohon gandum.


 A :     Maaf pak, apa yg bapak maksud perumpamaan tentang lalang di antara gandum ?
Krn saya ga ketemu2 perumpamaan tentang pohon gandum..
Kalo memang yg itu yg bpk maksud.... Hubungannya sama mimpi ibu saya itu apa ya? Hehehe..
Kalo menurut saya sih, mungkin maksudnya itu yg dgn kalimat "inilah penghidupanmu", mungkin artinya saya yg nanti memelihara ibu di masa tuanya.. Ya berhubung jg saya anak laki2 (adik perempuan) juga saya anak pertama.. Kalo saya coba sambung dgn perumpamaan Yesus itu.. Saya yg ga bisa nyambung pak. Hehehe..
Trimakasih pak

 J :      bukan itu mas.


 A :     
Apa yg ini pak?

Perumpamaan tentang benih yang tumbuh

(26) Lalu kata Yesus: "Beginilah hal Kerajaan Allah itu: seumpama orang yang menaburkan benih di tanah, (27) lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu. (28) Bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah, mula-mula tangkainya, lalu bulirnya, kemudian butir-butir yang penuh isinya dalam bulir itu. (29) Apabila buah itu sudah cukup masak, orang itu segera menyabit, sebab musim menuai sudah tiba."

Saya udah cari bolak balik ga nemu2 pak.. Kalo boleh tahu surat mana ya pak biar saya baca..

Trims

 J :     bukan mas.
gak usah buru2, nanti juga tahu sendiri.

 A :     Bukan buru2 sih pak, cuma penasaran bgt.. Itu kan mimpi itu utk ibu saya waktu hamil tua saya.
Mungkin aja ada nasehat atau peringatan di dlm nya.. Iya deh pak. Terima kasih ya pak..


____


 A :     Selamat malam pak, barusan baca jawaban bapak dalam hal Olah Roh tentang makanan haram..
Bapak bilang yg tetap dilarang makan darah. Berarti firman Yesus yang " bukan yg masuk ke dalam perut yang menajiskan orang, tapi yang keluar dari mulut" itu tidak mencakup semua peraturan tentang haram / halal makanan dari perjanjian lama ya pak?  Ya soalnya sudah jadi dogma juga dalam kristen (aliran saya) yg menganggap semua makanan halal, kecuali cara mendapatkan makanannya.. Juga saya orang batak ada makanan khas batak yg campurannya pake darah juga.. Waduh berarti itu salah ya pak.. 

 J :     Coba dinalar dgn hikmat mas.

 A :     Pak soal firman Yesus tentang makanan itu...
Apa benar hikmatnya begini : semuanya (makanan) adalah halal / tidak menajiskan orang untuk dimakan asalkan memang tujuannya benar memenuhi kebutuhan yang wajar (disini sikap batin kitalah yang menentukan), dan khusus tentang darah sejak zaman dulu darah adalah lambang nyawa / hidup dan memang seharusnya tidak pantas / layak jika manusia makan / minum darah dengan sengaja karena itu sama artinya membunuh. Akan tetapi tetap juga sikap batin kita disini yang dinilai, bukan karena apa yg dimakan tapi apa tujuan dan maksudnya. Yang jelas menajiskan orang adalah segala sesuatu yang ada dalam hati yg keluar dari mulut orang, yang itu tidak baik dimata Tuhan.
Mohon koreksinya jika saya salah..

Saya coba mengedepankan hikmah dengan sambil tersambung dengan Tuhan..
Sejujurnya pak, mohon maaf saya masih sulit untuk mengerti Hikmat Tuhan..
Mohon bimbingan selalu.. Terima kasih

 J :     Kira2 jawaban anda sudah benar.

Saya juga suka sangsang, kadang2 makan juga.
Selain memang enak, saya suka bumbu rempah2nya,
tapi jangan itu dijadikan pemuas nafsu makan

Intinya yg dikehendaki Allah adalah supaya kita menjadi manusia yg berkesadaran tinggi, berbudi pekerti tinggi, berderajat tinggi, menjadi mahluk yg layak disebut mulia, jangan menonjolkan nafsu kebinatangan atau sifat2 lain yg dibenci Allah yg akan menjadikan kita mahluk rendah di mataNya.

