Ngobrol 5-10

    Kebatinan dan Kegaiban

 

Halaman ini berisi ringkasan
dan editan tanya jawab Penulis dengan pembaca. Mudah-mudahan berguna untuk menambah pengetahuan dan hiburan.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
<<  Kembali ke Ngobrol 5 - 9                                                                            Lanjut ke Ngobrol 5 - 11  >>

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------



date: Tue, May 27, 2014

 A :     Selamat malam bapak..
Pak, mohon nasehat dan koreksinya, apa dlm diri saya ada semacam energi yg bersifat negatif yg mengikat / mempengaruhi sukma saya sehingga saya merasa kurang nyaman berada di lingkungan keluarga, terutama hal2 yg berbau adat istiadat budaya saya (krn yg saya lihat memang org batak sangat menekankan aturan2 adat).

Saya bukan anti aturan adat saya, tp sudah sejak lama saya kurang nyaman dgn hal2 itu, berkumpul dgn keluarga (terutama keluarga garis ayah) saya ga nyaman sekali. Saya paksakan utk merasa nyaman tp semakin "menolak". Saya sadar karena sikap saya ini, saya jadi citra buruk di mata keluarga saya ataupun lingkungan adat batak. Dan apakah ada energi negatif yg berkaitan dgn ikatan sukma antara saya dgn ibu saya ya pak? Krn ibu saya jg ga suka dgn sikap saya ini, bahkan dulu2 sering ibu saya marah sama saya krn saya kurang suka bergaul dgn keluarga jika ada acara kumpul2, kurang suka dgn hal2 yg berbau adat kami sampai mungkin ibu saya kecewa dgn sikap saya ini. Tp sepertinya akhir2 ini beliau mulai mengerti, tp ya dlm hatinya sya belum tahu.

Kalo saya coba merenungkan sikap saya ini, saya merasa ada "sesuatu" yg mempengaruhi saya, mungkin dr kekecewaan pribadi saya, bisa dr sikap berpikir saya yg saya akui memang agak keras kepala hehehe, tp sepertinya juga ada sesuatu yg lain. Saya sih tdk ingin seperti ini, istilahnya dlm lingkup keluargapun saya tdk nyaman. Saya sadar tdk sepenuhnya saya benar tp saya kurang tau penyebabnya utk saya benahi. Mungkin bpk ada nasehat utk saya..

 J :     Kelihatannya tidak ada apa2.
Sebenarnya sudah umum kalau generasi muda tidak mau hidup seperti generasi tuanya. Apalagi yg sifatnya kaku dan mengikat. Dimana2 seperti itu. Tapi sebaiknya anda juga harus bijak jangan sampai gejolak sesaat merusak kekeluargaan. Urusan kecil jangan sampai merusak kepentingan yg lebih besar.


 A :     Pak, saya baca di obrolan bpk dgn rekan yg lain tentang macam / bentuk2 penyesatan yg ada, yang
sampai ada sukma yg mengaku Tuhan Yesus, saya tercengang pak. Untung kami bisa bertemu bapak sehingga ada yg bantu menuntun. Lah, kalo gitu yg terjadi selama ini di dunia dari dulu sampai sekarang itu malah gimana luar biasa kacaunya..
Ada jawaban bapak kira2 : "semuanya itu tidak akan terjadi kalau kita mengenal karakter Pribadi Tuhan",

Contoh lain dalam tulisan bapak, ada pembaca yg berdoa untuk diberi rejeki untuk membantu temannya, trus ga lama dikasih uang oleh atasannya lewat rekeningnya yang waktu bapak deteksi ternyata di belakangnya ada sukma penyesat. Secara awam hal seperti itu pasti dikira Tuhan menjawab doa kita, tapi ternyata kita sudah disesatkan, ditipu.
Kalo saya coba pahami karakter Tuhan dari Alkitab sambil saya renungkan dan coba menangkap Hikmat Tuhan, Tuhan jika mengabulkan doa seseorang terutama yang bersifat duniawi, jika Tuhan berkenan, biasanya tidak hanya memberi apa yg diminta saja tapi lebih besar dari apa yg diminta, dan yg diberi Tuhan biasanya pasti benar2 apa yg baik dan berguna. Sulit juga jelasinnya.. 

