Ngobrol 5-4

   Kebatinan dan Kegaiban

 
Halaman ini berisi ringkasan dan editan tanya jawab Penulis dengan pembaca. Mudah-mudahan berguna untuk menambah pengetahuan dan hiburan.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
<<  Kembali ke Ngobrol 5 - 3                                                                             Lanjut ke Ngobrol 5 - 5  >>

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



 J :    
Oh iya email anda sebelumnya tentang Hujat kpd Roh Kudus dan Ratu Dari Selatan , ini saya salinkan
salah satu ayatnya :

Injil Matius :
12:22. Kemudian dibawalah kepada Yesus seorang yang kerasukan setan. Orang itu buta dan bisu, lalu Yesus menyembuhkannya, sehingga si bisu itu berkata-kata dan melihat.
12:23 Maka takjublah sekalian orang banyak itu, katanya: "Ia ini agaknya Anak Daud."
12:24 Tetapi ketika orang Farisi mendengarnya, mereka berkata: "Dengan Beelzebul, penghulu setan, Ia mengusir setan."
12:25 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata kepada mereka: "Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa dan setiap kota atau rumah tangga yang terpecah-pecah tidak dapat bertahan.
12:26 Demikianlah juga kalau Iblis mengusir Iblis, iapun terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri; bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan?
12:27 Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa siapakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu.
12:28 Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.
12:29 Atau bagaimanakah orang dapat memasuki rumah seorang yang kuat dan merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu? Sesudah diikatnya barulah dapat ia merampok rumah itu.
12:30 Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.
12:31 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni.
12:32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
12:33 Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.
12:34 Hai kamu keturunan ular beludak, bagaimanakah kamu dapat mengucapkan hal-hal yang baik, sedangkan kamu sendiri jahat? Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati.
12:35 Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.
12:36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.
12:37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

12:38. Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu."
12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
12:41 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus !
12:42 Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo ! "
12:43 "Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya.
12:44 Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapih teratur.
12:45 Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini."


Dari ayat itu bisa diperkirakan kemungkinan saat itu Yesus marah karena dikatakan Ia mengusir setan dengan bantuan raja setan, disamakan dgn dukun dan tukang sihir.

Ia juga menyatakan bahwa semua hujat manusia kepada diriNya akan Ia ampuni, tetapi hujat kepada Roh Kudus (KuasaNya / keillahianNya) tidak akan terampuni sampai kapanpun.

Tentang Ratu dari Selatan, itu adalah sebuah kiasan, tidak sungguh2 Ia sedang bercerita tentang ratu itu yg dulu datang kpd Salomo. Tetapi Ia sedang menceritakan Kebesaran diriNya pada Hari Penghakiman.
Ia menyatakan bahwa orang yg dikiaskanNya sebagai Ratu dari Selatan itu akan menerima kemuliaan menjadi hakim pada Hari Penghakiman, karena orang itu sudah datang mencari hikmat kepada Pribadi yang lebih daripada Yunus dan Salomo !

Diperlukan hikmat yang dari Allah untuk bisa memahami perkataan Yesus, jangan mengedepankan pemikiran2 manusia, apalagi hanya menafsirkan saja apa yang tertulis.

Ayat2 yang terakhir di atas bisa juga menjadi nasehat untuk kita dalam keilmuan gaib, yaitu kalau melakukan pembersihan gaib, sesudahnya seharusnya diberikan pagaran gaib, supaya tidak kembali dimasuki gaib sehingga malah menjadi lebih parah keadaannya.


 A :     Terima kasih atas penjelasan bpk tentang hujat terhadap Roh Kudus dan Ratu dari selatan.
Memang benar pak, dalam mengerti Firman Tuhan dengan benar harus dengan mengedepankan Hikmat yang dari Allah. Namun menurut saya setelah tahu maksud dan artinya nalar kita juga harus bekerja terutama untuk mengerti dan percaya. Jika ada yang salah mohon dibenarkan ya pak.

Maaf ya pak jika saya sering2 tanya bapak tentang arti sebenarnya Firman2 Tuhan. Karena saya belum bisa tanya jawab langsung sama Tuhan. Tersambung dengan Dia saja saya kesulitan. Sekarang saya jadi lebih mengerti tentang Ratu dari selatan. Semoga ada kesempatan untuk bertemu langsung dengan Beliau.

Maaf ya pak saya mengganggu waktu bapak. Abis sehari ga ngobrol sama bpk ga enak rasa hati ini.. Terima kasih byk pak

 A :     Selamat malam pak. Maaf jika masih merepotkan bpk.
Semalam saya mencoba curhat kepada Tuhan dan minta maaf kepada Tuhan. Saya jg minta sedulur papat saya utk menyampaikan maaf kepada bpk jika saya masih mengecewakan bpk sbg pembimbing saya. Saya coba fokus batin dan rasa juga sama bapak. Saya dapat "rasa" bpk bilang sama saya "jika kamu mau dikasihi ya turuti apa yg dinasehatkan padamu". Saya mengakui saya masih rentan berbuat salah pak. Mohon maaf yg sebesar2nya sekali lagi. Dan mohon bapak masih berkenan utk membimbing saya..

Kadang2 saya bingung sendiri pak, kok sulit banget ya saya ini berubah. Lihat rekan2 yg dijalur energi bpk pengen sekali seperti mereka, mungkin bisa saya bilang mereka terberkati.. Pak jika boleh saya tahu pemahaman bapak tentang arti iman, pengharapan dan kasih yg diajarkan murid2 Tuhan Yesus itu seperti apa ya pak? Maaf jika pertanyaan ini bodoh.. Terimakasih banyak pak

 A :     Malam pak tadi baru baca koment di halaman perang baratayudha.
Waduh ternyata selain bpk sibuk pekerjaan dunia juga sibuk perang sampai mengepung rumah bapak ya. Maaf ya pak kalo kemarin2 saya ganggu bpk dgn email2 saya. Maaf merepotkan.. Saya yakin Kuasa Tuhan pasti menyertai bapak. Tuhan Yesus memberkati bapak sekeluarga.

 A :     Selamat malam pak,
pak tadi kan saya kehujanan di jalan. Waktu berteduh di pinggir jalan saya tiba2 ingat saran bapak pada saya yg " lakukan tindakan nyata", ntah kenapa saya ingin coba hentikan hujannya. Awalnya saya coba sambat dgn fokus batin coba utk mengeluarkan energi dari dada. Tapi jujur sih saya ga tau cara kerjanya hehehe, alhasil hujannya tambah deres plus angin kencang.

Lalu saya coba minta kuasa sama Tuhan dan satukan batin sama Tuhan Yesus dan berdoa agar saya direstui utk bisa tahu cara menggunakan "Kuasa Tuhan". Saya juga coba satukan batin dgn Roh Kudus. Lalu saya perintahkan hujan dan angin berhenti dlm nama Tuhan Yesus (dalam hati).
Awalnya hujannya reda tapi masih gerimis deras. Trus saya ingat cerita Tuhan Yesus yg menghardik angin dan hujan. Saya coba yakinkan kepercayaan saya berusaha tidak bimbang. Lalu saya perintahkan hujan berhenti total. Ga sampai 5 menit hujan langsung berhenti total.

Maaf kalo boleh tahu apa seperti itu cara menggunakan "Kuasa Tuhan" pak? Apa hujan berhenti itu efek dari sugesti batin saya benar sampai ke Tuhan sehingga hujan benar berhenti atau karena kebetulan pak? Soalnya waktu saya lanjut jalan, gerimisnya datang lagi. Hehehehe.. Maaf pak bukannya ga yakin sama kuasa Tuhan, cuma saya belum tahu apakah cara saya benar bisa fokus batin ke Tuhan Yesus dan KuasaNya.

Pak mohon pencerahannya tentang maksud dari firman Tuhan yg mengatakan :
(1) Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?"
(2) Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka
(3) lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
(4) Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.
(5) Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku.
Dan ayat (10) Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

Apakah yang dimaksud Tuhan Yesus dalam "diri seorang anak" dalam nasehat ini pak?
Apakah memang benar tiap anak kecil punya malaikat yg selalu memandang Bapa di sorga?

Akhir2 ini saya sering sekali dpt mimpi2 yg bermacam2 pak. Dari banyaknya mimpi2 ini ada 2 mimpi yg sempat buat saya tersentak dlm tidur dan terngiang sampai skrg.