 A :     Hehehe.. Saya malah ga terlalu suka makan sangsang pak kecuali kalo yg masak ibu saya.. Hahaha...
Syukurlah kalo benar, saya masih belajar utk mengenal mana hikmat Tuhan dgn mana yg hikmat dunia pak.. Karena masih dlm batin saya "membaca"nya jadi saya sedikit ragu utk membedakannya..
Terima kasih pak.

_____



 A :     Pak mohon pencerahannya..
Apa benar surat2 rasul paulus sebagian besar berisi penjabaran Hikmat Tuhan dari apa yang dikehendaki Yesus dalam tujuan pembaharuanNya ?
Karena Jika dicermati dengan nalar manusia memang sulit sekali untuk dimengerti pesan2 rasul paulus, bahkan bisa menimbulkan kesalahpahaman yang besar. Tapi kalo dicermati dengan mengedepankan Roh Hikmat (tentunya saya masih belajar) apa yang disampaikan rasul paulus sangat dalam pengertiannya. Dan menurut saya sangat persis seperti yg kira2 bapak ajarkan. 

Tapi kalo dipikir2 pak, kan tidak semua orang mampu menumbuhkan Hikmat Tuhan untuk mencerna Firman2 Tuhan (termasuk saya) yg ini mungkin bisa menimbulkan kesemrawutan dalam hal berkeyakinan. Sedangkan kita tidak boleh menghakimi orang lain (karena Yesus juga mati untuk menebus orang itu), sikap seperti apa pak yg baik kita lakukan jika menurut kita ada yg salah dlm pengertian saudara yg lain? Apakah dibiarkan saja, karena memang kita sendiri (dalam hal ini saya) belum tentu benar...
Sampai sekarang saya masih belajar memahami persekutuan hati juga pak..

Pak, mohon dicek lagi apa ada gaib negatif yg masuk ke badan saya, kok tiap menurunkan energi naiknya sedulur papat drastis sekali. Apa benar kekuatan sedulur 400krk?? Saya udah coba fokuskan batin, hasilnya dr felling maupun gambaran bilang tdk ada, dari hasil tayuhan jg tdk ada.
Mohon bantuannya siapa tau ada yg luput pak.. Terima kasih..

 J :     Mengenai Hikmat Tuhan di dalam masing2 orang, termasuk Rasul2 Yesus, sebenarnya kita tidak bisa
menyamaratakannya sebagai sama, atau meninggikan atau malah mengecilkan salah satu orang, karena semua hikmat yg diterima oleh seseorang akhirnya akan bermuara menjadi berkombinasi dengan sikap berpikir dan sikap penerimaan orangnya itu sendiri.

Tentang hikmat yg diterimanya, mungkin orang2 yg sederhana berpikirnya akan berbeda pemikiran dan penerimaannya, juga penyampaiannya, dibanding orang yg lebih cerdas dan luas berpikirnya.

Orang yg lama berada di lingkungan bangsa Israel seperti Rasul Petrus mungkin akan berbeda sikap berpikir dan ucapannya dibanding Rasul Paulus yg sudah lama berada di lingkungan orang2 Romawi.

Dan hikmat yang diberikan Tuhan kepada masing2 orang mungkin tidak sama, tergantung juga pada keperluan Tuhan dengan orang itu.

Ditambah lagi apa saja hikmat yg diterima seseorang dari Tuhan mungkin tidak sama dgn orang lainnya, karena semuanya tergantung juga dengan apa saja aktivitas orangnya (dan interestnya).
Misalnya Rasul Petrus yg lebih fokus pada pengajaran, mungkin ia lebih fokus pada hal2 yg terkait dengan ajaran dan nasehat.
Rasul Paulus yg berada di lingkungan terbatas di dalam penjara / pengasingan mungkin punya banyak waktu untuk merenung dan mendekatkan diri kepada Tuhan dan kegaibanNya.