Contohnya cerita hidup saya, dulu saya minta Tuhan memberikan orang yg saya suka untuk jadi istri saya dan sempat bilang ke Tuhan kalo itu terjadi saya akan bekerja di ladangNya, nah sekarang apa yg sudah diberi Tuhan jauh dari apa yg saya duga, bahkan sebelum saya bisa hidup total sebagai manusia yang mengenal Tuhan dan lahir baru bagiNya, saya sudah diberi kepercayaan yg sungguh saya sendiri habis. Ya ..... meskipun ada keinginan saya yg belum tercapai tapi saya yakin Tuhan memberi yg baik dan apa yg perlu untuk Hidup.

Saat ini mungkin bisa dibilang saya belajar memahami arti hidup yg perlu untuk Hidup dan juga mencari jatidiri saya, dan ada nasehat Amsal yg menguatkan saya yaitu "Hai anakku, janganlah engkau menolak didikan TUHAN, dan janganlah engkau bosan akan peringatan-Nya. Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi".

Saya sadar saya ini keras kepala dan lambat hati, tapi saya benar2 ingin melepas kedegilan saya meskipun pelan2.. Biar bisa mengenal Tuhan dgn benar, dan manunggal dgn Tuhan dgn benar, supaya saya berguna buat Dia. Kadang yg buat saya maju mundur dan malu untuk berdoa karena saya malu dan takut sama Tuhan karena saya masih belum berguna buat Tuhan.

Hehehe.. Jadi curhat sayanya.. Gpp ya pak, selain hati saya senang bisa ngobrol dgn bapak juga sekalian menimba ilmu.. Maaf ya pak mengganggu, ga dibalas gpp kok pak, dibaca aja sudah senang batin saya..
Terima kasih pak

 J :     Penyesatan memang ada dimana2. Kita saja yang tidak tahu. Malah orang2 yang merasa tahu Tuhan
banyak yang terlena dalam penyesatan, apalagi orang2 yang asyik bersensasi tentang hubungan dirinya dengan Tuhan, bersensasi atas sesuatu yg tidak riil.

Orang harus benar2 mengenal Tuhan untuk bisa membedakan adanya penyesatan.
Tapi kegaiban Tuhan memang terlalu tinggi untuk manusia,
Apalagi tidak mudah untuk orang bisa sampai kepada Tuhan.
Bahkan untuk mengenal Tuhan yang benar pun tidak semua orang bisa.

Dari membaca Alkitab dan Injil seharusnya kita bisa mengerti tentang karakter Tuhan, sehingga kita akan bisa membedakannya dengan sesuatu yg bukan dari Tuhan.

Dan kalau sudah bisa tersambung dengan Tuhan seharusnya itu bisa secara signifikan menambah spiritualitas ketuhanan kita sehingga kita (seharusnya) bisa membedakan suara2 dan penglihatan yang bukan dari Tuhan.


 A :     Terima kasih atas nasehatnya pak,
iya pak mungkin ketidak nyamanan saya ini akibat gejolak muda saya saja, bukan krn ada suatu tarikan rasa yg beda. 

Pak, hampir 2 minggu saya selalu byk dpt mimpi macam2, bisa sampai sekali tidur dpt 4-5 mimpi.
Boro2 mau mencari artinya pak, bangun tidur aja langsung jd lupa apa aja mimpi2nya. Saya rasa ada yg penting dan ada yg sekedar melihat apa yg dilihat sedulur papat.
Apa waktu bpk terawang rumah saya kemarin bpk lihat gaib di rumah semakin byk yg datang?
Trus seminggu ini tiap bangun tidur selalu tangan kanan saya kesemutan kencang dan berat.
Kalo saya coba trawang gaib2 yg di rumah saya memang lihat ada beberapa tp saya belum tahu mana yg lama dan yg baru dan sering langsung telinga berdenging..
Apa memang rumah saya dijadikan tempat perlindungan ya pak?
Terima kasih

 J :     Kelihatannya adanya energi di rumah anda sudah menarik perhatian gaib2 di sekitarnya, tapi kebanyakan
hanya mampir saja, tidak menetap.