Yg pertama saya pernah mimpi seperti ngobrol2 dgn seorang ayah. Saya lupa apa yg kami bahas saya cuma ingat kalo tdk salah saya memberi masukan ke bapak tsb. Akhir cerita si bapak itu menitipkan seorang anaknya laki2 sama saya.

Yg kedua mungkin agak pribadi pak hehehe. Saya mimpi dengar kabar wanita yg saya suka menikah (hehehehe), tapi saya cari dia di rumahnya atau di tempat dia biasa diam saya tidak melihat apa2. Yang jadi masalah waktu itu saya berdebar2 kencang pak sampai saya tersentak bangun. Apa ya pak artinya mimpi2 itu kalo boleh tahu pak.

Pak, mohon jangan lelah membimbing saya ya pak.. Maaf kalo saya lambat jalannya.. Kalo boleh juga mohon diterawang kekuatan sukma saya sekarang berapa ya pak?
Terimakasih banyak perhatiannya pak.

 J :     Roh pancer anda 80 md
Sedulur papat 160 md

Saya belum tahu pastinya apakah kejadian hujannya berhenti itu dari perbuatan anda ataukah hanya kebetulan saja.
Kalau asalnya dari anda, pada saat anda menghentikan hujan itu seharusnya anda bisa merasakan ada suatu kekuatan yg keluar dari diri anda (kalau anda cukup sensitif).
Jika benar begitu, tinggal dicaritahu kekuatan itu asalnya darimana, apakah dari dalam diri anda ataukah dari "sesuatu" yg lain.

Firman itu ...
Yang dimaksud anak2 kecil itu, sewaktu firman itu diucapkan, adalah anak2 dari bangsa Israel, bukan anak2 umum dari bangsa lain.
Anak2 itu adalah juga Anak-Anak Allah sesuai keagamaan Israel saat itu yang Allah menaungi bangsa Israel.

Anak2 memang adalah yang terkecil di antara kita, sering disepelekan. Tapi tidak di mata Tuhan.
Tuhan suka dengan keceriaan dan ketulusan seperti anak2 kecil.
Ketersambungan Roh anak2 itu dengan Tuhan menyukakan hati Tuhan.
Istilah malaikat itu hanya kiasan saja dari ketersambungan roh mereka dengan Tuhan.

Firman itu juga menjadi nasehat untuk kita : jangan menyepelekan / menyakiti / menyalahi Anak-Anak Allah yang lain, walaupun tampaknya lebih rendah daripada kita.
Malah ditekankan : Apapun yang kamu lakukan kepada saudaramu (sesama Anak Allah), itu kamu lakukan juga kepada Allah.

Perbuatan kita itu bisa menjadikan kita dicoret dari daftar Anak-Anak Allah. Roh Kudus yang sudah ada pada kita juga akan diambilNya kembali. Kita dianggap tidak layak menjadi Anak Allah, dianggap tidak layak mendapatkan naungan Tuhan, apalagi kalau Anak-Anak Allah yang kita sepelekan itu atau yang kita salahi itu ternyata adalah orang yang dimuliakan Tuhan.

Arti mimpi anda yg bertemu dgn seorang ayah, saya belum tahu pasti artinya.
Yg mimpi kedua, mungkin orang yg dekat di hati anda di hatinya sudah mantap ada orang lain.

thanks

 A :     Soal hujan itu mungkin kebetulan aja kali ya pak. Soalnya saya ga merasa apa2 cuma dada sedikit
sesak aja. Lagian saya juga ga tahu cara menggunakan energi. Cuma belajar sugesti batin sama Kuasa Tuhan dan belajar mengimani penghayatan bersama Tuhan . Coba meniru Tuhan Yesus yg menghardik hujan di atas perahu itu. Dan coba yakin dan tdk bimbang. Mgkn saya masih bimbang. Hehehe

Waduh.... Roh kudus yg ada pada kita diambil pak??
Waduh sampai segitu ya pak akibatnya.. Harus hati2 ya pak jadinya.

Tapi pak ngomong2 kalo saya tangkap dari jawaban2 bapak ternyata kebanyakan firman Tuhan lebih ditujukan untuk bangsa israel ya pak..?  Trus untuk bangsa2 lain seharusnya bagaimana pak dalam pemahaman menjalankan firman2Nya? 

Maksud saya kehendak Tuhan yang bagaimana sebenarnya yang ditujukan untuk bangsa2 selain israel. Karena juga di kalangan kristen sendiri hal hukum2 Allah masih banyak perdebatan. Ada kalangan yang mengatakan hukum taurat tidak perlu dalam kristen, ada kalangan yang bilang masih berlaku dengan dalil Tuhan Yesus datang bukan untuk meniadakan hukum taurat tapi menggenapinya, sebagian lagi ada yang hanya mengakui 10 hukum Allah saja dari bagian hukum Taurat.

Sekarang dari pemahaman saya menangkap jawaban2 bapak ternyata tidak semua firman Tuhan Yesus ditujukan kepada semua orang. Maaf kalo saya yang salah tangkap pak.
Jika berkenan mohon bimbingannya..

Soal mimpi saya itu... Hehehehe... Sebenarnya wanita itu ya yg dulu saya cerita itu pak. Sampai skrg masih kepikiran dia terus. Dulu2 juga sering sih mimpi dia nikah tapi kayak nikahnya ga jelas gitu iya atau ga. Ya sama kayak mimpi kemarin itu..
Kalo saya tayuh tanya pendapat sedulur papat dan pernah sekali tanya mbah di trowulan dulu, kata mereka di masa depan saya menikahnya sama dia malah katanya tahun depan hahahaha... Emang sih pak sering ada peringatan2 dari sedulur papat tentang dia ya semacam mimpi2 kayak kemarin itu dan memang di dunia nyata dia sedang dekat sama org lain.. Tapi ga tau kenapa selalu ada aja halangannya yg buat dia sama org lain ga langgeng.. Saya juga gitu udah bolak balik coba buka hati sama yg lain tapi ga pernah bisa2. Udah coba ikhlasin dan ikutin maunya ortu juga ga nemu. Rasa2nya semacam ada "sesuatu" yg halangin... Menurut bapak apa ya pak yg buat saya ga bisa lepas dari dia?

Oh iya, ngomong2 kenapa ya pak sedulur papat saya kalo ditanya kekuatannya berapa ga pernah bener. Selalu beda sama jawaban bpk. Tadi malam saya tayuh kata mereka sampai 300md lah ternyata masih tetap kayak email bapak beberapa hari lalu. Hehehe.. Saya sering menurunkan energi dan mengsugesti sedulur papat utk menyerap energi tapi kok ga naik sama sekali ya pak? Apa ada yg nyolong energi lagi?

Pak boleh tau tdk apakah di rumah saya ada ketambahan gaib2 baru? Soalnya kalo pas tidur antara sadar dan tidak saya ngerasa "rame". Atau cuma ilusi saya?

Maaf ya pak saya banyak tanya dan curhat yg ga penting.. Mohon bantuan dan masukannya.. Karena bpk lebih tahu maksud dan kehendak Tuhan dan saya masih belajar tersambung dgn Tuhan.. Mungkin ada kehendakNya yg harus saya jalani... Terima kasih pak

 J :    
Hukum Taurat dulu diturunkan hanya untuk bangsa Israel saja, menjadi hukum dan perjanjian Allah dengan bangsa Israel.
Kalau kita berkeras dengan hukum Taurat, maka perbuatan kita itu tidak mendapat nilai apa-apa di mata Tuhan, karena kita bukan orang Israel, hukum itu tidak berlaku untuk kita, hanya untuk bangsa Israel saja.

Yesus datang bukan untuk meniadakan hukum Taurat, tetapi untuk memperbaruinya, menjadi hukum dan perjanjian yang baru antara Allah dengan bangsa Israel. Dengan demikian hukum Taurat itu masih berlaku, tetapi untuk hukum yg Yesus sudah menyatakan firman tersendiri, maka firman Yesus itulah yg berlaku, karena itu adalah pembaruan dari hukum Allah.

Yesus banyak menyatakan firman.
Yang sifatnya khusus untuk orang Israel, maka itu berlaku untuk orang Israel.
Yang sifatnya umum untuk semua orang, maka itu berlaku untuk semua orang, termasuk yang bukan bangsa Israel.