Begitu juga dengan kita sendiri, akan tidak sama hikmatnya satu dengan lainnya, banyak bergantung pada aktivitas dan interest kita dan penerimaan kita sendiri, apalagi dibanding orang2 yang tidak membuka diri pada hikmat.


_____




 A :     Pak apa benar ada benda gaib di rumah saya bentuknya seperti batu / mustika ?
Apa benar pancer saya skg 100krk sedulur papat 150krk ?
Semalam belajar nurunin energi lagi krn udah lama ga nurunin energi tp sambil nurunin energi (bentar) saya sambil belajar kontak rasa dgn sebentuk energi hidup yg dari Tuhan ini pak sambil saya sugestikan menyatukannya dgn tubuh dan sukma saya..
Saya masih bingung cara fokusnya ke sebentuk energi ini gimana pak..
Terima kasih..

 A :     Oh iya pak apa benar pancer saya skrg 100krk dan sedulur 150krk ?
Saya agak curiga soalnya cuma sekali nurunin energi itupun ga lama tp naiknya hampir 2 kali lipat.
Trims

 A :     Iya pak, saya lebih mengerti skrg.
Memang yg diperlukan dlm hal berkeTuhan-an itu adalah sikap kesepuhan dan kebijaksanaan yg tinggi ya pak. Dan menyadari sepenuhnya bahwa hub. manusia dgn Tuhan adalah hub. yg pribadi.. 
Sebenarnya masih byk yg masih membingungkan saya dlm hal ini, tp mungkin masih terlalu tinggi utk saya..

Pak, kalo ada waktu luang mohon bantuannya utk dicek apa ada lagi gaib negatif yg dtg ya pak..
2 hari lalu saya ada mimpi aneh yg keliatannya jelek.. Tp saya coba cari2 sendiri, jg saya udah coba lakukan pembersihan gaib sendiri, tp tetap waktu nayuh sedulur papat kekuatannya 400krk pdhl cuma bentar saya menurunkan energi. Apa memang itu krn penghayatan ke energi hidup ini berhasil ?
Mohon maaf mengganggu terus..
Terima kasih pak

 A :     Pak, bolehkah saya minta tolong utk baca kejiwaan saya..?
saya sulit berubah, sulit mengontrol diri dr pikiran2 yg tdk baik. Apa memang hati saya ini hitam sekali..? Jg seperti ada ikatan / tarikan rasa utk selalu terpaut sama masa lalu pak..
Saya malu pak, terutama sama Tuhan krn Dia sudah byk mengasihi saya meskipun sering tdk sesuai dgn keinginan dan perkiraan saya, tp saya masih aja gini. Semalam saya kayak org gila pak :'( .
Saya ga tau ke depan apa yg Tuhan rencanakan sama saya, sehingga ada wahyu Dewa yg diberi ke saya, jg ada energi hidup yg bapak bilang dr Tuhan, terlebih energi itu mengikuti permintaan saya ke Tuhan. Satu sisi saya senang, tp saya jg takut secara ga sengaja menyalahgunakan itu krn pikiran dan perbuatan saya masih kotor.. Saya ingin merencanakan hidup ke depan tp takut ga sesuai sama rencana Tuhan (jika ada), ingin belajar cari tau apa ada yg sudah direncanakanNya pada saya, saya jg belum bisa tahu.. Maaf ya pak saya sudah sering2 curhat ke bpk, ya mungkin krn saya ga ada teman yg pas buat cerita ini pak.. Hehehe..

Pak, semalam saya ngeluarin sukma negatif yg nyusup lagi di badan dan saya ikat di tiang yg biasa, apa benar ada? Tp kekuatan sedulur saya tetap 400krk, mungkin emang segitu ya pak? Hehehe..
Maaf sudah ganggu waktunya pak.

 A :     Pak saya ada lagi nangkap sukma negatif yg nyusup di badan saya..
Sukma itu saya tangkap dan saya kurung di pagaran energi absolut, posisinya saya taruh di depan dada saya. Apakah ada pak? Kalo ada apa benar pagarannya absolut? Berapa kekuatannya? Itu saya taruh di dpn dada biar dilihat gaib negatif agar mikir2 kalo mau nyusup, kayak caranya bpk. Hehehe..