____



 A :     Pak, apa mungkin ya tanda2 meremang di kepala saya seperti waktu berdoa dan fokus kpd Roh Kudus
dan waktu tanda kedatangan gaib negatif akhir2 ini berkurang krn tekanan energi mahkota di kepala saya? Ataukah ada yg lain ya pak sehingga tanda2 meremang di kepala saya akhir2 ini berkurang.
Mohon deteksinya ya pak jika tdk menggangu.
Terima kasih

 J :     Kayaknya sih mahkotanya tidak berpengaruh kesitu.

 A :     Berarti ada hal lain yg mempengaruhi ya pak?
Apa Roh Kudus yg di kepala saya masih ada pak?

 J :     Coba saja diperiksa mas

 A :     Terima kasih balasannya pak,
jujur 4 hari ini saya sudah coba periksa pak, tapi saya belum bisa nemu jawabannya, mau tanya bapak tapi takut2 malu. Saya takut kalo benar Roh KudusNya diambil karena saya masih degil hati. Tapi tadi apa benar bapak terawang saya sebelum balas email tadi ?  Soalnya tadi sempat meremang di sekitar jambang saya kanan kiri dan bunyi "ngiiiing" telinga saya dan langsung kepikiran bapak padahal saya lagi kerja.
Terima kasih pak, maaf merepotkan..

 J :     Bunyi "ngiiiing" di telinga biasanya menandakan ada pemberitahuan yg penting.
Sebaiknya anda waspadai dan dicaritahu artinya, jangan didiamkan saja.
Barangkali saja ada sesuatu yg penting yg harus segera anda tindaklanjuti.

 A :     Oh gitu ya pak? Saya sering sekali akhir2 ini berdenging telinga saya..
Ketakutan saya soal Roh KudusNya pergi dari saya itu semoga ga bener ya pak.
Terima kasih pak


____


 A :    
Selamat siang pak, menurut bapak sikap / perbuatan yg bagaimana yg di mata Tuhan dinilai sbg sikap mencobai Tuhan? Kalo menurut saya tipis sekali batasnya dgn ketidak-yakinan kita ya pak?
Sepertinya beberapa hari lalu saya sudah berbuat begitu kpd Tuhan dgn meminta Tuhan untuk berkenan menunjukkan soal keberadaan Roh Kudus baptisanNya, apakah masih ada. Karena saya memang takut sekali beberapa hari lalu itu. Sebelumnya juga saya berdoa minta petunjuk untuk ditunjukkan soal jodoh saya, tapi masih belum jelas petunjukNya. Saya bingung, ini karena cara / sikap batin saya yg masih belum bisa tersambung dgn Tuhan dalam doa atau ada hal ya lain. Tapi sekarang saya sudah ngerti kalo sikap saya itu mungkin salah.

Ada tulisan bapak : "Sekalipun mungkin salah di mata manusia, tetapi kita akan dibenarkan Allah karena iman kita kepadaNya. Perbuatan yang kita lakukan karena iman akan dibenarkanNya."
Mungkin bapak berkenan menjelaskan lebih terang, perbuatan yg kita lakukan karena iman itu seperti / dengan sikap batin atau tujuan yg bagaimana pak?
Terima kasih pak

 J :     Sulit menjelaskannya.
Biasanya itu hubungannya dengan perbedaan interpretasi dalam agama.