Menurut sejarahnya, dulu Allah hanya menjadi Tuhan bagi bangsa Israel, tidak untuk semua orang sesuai perjanjiannya dulu dengan Abraham, Allah hanya menaungi bangsa Israel saja.
Kita menjadi bangsa yang dinaungi Tuhan karena Yesus.
Karena itu untuk kita bisa sampai kepada Tuhan harus melalui Yesus, bukan melalui hukum Taurat dan agama Yahudi.


 A :     Terima kasih sebelumnya sudah berkenan menjelaskan tentang hukum taurat ini.
Sebenarnya dalam hati kecil saya dari dulu ingin meluruskan hal ini kepada rekan2 seiman, kalangan gereja semua golongan yang percaya Yesus. Saya sependapat dengan bapak bahwa hukum taurat hanya untuk bangsa israel. Dan bangsa lain tidak perlu menepati hukum taurat, apalagi yang hanya sepenggal2.

Kiranya jika bapak berkenan untuk menerangkan pada saya sebenarnya firman2 atau perintah mana saja yang Tuhan Yesus tujukan untuk bangsa2 lain yang ingin masuk KerajaanNya. Apakah persis seperti isi surat2 rasul paulus dan murid2Nya pak? Apakah 10 titah Allah juga tidak berlaku untuk umat bangsa lain?

Mohon bapak berkenan menjelaskannya. Ini tidak pernah saya dapatkan dari gereja maupun orang lain. Mungkin bapak berkenan mendoakan saya agar pengertian dan Hikmat Tuhan bisa tumbuh dalam diri saya sehingga saya bisa memuliakan Tuhan dengan benar sesuai kehendakNya. Saya percaya dengan pemberitaan bapak.. Mohon berkat dari bapak agar saya mudah memahami. Dan diberi karunia untuk bisa bersaksi dalam dunia ini.
Terima kasih ya pak

 A :    
Maaf ada yg kurang yg mau saya tanyakan lagi ke bapak..
Berarti selama ini dalam kotbah kebaktian gereja2 dan tuntunan2 yang mengambil nas perjanjian lama itu semua sia2 ya pak? Karena perjanjian lama kan untuk bangsa israel saja.

Sekarang saya semakin mengerti bahwa jika orang ingin mengenal Tuhan memang harus datang kepada Tuhan Yesus karena dialah Pintu Keselamatan yang dari Allah dan untuk mengerti benar kehendak2 Yesus memang harus membentuk kondisi hubungan yang nyata dengan Roh Kudus dan Tuhan Yesus. Saya baru mengerti kenapa bapak selalu tekankan untuk membentuk hubungan pribadi dengan Tuhan agar mengenal Dia dengan benar. Jika pengertian saya ini salah mohon bapak berkenan meluruskan..

Oh iya pak jika sedang tdk sibuk. Mohon diterawang apakah ada sosok2 gaib baru atau yg negatif di rumah saya terutama yg menggangu ibu saya? Soalnya ibu saya sering seperti merintih jika tidur. 
Mohon maaf selalu merepotkan. Terima kasih banyak pak

 J :    
Soal mimpi anda yg kedua, biasanya artinya adalah orang yg dekat di hati anda di hatinya sudah mantap ada orang lain. Soal apakah kemudian mereka jadi menikah atau tidak, itu urusan lain.

Kalau kita pernah dekat, sehati, memang susah melupakannya begitu saja. Apalagi kalau sudah terlanjur merasa saling memiliki. Tapi kalau sudah ada gantinya biasanya akan lebih mudah melupakannya.
Tapi sebenarnya itu cuma masalah kesadaran saja, cuma pikiran saja. Kalau bisa mengsugesti diri, dengan membalik rasa dan pikiran kita, dalam sekejap kita bisa melupakannya, walaupun tidak bisa total, masih akan ingat kadang2.

 J :    
Tentang hukum Taurat, ada yg ingin saya luruskan.
Yang anda katakan : "Saya sependapat dengan bapak bahwa hukum taurat hanya untuk bangsa israel. Dan bangsa lain tidak perlu menepati hukum taurat, apalagi yang hanya sepenggal2 ".
Pandangan saya tidak begitu.

Pada awalnya Hukum Taurat diturunkan hanya untuk bangsa Israel saja, menjadi hukum dan perjanjian Allah dengan bangsa Israel. Menurut sejarahnya, dulu Allah hanya menjadi Tuhan untuk bangsa Israel, tidak untuk semua orang sesuai perjanjiannya dulu dengan Abraham, Allah hanya menaungi bangsa Israel saja.

Yesus datang bukan untuk meniadakan hukum Taurat, tetapi untuk menggenapinya, menjadi berkat bagi semua bangsa di dunia, menggenapi apa yang dulu sudah difirmankan Tuhan kepada Abraham : " Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firmanKu".

Tetapi Yesus juga datang dengan membawa Kuasa untuk memperbaruinya, bukan untuk meniadakan, tetapi untuk memperbaruinya, perkataan dan firmanNya menjadi hukum dan perjanjian yang baru antara Allah dengan bangsa Israel, juga menjadi hukum dan perjanjian yang baru antara Allah dengan semua manusia.

Dengan demikian hukum Taurat itu masih berlaku, tidak lagi hanya untuk bangsa Israel saja, tetapi untuk semua manusia, tetapi untuk hukum yang Yesus sudah menyatakan firman tersendiri, maka firman Yesus itulah yang berlaku, karena itu adalah pembaruan dari hukum Allah.

Saya tidak bisa menyebutkan satu per satu hukum mana saja yang sudah diperbarui, harus dilihat satu per satu hukumnya mana yang masih berlaku dan mana yang sudah tidak berlaku lagi, tapi secara umum hukum yang diperbarui adalah semua hukum aturan yang sifatnya "kaku" dan tidak "universal", yang saat itu hanya cocok untuk diterapkan mengikat bangsa Israel supaya tidak berpaling kepada ilah yang lain, karena pada jaman itu tumbuh subur budaya penyembahan berhala. Selebihnya tinggal kita perhatikan firman2 Yesus, karena firman2 itulah yang akan terus berlaku, menjadi aturan yang mengikat hubungan manusia dengan Tuhan, dan mengikat manusia pada Hari Penghakiman.

Tetapi perkataan dan firman Allah, Yesus, para Nabi dan para Rasul, tidak bisa semuanya begitu saja diartikan secara harfiah sesuai apa yang tertulis, karena masing2 ada konteksnya sendiri2, ada latar belakang kejadiannya sendiri2 yang menyebabkan perkataan dan firman itu dikeluarkan. Jadi masing2 perkataan dan firman mungkin hanya cocok untuk diterapkan pada situasi tertentu saja yg sesuai dengan latar belakang kejadiannya, tidak bisa diberlakukan untuk semua keadaan dalam sehari-harinya manusia. Diperlukan hikmat dan kebijaksanaan dalam mengartikan dan menerapkan apa anyg sudah dikatakan dan difirmankan.

Yesus banyak menyatakan firman.
Karena saat itu Yesus berada di Israel dan berinteraksi dengan bangsa Israel, maka perkataanNya yang sifatnya khusus untuk orang Israel, maka itu berlaku untuk orang Israel saja, tetapi yang sifatnya umum untuk semua orang, maka itu berlaku untuk semua orang, termasuk yang bukan bangsa Israel.

Jadi menurut sejarahnya, dulu Allah hanya menjadi Tuhan bagi bangsa Israel, tidak untuk semua orang
sesuai perjanjiannya dulu dgn Abraham, Allah hanya menaungi bangsa Israel saja.

Walaupun hukum Taurat masih berlaku, yang tidak berlaku hanya yang sudah diperbarui saja, tetapi kalau kita berkeras dengan hukum Taurat seperti aslinya yang dulu untuk bangsa Israel, maka perbuatan kita itu tidak mendapat nilai apa-apa di mata Tuhan, karena kita bukan orang Israel, hukum itu tidak berlaku untuk kita, hanya untuk bangsa Israel yang dulu saja sebelum Yesus datang. Kita menjadi bangsa yang dinaungi Tuhan karena Yesus. Ia menjadi berkat bagi banyak orang. Karena itu untuk kita bisa sampai kepada Tuhan harus melalui Yesus, bukan melalui hukum Taurat dan agama Yahudi.

Kalau anda membaca tulisan saya di layar monitor yang lebar anda akan lebih bisa menelaah tulisan saya secara menyeluruh, tapi kalau membacanya lewat layar ponsel yang sempit, anda akan sulit melihat keseluruhannya, akan mudah menjadi salah pengertian.