Pak, apa sebentuk energi yg dr Tuhan itu masih ada pak? Apa bisa energi itu di sugestikan utk menangkap gaib negatif yg masuk ke badan saya? Jadi gini, disugestikan energi itu membentuk seperti tubuh saya dan jika ada gaib negatif yg masuk otomatis energi itu mengunci sendiri gaib negatif tsb di dlm pagaran absolut lalu diletakkan di luar tubuh. Jd seperti perangkap tikus gitu bisa masuk ga bisa keluar. Apa bisa? Tp saya masih bingung arahkan batin ini kemana kalo kontak dgn energi itu.. 
Terima kasih pak

 A :     Selamat malam pak,
td waktu saya ngopi di warkop dekat kampus ada org yg keliatannya gila karna gangguan gaib.. Saya coba utk fokuskan batin dan dada saya sedikit sesak yg saya asumsikan benar ada gaib yg ganggu. Sepertinya bangsa jin dan sukma yg ganggu org itu. Trus saya tangkap dan ikat di kayu dlm foto. Ini jg ada foto org itu. Trus saya coba naruh pagaran energi positif ke bpk itu.. Mohon bpk cek apa benar dan berhasil? Tp org itu masih tetep ngomong sendiri sih pak abis saya coba tangkap gaib negatifnya.. Hehehe.. Mungkin kurang bersih ya, saya rasa jg sedulur papatnya terpisah dan tertawan.. Td coba2 kontak batin sama sedulurnya org itu jg.. Hehehe..
Terima kasih

 A :     Pak, apakah energi hidup dari Tuhan, wahyu dewa dan Roh Kudus yg ada di saya sudah pergi semua ?

 J :     Memangnya ada apa ?

 A :     Sebenarnya saya malu cerita ini pak.
Kemarin saya minta ke Tuhan biar diambil aja semuanya pak. Krn saya belum mampu sungguh2 bertobat dr tabiat buruk saya dan jg perilaku saya yg munafik. Saya merasa tdk layak menerima itu dan ga ingin menajiskan pemberian dr Tuhan itu pak. Tapi setelah itu saya sedih dan nangis setelah ngomong gitu ke Tuhan pak.. Saya takut kalo Tuhan benar2 menutup pintu keselamatanNya buat saya. Saya khilaf pak sudah ngomong itu ke Tuhan. Saya benar2 menyesal.. Saya malu.

 J :     Kalau anda sendiri tidak ingin menjadi baik, dengan berbuat begitu anda sudah menajiskan diri anda
sendiri, padahal Tuhan sudah menebus anda.

 A :     Iya pak.. Saya sadar seperti yg bpk bilang.. Saya menyesal pak..
Apa masih ada kesempatan buat saya pak..?

 A :     Apa Roh KudusNya sudah diambilNya dari saya pak..?
Apa masih ada pengampunan buat saya pak?
Saya benar2 menyesal pak..

 J :     Kelihatannya semuanya masih ada.
Tuhan tahu adanya peperangan di dalam batinmu.
Kedepankan hikmat supaya kamu menjadi sepuh
Kuatkan batin spy kamu menang di dalam peperangan.

 A :     Terima kasih banyak pak sudah membukakannya pada saya..
Terima kasih bpk sudah banyak berkenan membantu dan menasehati saya.. Hati saya campur aduk rasanya :')


_____


 A :     Siang pak, 3 hari ini dada saya sering terasa berat. Sepertinya ada hubungan dgn energi pak,
dan semalam coba satukan batin dan kekuatan dgn energi hidup dr Tuhan ini jg terasa berat. Trus waktu saya tanya kekuatan sedulur papat jwb sampai 2000krk.. Sudah lama nih ga di cek kekuatan sukma saya sama bpk.. Hehehe.. 