 A :     Oh iya pak, tadi saya mimpi yg sepertinya jawaban dari Tuhan atas doa saya.
Saya mimpi punya hp 2 yg satu ini saya pikir mau diambil sama yg punya tapi sepertinya tidak diambil (saya lupa cerita lengkapnya). Tapi waktu saya renungkan rasa saya memang bilang itu mimpi dari Tuhan soal ketakutan saya tentang Roh KudusNya yg saya pikir diambilNya lagi, tapi ternyata tidak, malah mungkin ditambah lagi. Soalnya dalam mimpi itu sepertinya saya diberi hp lagi. 
Nb : hp itu perlambang dari alat penghubung.
Apa benar pak? 
Terima kasih

 J :     Iya kali ya

 A :     Selamat malam pak, maaf kalo malam ini saya banyak bertanya..
Kalo kita punya pagaran absolut lalu menyerang gaib negatif dari dalam pagaran (seperti yg biasa saya lakukan) apakah pagarannya bisa bolong?? 
Terima kasih

 J :     wah gak tahu juga yah

 A :     Wah kalo bapak gak tau apalagi saya... Hehehe.. Terima kasih pak

 A :     Pak maaf tanya lagi jangan sebel ya pak.
Ini saya baru nangkap gaib2 negatif lalu saya isolasi dan taruh di sebelah kiri saya. Apa benar ada? Terima kasih byk

 J :     iya ada

_____



 A :     Selamat malam pak..
Pak apakah benar Tuhan kecewa kepada saya karena kedegilan saya yg masih besar ini?
Apa Roh KudusNya masih ada di saya pak?  Saya masih belum tenang pak.
Saya mohon bapak masih berkenan menasehati saya.. Saya janji lebih sungguh2 lagi untuk berbuat pak. Saya juga minta maaf sama bapak karena saya masih lambat. Saya tunggu nasehatnya ya pak.
Terima kasih banyak pak

 J :     Silakan belajar berinteraksi langsung dgn Tuhan.
thanks

 A :     Iya pak, terima kasih balasannya..
Maaf mengganggu malam2 pak.
Terima kasih

____



 A :     Selamat sore pak, apa kabarnya pak?
Pak saya mau tanya puasa batin hati dan pikiran itu bagaimana benarnya ya pak?
Apa seperti mengosongkan batin, hati dan pikiran dari keinginan2?
Semalam saya mimpi yg sepertinya saya disuruh untuk puasa batin dan roh.. 
Terima kasih

 J :     Ya ... semacam membersihkan hati dan batin dari hasrat dan keinginan yg tidak baik di mata Tuhan,
yang bisa membuat kita jatuh ke dalam dosa, jauh dari Tuhan, memberatkan jalan kita kpd Tuhan, atau yg menjadikan kita rendah di mata Tuhan, dsb.


 A :     Pak... Apa benar Roh KudusNya masih ada di saya..?
Apa benar ketakutan saya itu hanya perasaan saya saja yg terlalu melebih2kan?
Saya sudah belajar interaksi langsung dengan Tuhan pak, juga sambil mengendorkan pikiran tapi saya masih belum ketemu. Saya mohon dilihat pak... Saya sangat kepikiran dan takut pak...
Kalo saya sudah mengecewakan bapak juga terlebih Tuhan dan harus dapat marah saya terima pak karena memang saya pantas dapat itu. Tapi Mohon kasihani saya pak, sekali lagi, supaya saya lebih mantap dan mengerti jalan ke depan dan tahu apa yg harus saya lakukan supaya tidak mengulangi lagi kesalahan yg sama.
Terima kasih

 J :     masih ada


 A :     pak.. apa saya benar2 sudah dibuang Tuhan ?
mohon perkenan bapak menjawab sekali ini saja pak...

 J :     Memangnya ada apa sih ?