 A :     Sebelumnya saya sgt berterima kasih atas perkenan bpk masih mau membantu saya utk mengerti dan
mohon maaf jika saya masih bodoh..

Oh jadi, lewat media mana saya membaca tulisan bapak itu pengaruh pada pemahaman yang bapak sampaikan ya.. Iya pak memang selama ini saya cuma lewat hp dalam membaca blog dan email2 bapak. Karena laptop saya udah lama rusak. Dan email saya ini juga lupa passwordnya jadi kalo di warnet / laptop saya tidak bisa buka.. Bisanya cuma lewat hp karena otomatis bisa masuk ke email.. Jadi lebih baiknya mungkin saya buat email baru ya pak.. Iya deh besok saya buat email baru lagi ya pak.. Maaf merepotkan.

Saya sudah mengerti maksud bapak untuk hukum taurat yang bapak ulas sebelumnya.
Jadi hukum taurat benar masih berlaku dan sekarang juga untuk semua bangsa namun ada yang tidak berlaku lagi karena sudah diperbarui Tuhan Yesus, dan yang khusus diucapkan kepada umat israel itu mengikat hanya umat israel saja dan firman yang diucapkan untuk semua orang berarti itu untuk semua bangsa. Jika saya masih salah juga mohon dibenahi ya pak..

Kalo perintah mengkuduskan hari sabat itu gimana pak? Apakah termasuk yang sudah diperbarui Tuhan Yesus karena Beliau juga waktu itu "bekerja" pada hari sabat. Menurut sejarah juga hari minggu sebagai hari besar umat kristen ditentukan oleh umat kristen awal2.

Pak tadi di tempat kerja ada teman kerja yg tiba2 nyeletuk ke saya soal gaib. Dia bilang kalo di beberapa bagian tempat kerja ada penunggu gaibnya. Saya tiba2 merasa teman itu ada gaib di kepalanya. Waktu itu saya menjauh coba utk pakai "rasa" utk belajar aja deteksi lewat batin, saya coba fokuskan batin ke arah teman saya lalu cari tau sosoknya seperti apa dan sejak kapan. Dalam batin saya sempat bilang dia begitu sejak dia rajin ibadah dan sosoknya seperti dulu yg masuk ke badan saya.
Lalu dia datang bilang dia bisa lihat gitu sejak 4 bln lalu. Perkiraan saya benar (hehehe), saya coba kasih tau apa yg bpk ajarkan sebaiknya kalo berdoa atau ibadah atau berdoa fokus batin terus mengarah sama sosok Tuhan jangan ngambang.

Lucunya waktu saya tanya kalo di saya apa ada yg ikut, malah kayak takut gitu teman saya. Emang ada apa di saya pak? Hehehe. Sebaiknya gimana pak kasih tahu ke rekan2 yg ada masalah demikian agar mereka juga bisa berhati2. Karena ternyata skrg saya lumayan bisa ngerasa bahwa tiap orang hampir ada yg "ikut" sengaja atau tidak. Dan tiap dengar cerita orang sakit sering ngerasa itu bukan sakit biasa. Mungkin bapak ada saran? Kayaknya harus kudu lebih peka lagi saya agar lebih jelas "rasa" itu ilusi atau tidak ya pak. Terima kasih banyak atas waktu dan perkenan bpk.

 J :    
Lebih baik memang bikin email baru. Jangan sampai email yg ini juga gak bisa dibuka kemudian anda kebingungan.
Tapi kalau bisa dibuka, anda bisa setting di bagian password, diganti passwordnya.
Kalau bikin baru pakai gmail saja karena kompatible dgn banyak software dan hardware.
Yahoo suka bermasalah. Juga blackberry.
Malah ada email yahoo beberapa pembaca yg setiap saya kirim jawaban selalu muncul pernyataan email tsb sudah tidak berlaku. Padahal pembaca itu masih bisa kirim email ke saya. Saya tidak tahu apakah email jawaban dari saya dapat sampai kepadanya.

Kira2 pengertian anda tentang Taurat sudah benar.
Mengenai hari sabat, itu juga sudah diperbarui.
Manusia dibebaskan untuk memilih hari dan waktu beribadah.
Yg penting orangnya menghormati peribadatan dan menghormati (memperingati) hari-hari besar agama, terutama hari kelahiran, penyaliban / wafat, kebangkitan dan hari kenaikan Yesus, jangan mengabaikannya, karena itu akan menjadi bentuk penghormatan dan pernyataan iman kita kepadaNya.

Kelihatannya insting anda sudah lebih baik. Mungkin itu adalah pemberitahuan dari sedulur papat atau mungkin dari gaib lain. Saya belum tahu. Kalau ada pemberitahuan seperti itu tinggal ditindaklanjuti saja kebenarannya, dijadikan sbg masukan, jangan dimakan mentah2, jangan dianggap mutlak benar.

Tapi sebaiknya hati2 kalau mengutarakan sesuatu yg gaib kpd orang lain, jangan sampai anda dianggap mengada2, atau orangnya jadi ketakutan.

 J :     Tadi saya deteksi di dalam rumah anda ada sesosok sukma bapak2 yg sifatnya negatif, sudah saya
singkirkan. Mudah2an tidak lagi ada yg mengganggu tayuhan anda dan tidur ibu anda.

 A :     Wah pak.. Kok banyak sukma2 jahat ya di rumah saya.. Terima kasih sudah dibantu usir ya pak.
Pak mau tanya kemarin dpt felling tentang benda gaib. Saya tayuh sedulur 4 kata mereka ada benda gaib dgn bentuk tombak di rumah saya. Tapi bukan tombak prajurit dewa. Saya coba variasikan pertanyaan2nya dan indikasinya memang benar ada tombak gaib. Apa benar ada benda gaib di rumah saya? Jika ada apa itu yg buat datang sosok2 sukma pak?

Oh iya, tadi teman kerja saya yg kemaren saya ceritakan bilang jika saya ada yg memomong nenek2 tua, kulit putih, rambut putih, tapi giginya katanya agak hancur. Apakah itu nenek saya yg dulu bapak bilang org eropa itu pak? Felling saya bilang tidak sih tapi kok saya tanya apa kayak org eropa dia bilang iya.. Maaf mengganggu . Mohon infonya.

Oh iya tentang teman saya itu saya anjurin dia mandi jafaron karena dia bilang sejak bisa "lihat" badannya sering pegal berat sampai kadang susah gerak. Dan pernah merasa rohnya keluar.
Apa kejadian2 seperti itu indikasi dari kesusupan jin gol hitam pak? 
Maaf dan terima kasih banyak sebelumnya

 J :     Kelihatannya memang ada benda gaib di rumah anda, posisinya di atas rumah, tombak dgn gagang
pendek. Keseluruhannya panjangnya sekitar 3/4 meter. Sepertinya itu pemberian dari gaib yg biasa berhubungan dgn anda ketika menayuh.

Mengenai teman anda itu, kalau memang ada yg bersemayam di badannya / kepalanya, terutama yg jenis sukma manusia, memang sebaiknya dibuang, karena keberadaannya cenderung menyesatkan. Karena penyesatan itu seringkali sesuatu yg baik di matanya menjadi jelek (fitnah).
Mungkin juga sukma itu akan banyak memberikan tipuan berupa ilusi dan halusinasi.


 A :     Selamat sore pak, ini saya sudah buat email baru..
Pak sekalian mau minta pengajaran lagi boleh ya..

Tiap malam kalo berdoa isi doa saya intinya begini, mohon agar saya bisa layak di hadapanNya, mohon Tuhan membantu / bersedia agar saya bisa tersambung dengan Tuhan, mohon diberi pengertian tentang hal2 gaib karena Tuhan juga gaib, mohon agar diberi pengertian dan hikmat yang dari Tuhan agar bisa mengenali sesuatu yang dari Tuhan, mohon kiranya Tuhan berkenan menunjukkan kemulianNya pada saya orang yang berdosa ini. Apa doa2 saya seperti itu salah ya pak?