 J :     Skrg ini pancer anda 35 krk
sedulur papat 70 krk
Tubuh anda mengandung energi dari luar
kekuatannya jauh di atas tayuhan anda
thanks

 A :     Pantes kok tinggi banget sampek 2000krk lebih, berarti itu kekuatan energi hidup dr Tuhan ya pak?
Saya sudah mengira sih, tp saya pertegas kekuatan asli sedulur papat berapa dijawabnya ya segitu itu tadi.. Lah menyatukan energi itu dgn sukma gimana pak? Kmrn waktu belajar menyerap energinya itu, terbisik nasehat "energi itu bentuknya roh, hidup, dan menyatukannya ga sama dengan nyerap energi biasa, kamu harus menyatu dgn roh itu".
Lah menyatunya gimana ya pak?
Apa menanamkan sugesti ke batin saya dan energi hidup itu bahwa kekuatannya adalah kekuatan saya juga. Apa begitu pak?
Maaf merepotkan.
Terima kasih

 J :     Tersambunglah dengan Tuhan, jangan mengikuti pemikiran manusia.
Kekuatannya jauh di atas 2000.

 A :     Iya pak saya terus belajar utk bisa tersambung dgn Tuhan..
Sebenarnya malah saya berusaha menelisik jawaban2 bpk ke saya, apa saya sudah benar tersambung dgn Tuhan. Krn kalo saya kira2 sendiri juga takutnya salah, kalo saya nanti terlalu antusias ingin tahu sudah bisa tersambung dgn Tuhan takutnya secara ga sadar perbuatan ini adalah perbuatan yg tdk patut, jg msh belajar utk mengerti dan memilah mana yg dr Roh Kudus, sukma sendiri atau gaib2 lain jg masih saya pelajari tp saya masih blm bisa membedakan. kadang2 bingung jg sih pak..
Jgn capek ya pak nasehatin saya.. Semoga Tuhan membalas kebaikan bpk..

Oh iya pak, apa energi hidup ini sudah aktif utk bergerak menangkap gaib negatif yg dtg dan ingin masuk ke badan saya? Saya sudah sugestikan gitu kapan hari lalu, apa berhasil?

 J :     Nantinya anda akan tahu sendiri jawabannya.

 A :     Hehehe.. Iya pak terimakasih..
Pak boleh sharing soal satria piningit gak pak.. Apa beliau ini nanti maju jd presiden di periode ini pak? Apa lewat partai?

Saya ikutin perkembangan politik sekarang hampir semua partai sudah menetepkan bacapres termasuk PDIP dgn Jokowi nya. Lah sedangkan mekanismenya kan parpol yg jadi "kendaraan" utk maju jd presiden. Dulu saya pikir gugatan Efendi Ghozali dkk & si Ketua Umumnya partai PBB (lupa namanya) ke MK itu jadi pembuka utk bisa jalan jd capres lewat jalur independent, tp keputusannya kan periode 2019 berlaku, malah yg gugatannya si ketua PBB ditolak.

Lah nanti ini Satria Piningit lewat mana pak? Apa kuasaNya nanti akan merombak aturan manusia ini? Felling saya kok nanti ini banyak keributan besar yg akan terjadi. Trus jg nih ahok kayaknya bakal "naik" posisi ya pak?
Boleh dong pak sekali2 ngobrol politik ya pak. Hehehe.. Trims

 J :     Kalau anda yakin SP akan muncul, sebaiknya anda perhatikan benar2 ramalan2 yg terkait dgn
kemunculannya.

 A :     Iya pak, saya jg sering baca ramalan2 yg terkait munculnya SP...
Semoga aja sempat bisa bertemu beliau..
Oh iya pak, tulisan2 bpk byk yg dicopas di blog lain ya ternyata, ini barusan googling tentang kebatinan eh byk yg persis sm tulisan bpk, tp jg ada koment org lain yg tahu itu copas dr situs bpk. Fans bpk byk jg ternyata, hehehe.. Trims pak

 J :     Iya memang.
Saya sendiri sering juga membaca situs orang yg isinya macam2, walaupun isinya copas dari tulisan2 orang lain juga, tapi bisa menambah pengetahuan. Lagipula ada untungnya juga bagi kita, karena cukup membaca satu situs saja sudah bisa membaca banyak tulisan orang lain, walaupun itu copasan.