Kadang saya bingung berdoa untuk memuliakan Tuhan itu gimana. Selain berterima kasih atas segala berkat dan waktu yang masih diberikan, rasa2nya yg lainnya tentang keinginan2 saya semua kayak itu tadi. Mohon kiranya bapak berkenan mengajari saya sikap, cara dan isi doa yg benar di hadapan Tuhan, yg semata2 tidak hanya untuk pamrih diri sendiri saya saja. Saya takut kalo Tuhan melihat saya meninggikan diri / mementingkan diri saya sendiri. Saya masih belajar untuk tidak mementingkan diri sendiri dan tidak meninggikan diri di hadapan Tuhan pak. Jika berdoa mohon ingin melihat kemuliaanNya / bertemu dgn Tuhan boleh tidak ya pak ?

maaf jika kebodohan saya masih banyak.. mohon kesabaran dan berkat dari bapak.
Terima kasih banyak ya pak...


 J :     Anda tidak perlu terlalu banyak meminta.
Kalau anda bisa menyelaraskan kebatinan ketuhanan anda dengan Tuhan, semua kegaiban duniawi akan menjadi remeh di mata anda, tidak sulit, dan bukan sesuatu yg istimewa. Percaya saja bahwa itu sudah diberikan kepada anda, hanya saja itu belum anda gali seluruhnya.

Yang anda perlu lakukan hanyalah tindakan nyata untuk membuka diri pada hikmat Allah dan membuka diri pada pengertian kegaiban (tindakan nyata untuk membuka diri / memahami / mewujudkan apa yang menjadi interest anda itu. Jangan mengedepankan kekerasan sikap berpikir manusiawi, jangan sampai tanpa sadar itu menjadi apa yg disebut sebagai kedegilan hati).

Yang pertama harus anda lakukan adalah membuka pengertian dan menyelaraskan diri dan kebatinan anda dengan kegaiban Tuhan. Laku dalam tulisan saya yg berjudul Kebatinan Dalam Keagamaan cukup baik untuk maksud itu.

Sesudahnya, tentang kegaiban, anda harus secara nyata membuka diri dan mempelajari kegaiban, jangan mengharapkan terjadi dengan sendirinya anda mampu menguasai kegaiban. Nantinya akan ada sesuatu yang mempermudah jalan anda ke arah itu. Begitu juga dengan hal-hal yang lain.


 A :     terima kasih pencerahannya pak.. kelihatannya hati saya lebih degil drpd yg saya kira ya pak.
Saya sudah rutin mengikuti laku Kebatinan Dalam Keagamaan, saya coba lagi ya pak ngurangi kedegilan hati saya.

Jujur sih pak, saya masih bingung tentang " jangan mengedepankan kekerasan berpikir manusiawi " utk membuka diri pada Hikmat Allah. Apa itu maksudnya segala keinginan2 pikiran, pandangan, sifat2, kelemahan dan kelogikaan yg bersifat duniawi harus dipinggirkan / diabaikan utk memberi ruang pada pengertian dan hikmat Allah ? atau bagaimana pak?
Tindakan nyata itu maksudnya berani melakukan apa yg masih saya ragukan ya pak ?
Baik pak saya tingkatkan lagi kualitas laku saya, mungkin krn kualitas laku yg saya kurang maksimal. kadang terpengaruh rasa bosan juga pak, hehehe..

Boleh tahu kekuatan sukma saya apakah ada peningkatan pak ? semalam saya menurunkan energi terasa kepala meremang agak kencang. Apakah ada yg negatif pak ? Kalo misalnya menurunkan energi di depan kipas angin gitu ada efek jeleknya tdk pak ?

oh iya pak, kemarin iseng2 kontak jin2 perempuan di rumah yg bpk bilang, saya minta tlg duduk di depan pgn belajar mendeteksi energi pake tangan. saya tayuh sedulur 4 katanya udah ngumpul di depan, waktu saya coba julurkan tangan saya kayaknya ada "hawa" ditelapak tangan tp ntah itu krn suhu atau angin (posisi di teras rumah ). mungkin bpk bisa deteksi apa benar kemarin mereka kumpul di hadapan saya? kalo iya berarti sugesti saya sampai dong.. hehehe

Soal tombak gaibnya jd bener ya pak ada.. selama ini sih saya kalo menayuh hubungannya sama mbah penguasa situs trowulan yg ngakunya bangsa Dewa, mbah yg penguasa di situs pendopo agung sama mbahurekso rumah saya tp udah agak lama ga nayuh sama mbahurekso rumah.. mungkin bpk tahu dari mana tombak itu? mungkin saya perlu sampaikan terima kasih pada beliau..\

terima kasih banyak bimbingan dan nasehatnya ya pak.. jgn bosan2 ngajari saya ya pak.. mudah2an bodoh saya cepat ilangnya.. terima kasih...



 A :     Selamat pagi, pak semalam jam 10-an saya iseng2 nayuh.
Sebenarnya pertanyaan dr tayuhan ini sudah bolak balik saya tanya ke sedulur papat yg jawabannya A. Tapi semalam saya nayuh sepertinya ada yg "menyetir" jawabannya jd B. Dalam nayuh itu jg beberapa kali bandulnya tdk bergerak kadang bergerak tp ngambang ngawur maju mundur.
Saya coba beberapa kali juga seperti itu, biasanya gak pernah gitu pak,
Saya tanya apa ada yg mempengaruhi dijawab "iya" saya tanya siapa2 sambil sebut 1 per 1 sosok jawabnya ngambang semua.

Jam 2-an saya coba nayuh lagi jawaban pertanyaan td balik A, tp itupun kyk ngambang. Saya coba tanya mbahurekso wilayah rumah saya katanya ada gaib negatif. Waktu nayuh itu sprti ada energi saya yg keluar ke atas berkali2, saya coba diam ikutin arahnya sepertinya mau "menyambut" sesuatu. Trus tiba2 ada titik di atas kepala dekat ubun2 yg bergetar kencang dan meremang belum pernah seperti itu. Felling saya ga enak, Saya sugestikan sedulur 4 agar melawan gaib negatif yg mgkn ada. Saya fokus batin juga langsung ke Tuhan utk mnta tolong sempat dikit kontak mbah pendopo agung, tp saya coba kontak batin dgn "Sosok" Allah Tritunggal. Ga ada 10 detik getaran di kepala ilang dan energi tubuh saya jg stabil lagi. itu saya lakukan sambil diam hening pak sambil belajar menggerakkan dan fokus batin.

Mohon dicek apakah ada yg negatif tadi malam pak?
Saya rasa ada sukma jahat lagi.
Mohon dicek jg mgkn saya ada yg salah dlm proses td.
Terima kasih banyak

 J :     Kelihatannya memang ada sukma jahat yg datang.
Sebenarnya saya sudah menaruh sebuah bola energi di atas rumah anda, tapi bola energi itu hanya akan aktif kalau anda aktif berkebatinan ketuhanan. Mungkin anda bisa belajar mendeteksi keberadaannya.
thanks

 A :     Pak, saya ingin sekali puasa utk mendekat sama Tuhan dan belajar menekan hawa nafsu jg dan
menumbuhkan pengertian dan hikmat Tuhan. Tapi saya belum pernah puasa sama sekali. Sama berencana ingin puasa cuma agak galau hehehe..
Masalahnya gini, Tuhan Yesus kan nyuruh kalo puasa jgn ada org lain yg tau, nah kalo tiba2 saya puasa tanpa bilang2 ibu saya ntar saya dilihat ga makan ga minum ga nonton tv diam terus di kamar pasti ibu saya curiga dan ngomel krn udah masak ga dimakan....
Trus gimana itu pak? Kalo saya jawab lagi puasa berarti udah ga "sembunyi" lagi..
Kalo saya bohong lha salah juga.. Hehehe...
Saya punya pikiran berangkat ke gunung atau nyepi di situs trowulan utk puasa. Kalo di gunung kan enak ga ada org jadi bisa sambil byk2 meditasi lah kalo di trowulan masih byk org..
Pengennya ke sendang sono tp pastinya butuh wktu byk. Sedangkan kuliah dan kerja saya jg makan waktu. Gimana dong pak? Apa pemahaman saya yg salah menangkap aturan Yesus soal puasa itu?? Mohon arahannya..

 J :     Puasa gak wajib, yg penting niat anda untuk berbakti kpd Tuhan, jangan suam2 kuku.


 A :     Selamat malam pak.. Beberapa hari lalu saya baca obrolan kita di tulisan kebatinan 5.
Saya perhatikan betul2 jawaban2 bapak, saya coba tidak mengedepankan sikap pikiran manusiawi saya.
Saya renung2kan sambil minta petunjuk sama Tuhan hasil renungan saya begini pak .... 

1. Soal mimpi "Sosok" Penguasa yg menutup pintu dan memberi petunjuk "madura" artinya, Tuhan sudah cukup 3 kali "menjenguk" saya lewat mimpi dan memberi janji tentang Kuasa Allah. Selebihnya tinggal saya sendiri mau jalan menuju "tempat" yang ditunjuk Tuhan atau tidak. Sudah cukup karunia itu diberi pada saya sampai pada saya jika sampai "madura" itu barulah Tuhan menyatakan KemulianNya. Semua tergantung saya mau jalan / tidak dan sesungguhnya Tuhan sudah menyediakan jalanNya untuk saya. Seperti nasehat bapak saya harus melakukan tindakan nyata artinya saya harus sungguh2 yakin dan percaya untuk lakukan perintah2 dan kehendakNya dan membuang semua sifat2 pribadi dan pemikiran2 duniawi yang membatasi saya untuk berani berbuat (sulit saya menulisnya semoga bapak memahaminya)

2. Tentang mimpi bulan purnama yang melihat saya dan ada selubung halus artinya, Tuhan sudah menyediakan Terang dan berkatNya untuk menerangi saya, hanya saja ada sifat2 jahat, kefanatikan pikiran, kedegilan dan kebebalan hati saya menjadi "selubung" yg membatasi pengertian Terang dan Hikmat yg sudah disediakan. 

3. Dari jawaban2 dan nasehat2 bapak saya dalami ternyata banyak hal yg lebih "dalam" nasehatnya yg bapak tujukan ke saya, baik itu tentang kedegilan, kebebalan, dan kebodohan saya yg sulit untuk mau mengerti. Juga ada nasehat dan petunjuk "besar" yang bapak siratkan di jawaban bapak. Mungkin terlalu berlebihan ungkapan saya tapi kira2 seperti itu yg saya pahami. Saya rasa2 bapak juga "memperhatikan" tingkah laku saya dari sana, dan bapak tahu ada "tugas" yang menanti saya. maaf jika ke PD-an ya pak hehehe..

4. Dalam beberapa jawaban kok ada beberapa yg tidak masuk di email saya tapi ada di halaman obrolan ya pak?  Tapi malah disitu "petunjuk" utamanya. Hehehe..

5. Sikap berpikir saya memang salah, kemaren2 saya artikan yang namanya mukzijat itu semuanya bisa "cling.." langsung ada.
Memang Kuasa Tuhan tidak membatasi apapun namun kesungguhan hati, keyakinan dan kepercayaan untuk mau melakukan sesuatu dengan mantap menunjukkan keteguhan iman ya pak? Saya tidak bisa menunggu tiba2 saya cliing langsung jadi tanpa tahu cara memahami dan bertindak.

Jujur saya malu banget sama bapak, sudah segitu banyak yg bapak berikan tapi saya masih berkutat pada kebodohan kedegilan hati saya. Saya sudah bolak balik baca dan ikutin tulisan kebatinan dalam ketuhanan. Tapi saya masih aja belum bisa mengerti benar. Akan saya perdalam lagi belajarnya pak.. 
Oh iya belajar mendeteksi bola energi itu gimana pak? 
Mohon bimbingan dan berkatnya selalu agar saya bisa berubah dan menyediakan tanah yg subur bagi benih Tuhan ya pak.. Jika saya terlalu sering2 tanya2 dan mengganggu bapak saya mohon maaf...
Terima kasih..

 J :    
1. Tuhan sudah menyambangi anda. Tapi kalau anda tetap berkeras dengan pendapat dan pemikiran anda sendiri, anda tidak akan bisa melewati pintu yang sebelumnya sudah dibukakan untuk anda.
Selama pintu kemurahan itu dibukakan oleh Tuhan, jangan anda sendiri menutupnya. Jangan sampai pintu itu kemudian benar2 ditutup untuk anda.

2. Mimpi itu adalah tentang orang yang sudah ditawarkan "Pencerahan" tentang Tuhan. Tapi sepanjang jalan menuju kesana akan ada banyak gangguan dan halangan dari roh-roh jahat dan penyesat.

Sepanjang sejarah manusia dari dulu sampai sekarang orang2 yg sedang menuju Tuhan, atau yg sedang mencari Tuhan, orang2 yg menjalani laku pencarian ketuhanan, akan banyak menemui halangan dari roh2 jahat dan penyesat.
Begitu juga dengan orang2 yang tekun menjalani keagamaannya, atau orang2 yang agamis. Mereka juga akan didatangi oleh roh2 penyesat.
Hanya saja tidak semua orang bisa menyadari adanya roh2 jahat dan penyesat yang bersamanya karena tidak punya spiritualitas yang cukup untuk itu.

Intinya, dalam rangka berketuhanan, apapun agamanya dan jalan ketuhanannya, selain orang itu harus membawa beban dirinya sendiri, dan selain penyesatan itu juga bisa datang dari dalam dirinya sendiri, ia juga harus bisa melewati gangguan dari roh2 jahat dan penyesat itu supaya ia dapat sampai pada tujuannya berketuhanan.

Penyesatan2 itulah yang sudah banyak menyesatkan jalan orang, bahkan sudah banyak memunculkan nabi2 palsu.
Karena itu anda harus selalu fokus pada tujuan anda berketuhanan,
Jangan sampai salah jalan,
Jangan juga sampai kena disesatkan.

3. Tentang itu akan terbuka sendiri jawabannya kalau anda sudah terhubung langsung dengan Tuhan.

4. Memang ada yg sifatnya "editan", yang pada waktu saya menjawab email anda editan itu belum ada.
Itu ada sesudah saya mengevaluasi ulang pertanyaan2 anda dan jawaban2 saya.
Selain ada editan yg berupa editan bahasa penyampaian, juga ditambahkan penekanan pada jawabannya supaya lebih jelas maksudnya.
Tulisan tanya-jawab itu juga menjadi bahan untuk anda mengevaluasi ulang email2 sebelumnya jika suatu saat anda membacanya. Karena tanya-jawab kita itu diupload semuanya, maka anda akan bisa mengevaluasi keseluruhan tanya jawab kita itu dan akan lebih bisa mengambil poin2 penting jawabannya.

5. Semuanya harus diwujudkan dengan tindakan nyata.
Jangan berharap itu akan terjadi dengan sendirinya, kecuali anda sudah menjadi Tuhan, atau anda menjadi tukang sihir / sulap.
Jangan menyamakan itu dengan keberuntungan hidup yang terjadi dengan sendirinya tanpa anda pernah melakukan sesuatu sebelumnya.

Jangan berilusi.
Jangan melakukan pencitraan bahwa anda sudah tersambung atau menyatu dengan Tuhan.
Itu harus diusahakan sendiri dengan perbuatan nyata anda menyambungkan diri dengan Tuhan.
Sesudahnya barulah akan ketahuan apakah benar anda tersambung dengan Tuhan.

Jangan juga melakukan pencitraan bahwa anda bisa melakukan mukjizat dengan Kuasa Tuhan. Itu harus dibuktikan sendiri dengan perbuatan nyata anda mewujudkan Kuasa Tuhan itu dalam perbuatan2 anda.
Harus ada keteguhan dalam kepercayaan anda untuk anda bisa melakukan itu.

Jangan juga kita melakukan pencitraan bahwa kita adalah orang yang beriman.
Jangan sampai perbuatan kita itu sama dengan orang2 yang tidak mengenal Tuhan.
Ada banyak sekali Firman dan Kehendak Tuhan atas manusia.
Untuk dikatakan beriman, kita harus tahu apa saja Firman dan Kehendak Tuhan yang sudah kita imani dan sudah kita laksanakan. Dari situ kita akan bisa mengukur setinggi dan sedalam apa kadar keimanan kita itu.

Untuk mendeteksi bola energi itu lakukan saja dengan kepekaan rasa, dengan olah rasa.


 A :     Oh iya pak ada yg ingin saya konsultasikan pada bpk.. Jika berkenan mohon nasehatnya.
Soal jalan rejeki pak, dari dlm hati sebenarnya saya ingin sekali wirausaha, byk sekali ide2 saya yg dr dulu terpikir utk usaha atau ilham yg kira2 nantinya akan begini. Tp krn modal dan percaya diri saya yg kurang akhirnya hanya saya pendam. Namun beberapa saat kedepan ide/ilham2 saya dulu benar terjadi dan booming skg..