Sebaiknya kalau copas memang mencantumkan sumbernya ya, toh dia tidak akan kehilangan pembaca, dan itu malah bisa menambah kredibilitas pemilik situsnya, karena jelas dia mengaku mencopas, sifatnya kompilasi, bukannya membajak.

Tapi saya sayangkan orang2 yg mengaku berilmu, apalagi yg jualan ilmu, yg mencopas tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumbernya mencopas, seolah2 itu tulisannya sendiri, seolah2 dia piawai menguasai materi tulisannya.

 A :     Hehehe.. Iya sih pak etikanya mencantumkan sumber infonya..
Ya semoga aja ga dibuat nipu org pak, soalnya byk yg saya lihat sepertinya gitu..

 A :     Oh iya pak soal perumpamaan tentang pohon gandum, apa ini :
Yohanes 12, (24) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah. (25) Barangsiapa mencintai nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barangsiapa tidak mencintai nyawanya di dunia ini, ia akan memeliharanya untuk hidup yang kekal. (26) Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.
Kalo benar, hubungannya apa ya pak sama mimpi ibu saya itu ?
Makasih pak

 J :     Nanti bisa anda tanyakan sendiri pertanyaan2 anda langsung kpd Tuhan.
Itulah hakekatnya orang berketuhanan.

_____



 A :     Pak mau tanya lagi hehehe..
Kenapa ya 2 kali ini belajar nurunin energi kok rasanya ga dapat, ga bisa masuk, rasa saya sih bilang ada yg turun tp ga bisa masuk.. Waktu saya tayuh, dgn pertanyaan "apa ada pagaran absolut yg membungkus saya ?" dijawab iya, kalo pertanyaan "apa ada pagaran absolut yg melindungi saya?" dijawab tdk. Saya coba berulang kali jawabnya gitu terus. Bingung pak hehehe..
Apa ini ada pengaruh dari energi hidup ini ya pak? Maaf mengganggu.
Terima kasih

 J :     Kelihatannya anda punya pagaran gaib 30 krk,
Dari 30 krk itu, yang 15 krk adalah pagaran absolut, kekuatan selebihnya adalah memfilter
Kelihatannya itu adalah pagaran buatan anda sendiri, entah disadari ataupun tidak
Mungkin pagarannya belum cukup untuk menjadi pelindung anda, karena selama ini musuh2 anda kekuatannya lebih dari itu.
Jadi kalau anda menurunkan energi, maka energinya harus ditarik masuk menembus pagarannya, atau anda buka celah sedikit supaya energinya bisa masuk kpd anda.

 A :     Lho beneran pak?
Emang sih beberapa hari lalu saya merasa ada yg ngeliatin dan rasanya niatnya jelek. Waktu itu capek habis pulang kerja malam jadinya males buat nurunin energi buat nangkap dan saya biarin tp sosok itu rasanya niatnya mau masuk atau merebut sesuatu dan ganggu terus,
saya cuma bayang2in dlm pikiran aja buat pagaran gaib dan nangkap sosok itu dgn membayangkan tangan saya mengeluarkan tali laser panjang utk mecut dan nangkap dia trus dada saya saya visualkan keluar energi utk perlindungan. Cuma itu aja sih, jg agak menghayal itu eh lah kok ada beneran hehehe.. Aneh jg saya ini hahaha..

Kalo menghapus pagaran absolutnya itu gimana pak? Apa sugestinya dirusak dari luar ato dalam ?
Ato lebih baik dibiarin aja ?
Tapi kalo dibiarin saya bingung sugesti utk narik paksa energi kalo lagi nurunin energi.
Hehehe makasih pak

 J :     Kalo mau dihapus ya tinggal kamu bayangin saja kamu menghapus bola pagarannya.
Dibiarin juga gak apa2.
Kalo nurunin energi tinggal dibuka sedikit saja spy energinya bisa masuk, sesudahnya ditutup lagi.




-----------------









-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
<<  Kembali ke Ngobrol 5 - 6                                                                             Lanjut ke Ngobrol 5 - 8  >>