Skg saya masih kerja di pizza hut tapi part time karena kuliah juga, berhubung tahun dpn ada kenaikan UMR yg drastis di surabaya tahun dpn akan ada pengurangan jam kerja. Saya ingin cari kerja lain.
Ini lihat lowongan EO, saya dari dulu suka dgn kerja EO, 3 thn dulu jg pernah kerja EO. Tapi dlm hati ada keinginan utk wirausaha. Menurut bpk jalan rejeki saya yg cocok gmn ya pak?? Pingin masukan dr bpk nih hehehe.. Terima kasih byk ya pak

 J :     Wah .... saya bukan spiritualis nasib he he he

Kuliah memang penting, karena itu bisa menjadi dasar untuk bekerja di level yg tinggi sesuai level pendidikan kita. Sukur-sukur ijazahnya kepake. Tapi jalan sukses orang tidak selalu sejalan dengan backgroundnya. Belum tentu jalan sukses kita sejalan dengan ijazah kita.
Kalau bisa dapat kerja yg bagus, yg prospeknya bagus, kuliah bisa dilakukan susulan, misalnya kuliah malam, untuk menunjang kepangkatan dan keahlian di tempat kerja.

Sekarang anda bekerja juga bagus, bisa untuk menunjang biaya kuliah dan kebutuhan hidup dan membuka wawasan tentang pekerjaan yang itu tidak akan didapatkan kalau sehari-harinya anda hanya sekolah / kuliah saja. Sukur-sukur prospeknya bagus. Tapi paling bagus adalah cari kerja yang penghasilannya bagus dan sesuai dgn kesukaan / hobby, sehingga sehari-harinya enjoy. Lebih bagus lagi yg prospek peningkatannya bagus.

Wiraswasta juga bagus.
Tapi kalau dijadikan sbg pencaharian yg utama usahanya itu harus direncanakan dgn matang, karena wiraswasta itu kerja dan penghasilannya tidak sama dengan kita bekerja kepada orang lain yang gaji / upahnya pasti secara berkala kita terima.
Kalau usahanya itu untuk percobaan saja, mungkin bisa kita jadikan sampingan, dengan cara mempekerjakan orang lain, kita hanya memanage saja, dan menyisihkan sejumlah dana yg kita rela untuk hilang kalau usahanya tidak berhasil.

Tapi anda harus punya prioritas dan visi kedepan, jangan sampai anda mengorbankan prioritas hidup anda, nanti malah arah hidupnya tidak jelas. Atau anda malah mengorbankan kepentingan jangka panjang karena mengejar yg jangka pendek. Usahakan prioritasnya itu adalah yg prospeknya bagus. Tinggal anda renungkan untuk dicari yg paling baik untuk anda kerjakan, atau dicari keseimbangannya supaya tidak ada prospek yg terkorbankan.

 A :     Sebelumnya terima kasih atas jawaban dan pencerahannya pak...
Mohon bpk jgn marah atau capek dgn kebodohan saya ini..
Ada lagi saya yg belum jelas, kiranya bpk berkenan membabarkannya.

Maaf pak, saya sudah berusaha dan belajar utk tdk fanatik, tdk mengedepankan pikiran duniawi meskipun kadang timbul tp cepat2 saya singkirkan, tdk berkeras pd pemikiran dan pendapat saya sendiri. Makanya saya sering2 tanya2 ke bpk utk mengoreksi mana pemikiran dan pendapat saya yg tdk sejalan dgn bpk. Jika mungkin bpk berkenan melihat saya lebih dlm lagi sebenarnya apa sih pak contoh konkrit yg menurut bpk saya masih berkeras pada pendapat dan pikiran saya sendiri?

Sekali lagi mohon maaf, bukan bermaksud apa2 pak.. Hanya saya bingung ... Saya udah belajar tdk berkeras pada pendapat saya sendiri, bahkan saya belajar mempercayai apa yg bpk ajarkan semua meski belum semua saya bisa pahami. Mungkin jika bpk berkenan melihat saya lebih dlm atau keseharian saya lah tolong bpk koreksi, contoh manakah yg bpk maksud dlm nasehat bpk berkeras dgn pendapat saya sendiri. Sungguh saya tdk sedang membenarkan diri dan merasa benar lho pak.. Justru saya ingin merubahnya.

Oh iya pak, apa benar bola energi yg di atas rumah saya bersifat Roh Kudus?
Saya coba belajar mendeteksinya dgn rasa, waktu saya coba fokus batin yg ada gambaran bola agak oval padat energi warna putih dan seketika rambut saya meremang, ada yg seakan bergerak merambat pada ubun2 saya, juga kening saya seperti meremang.. Apakah tanda2 itu indikasi saya sudah bisa kontak batin dgn bola energi itu pak?

Pak, saya tiap malam selalu menjalankan kebatinan dlm keagamaan. Saya jg berusaha utk bisa tersambung langsung dgn Tuhan. Waktu baca alkitab sambil merenung bertanya sama Tuhan sering ada nasehat yg "terdengar" tp waktu saya ingat2 nasehat itu malah lupa apa aja td kalimat2nya.

Tadi malam sambil baca alkitab jg saya olah rasa sama Tuhan Yesus, ntah ilusi atau apa di kamar saya seakan ada "sosok2" lain. Saya coba fokuskan batin di depan ada Tuhan Yesus di atas ada Allah dan Roh Kudus memperhatikan saya. Saya memohon agar kiranya Tuhan bersedia memberi petunjuk mana yg salah sebenarnya dlm pikiran saya. Seakan saya melihat Yesus tersenyum sama saya dan jika saya terjemahkan ada kalimat seperti ini, " lakukanlah apa yg sudah Ku firmankan dengan iman, jangan cari2 "alasan". Kasih dan percaya padaKu dan memuliakan Bapa adalah melakukan perintah dan kehendakNya. Perbuatan dlm imanmu itulah jalan utk "bertemu" Aku. Dan Jika engkau sungguh percaya padaKu, kenapa kamu takut Aku tdk menghiraukanmu ??  kenapa takut engkau tdk dpt apa2 ??"

mgkn ini masih belum utuh pesan yg saya dpt pak. Jika saya boleh tau pak, pesan itu apa benar ide / ilham dr Roh Kudus atau dr sedulur papat pak? Apakah yg bpk liat saya belum bisa kontak batin dgn Tuhan pak? Saya tdk berusaha mencitrakan diri tersambung dgn Tuhan pak.. Sekedar utk belajar mengenal asal dr "suara2" seperti itu. Karena bahaya jg kalo misal ada "suara" lain yg malah mungkin menyesatkan. Saya belajar lebih baik lg pak utk menjalankan perintah firmanNya, meskipun berat krn sering bentrok dgn apa yg baik di mata dunia. Mohon restunya..

Pak saya sering ada fenomena seperti ini, sering jika saya bercerita atau menasehati teman saya terutama tentang nilai2 sepuh yg jg bpk ajarkan pada saya, teman2 lawan bicara ini bilang mereka seperti "fokus" pada saya dan sekitar yg ramai pun jd sunyi katanya hehehe.. Juga kalo cerita yg berbau gaib mereka jg merasa di sekitar mereka "banyak" yg berkerumun. Yg saya ceritakan adalah yg sudah saya dpt dr bpk, tp tdk semua, hanya yg sifatnya utk menambah kebijaksanaan saja. Saya jg kadang merasa waktu cerita gitu ada yg datang namun krn kemampuan saya masih terbatas jd ya tdk bs lihat.. Jika bpk lihat apakah benar fenomena yg dirasa teman2 saya itu pak? Jika memang pembicaraan saya mengundang sosok2 tertentu gimana biar ga mengundang pak? Karena teman saya ada yg merasa diikutin sejak dgr cerita saya.. 

Maaf ga terasa panjang sekali email ini.. Mohon kesabarannya dlm mendidik saya..
Terima kasih banyak pak

 J :     Sukma anda pasti tahu energinya itu jenisnya apa.

Mengenai kekerasan anda pada pendapat anda sendiri ....
Sebelum berkeras diri seharusnya anda mengerti dulu permasalahannya. Jangan anda belum mempunyai pengetahuan yg benar tapi anda sudah menetapkan pendapat. Itu akan menjadi kebodohan / kedegilan. Kemampuan biologis manusia terbatas, belum tentu bisa menalar sesuatu, apalagi yg berdimensi tinggi.

Dalam hal ketuhanan, seharusnya anda mengerti dulu dengan jalan ketuhanannya, mengerti isinya, dan bisa menyelaraskan diri dgn yg menjadi tujuannya anda berketuhanan / beragama. Sesudahnya anda akan mempunyai pengetahuan yg dalam tentang agama / ketuhanan anda.
Sesudahnya barulah anda nalar. Dengan begitu anda akan mempunyai dasar yg lebih baik untuk berpendapat.

Mengenai yg anda sampaikan tentang pesan yg anda terima ....
Saya belum tahu pasti apakah sumbernya benar sama dengan yg anda sampaikan, tapi isi dari pesan itu maknanya dalam sekali.....

Soal anda dgn teman2 anda ... anda lebih tahulah daripada saya.
Soal gaib2 itu ... sebenarnya mereka di alam sana juga mencari tokoh yg "sepuh" untuk mereka ikuti.
Jadi kalau secara kebatinan anda dianggap "sepuh", mereka akan memperhatikan anda, mungkin juga akan mengikut anda.


 A :     Terima kasih banyak atas waktu dan kemurahan bpk dlm menasehati saya..
Jadi benar ya pak bola energi itu bersifat Roh Kudus..

Soal berkeras pada pikiran saya sendiri... Saya jadi malu sama bpk.. Hehehe.. Iya maaf pak, saya masih sering seperti itu, merasa pintar, sok tahu pdhl tdk tahu, ga sadar jg sifat fanatik saya besar sekali.. Iya sih pak, sering saya mencela sesuatu yg hanya saya lihat dr kulitnya.. Apapun itu. Sebenarnya akhir2 tiap saya begitu sering terpintas dlm batin " nilailah dgn adil" atau semacam kalimat begitulah abis kepikir gitu langsung deh saya diam. Hehehe... Baik pak, saya perbaiki lagi sikap berpikir saya..

Pak, firman Yesus tentang " siapa yang tidak membenci bapak / ibu / saudara perempuan atau laki2 / anak / bahkan nyawanya sendiri dan mengikut Aku, ia tidak layak untuk Aku" ......
itu apakah ditujukan pada murid2 Yesus jaman dulu saja atau semua orang pak??

Menurut bpk yg dikatakan "panggilan hidup" itu apa ya pak?

Saya berusaha untuk tidak merasa lebih beriman daripada orang lain, cuma dari "dalam" diri saya yang ingin meluruskan sesuatu yg berkaitan dengan keTuhanan. Pernah saya ngobrol sesuatu tentang aturan gereja, saya hanya mengutarakan apa yg ada di firman Yesus. Malah saya disentak sama ibu saya "ya kalo dulu zamannya rasul2 !  Kalo sekarang mana bisa kayak gitu"

Intinya seperti itu lah. Lah saya jadi bingung.. Satu sisi ada dorongan kuat dari dalam diri saya untuk meluruskan hal2 seperti itu, ingin ikut serta dalam pekerjaan2 Tuhan, namun sisi lain saya juga harus menghormati orang tua saya dan kadang juga terbersit dalam pikiran saya "siapa yang menyuruh kamu untuk meluruskan hal2 seperti itu?" . Saya jadi takut salah lagi..

Memang saya belum sepenuhnya melakukan firman2 Tuhan, tapi kadang ada dorongan kuat untuk meluruskan hal2 seperti itu. Saya jadi takut bertindak seperti orang munafik dan meninggikan diri sendiri. Makanya dulu pernah tanya bapak apakah nantinya saya akan menimbulkan pertentangan.. Sebenarnya itu yg saya maksud.. Mungkin ada yg salah pada saya mohon bapak bersedia nasehati saya..

Soal pesan itu saya sendiri hanya ingin belajar tahu sumber dr ilham2 yg ada di batin / pikiran saya.. Agar bisa membedakan. Saya sendiri jg sering bingung mana kata2 ilusi mana yg tdk. Seperti yg bpk nasehati, ilham2 yg berkaitan dgn keTuhanan saya depankan pengertian dan Hikmah dr Tuhan aja..

Soal jalan rejeki bukan apa2 sih pak.. Saya hanya ingin masukan dr bpk.. Kan bpk lebih bijaksana dan mengerti banyak hal drpd saya hehehe... Saya sih ga terlalu yg mengejar kekayaan pak (menurut saya) tp jg kalo ga ada duit bingung jg hahaha... Saya jg ingin lebih fokus bisa bekerja di ladang Tuhan, semoga Tuhan merestui.

Pak, mohon pencerahannya lagi ya.. Maksud dari garam dunia itu yang benar apa ya pak?

Terus maksud dari firman "jangan melempar emas pada babi dan memberi mutiaramu pada anjing agar tidak diinjak2nya dan akhirnya balik menyerangmu" itu apa ya pak benarnya?

Oh iya baratayudha seri 2 blm jadi ya pak? Hehehe
Mohon maaf dan terima kasih banyak

 J :     Firman Yesus itu ditujukan untuk semua orang.

Mengenai arti panggilan hidup ... itu sifatnya relatif, itu tergantung pada pengertian orangnya masing2 dan tergantung juga apa panggilan hidupnya menurut penilaiannya sendiri.

Soal aturan2 gereja ... kalau tidak ada yg bertentangan / menyimpang dengan firman Yesus / Allah Bapa, ya tidak apa2, jangan sampai hal2 kecil idealisme anda menjadi bumerang untuk anda. Kadang2 identitas gereja dan "isinya" memang diperlukan, dan itu dianggap penting terutama oleh para pengurus gereja.
Tetapi untuk kita sendiri yg menjadi anggota gereja, sebaiknya jangan kita membelenggu diri dengan fanatisme sempit, karena berkat Tuhan dilimpahkan juga ke tempat2 di luar fanatisme kita itu. Jangan sampai fanatisme kita itu menjadikan kita keluar dari penggembalaan Tuhan.

Rasa ketuhanan dan laku ketuhanan tidak selalu tergambar dalam laku orang beragama dan tidak semua orang yang seagama mempunyai rasa ketuhanan dan laku ketuhanan yang sama.
Karena itu rasa ketuhanan dan laku ketuhanan itu menjadi hubungan yang pribadi antara orangnya dengan Tuhannya, jangan dipaksakan kepada orang lain.

Maksud dari garam dunia itu .....
Kita harus memposisikan diri sebagai garam yang asin.
Kalau garam itu sudah tawar, dengan apa ia akan diasinkan ?
Maksudnya adalah selain kita sendiri menjaga supaya diri kita tetap asin, kita juga menularkan keasinan kita kepada orang lain, menarik hati orang kembali kepada Tuhan, bukan kepada agama, tetapi kepada Tuhan, supaya hati dan kasih yg sudah dingin kembali lagi hangat dan menyala berkobar2, supaya Allah dimuliakan juga di bumi, sama seperti di surga.

Maksud dari firman : " Jangan melemparkan emasmu kepada babi dan memberikan mutiaramu kepada anjing agar tidak diinjak2nya dan akhirnya balik menyerangmu " .....
Jangan memberikan benda2 berharga milikmu, atau perbuatan2 mulia, kepada orang2 yang tidak tahu memuliakannya, yang itu akan menjadi perbuatanmu yang sia-sia, dan jangan sampai kemudian gantian malah kamu dikejar2.

Baratayudha 2 belum jadi. Nanti deh kalau sudah rada longgar waktunya.

 A :     Selamat pagi pak... :)
Pak mau tanya ada ga cara utk mengontrol mimpi?? Tiap hari rasanya selalu banyak mimpi2 dlm 1kali tidur. Jadinya saya mengikuti mimpi2 itu alhasil bangun saya jd siang2 terus.. Jd sering telat kuliah dan kerja, ketambahan saya suka tdr diatas jam 3 pula. Hehehe.. Lagian kalo tiap dpt mimpi beraneka cerita per malam jd susah utk ingat2 mimpinya, sapa tau ada yg penting jd lupa.. Hehehe
Maaf pak pertanyaan saya agak GJ hehehe..
Maaf mengganggu & terima kasih..

 J :     Wah saya bingung juga nih ...
Saya sendiri kalau dikasih mimpi sering lupa ...




-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
<<  Kembali ke Ngobrol 5 - 3                                                                             Lanjut ke Ngobrol 5 - 5  >>