 A :     Sebenarnya saya juga bingung pak sama "perasaan" saya ini sejak minggu lalu kepikiran itu terus.
Sejak saya merasa waktu doa / fokus batin ke Tuhan biasanya rambut kepala meremang, tapi sejak minggu lalu sudah nggak. Ditambah balasan email bapak sepertinya gimana gitu, jadi tambah takut saya pak. Maaf kalo saya hanya mengada2.
Maaf mengganggu pak

 J :     Kayaknya sih nggak ada apa2

 A :     Terima kasih banyak pak. Maaf saya memang sering ga jelas orangnya.
Pak, mohon maaf saya ingin bertanya, apa benar arti mimpi memotong rambut / jambang artinya biasanya adalah ada sanak family yg akan meninggal ?

 J :     Bisa juga seperti itu, tapi tidak selalu begitu.


 A :     Selamat malam pak.
Pak saya ingin bertanya, apa mungkin sedulur papat bisa marah / kecewa sama pancernya?
Kenapa ya pak tiap saya nayuh selalu ga bisa2 sekarang?
Apa ada gaib negatif yg menyusup ke badan saya ya pak?

Pak, apa benar mahkota gaib, wahyu dewa dan pedang gaib yg dulu dikasih ke saya sudah ga ada? Atau tayuhan saya yg salah pak?

Kenapa ya pak rasa batin dan pikiran saya akhir2 ini kacau banget.. Untuk merenung untuk mencari jawabanpun rasanya buntu dan selalu muncul ketakutan. Waktu berdoapun saya takut "menghadap" Tuhan, dan batin saya kayak ngelantur sendiri.  Mohon bapak berkenan melihat ada apa sama saya pak. Saya sangat memerlukan petunjuk dan nasehat bpk.. 
Terima kasih

 J :     masih ada


 A :     Malam pak. Pak, mohon deteksinya..
Apa ada gaib baru yg "galak" atau  negatif yg datang ke saya sekarang ?
Tadi saya mimpi saya ada di tengah ibu2 cerewet dan bercerita ke mereka tapi mereka pada ribut, lalu saya marah dan menepuk lantai sambil mengeluarkan kekuatan dan mereka ciut nyali dgn saya.
Lalu mimpi ke 2 saya menolong seorang anak yg dikeroyok tapi saya kena sabetan pisau 4 kali tapi saya tidak merasa sakit.. Mungkin bapak berkenan mendeteksi saya.. 

Pak, kemarin saya coba belajar menyerap energi dari bola energi yg dari bapak, dari energi hidup dan juga dari bulan karena saya lihat kemarin bulan purnamanya bagus dan saya tertarik untuk masuk ke dalamnya. Bagaimana menurut bapak, apa ada sesuatu yg negatif masuk ke badan karena sempat terasa hangat di kaki pak.
Terima kasih

 J :     Mungkin waktu itu sedang ada banyak gaib yg kumpul di rumah anda.

Kayaknya sih gak ada masalah.


 A :     Malam pak, maaf saya mengganggu lagi..
Tadi saya meditasi olah rasa sambil mencoba cari tau apa saya yg ada di dalam saya. Sambil saya sugestikan saya menyatu dgn kekuatan energi hidup sbg perlindungan saya. Waktu melihat dalam diri saya, saya melihat seperti ada warna api yg menyala. Dan juga tangan kiri dan jari2 kiri saya bergetar pak.. Kalo menurut rasa saya bilang yg getar di tangan dan jari2 kiri itu dari khodam batu hitam gaib itu pak. Apakah yg saya lihat itu ilusi ya pak?
Sekiranya tidak merepotkan saya tunggu jawabannya ya pak. Trims

 J :     saya belum jelas melihatnya mas


_____


date: Sat, Jun 21, 2014
subject: Pengalaman ke pulau sempu malang

 A :     Selamat siang pak java..
Pak, saya mohon deteksiannya..
Hari rabu kemarin saya dan kawan2 saya berangkat ke pulau sempu (malang selatan),
di perjalanan saya merasa ada yg ikut, waktu kami mampir di tempat makan posisi sekitar 17 km dari P. sempu, kepala atas sekitar ubun2 saya berdenyut2. Felling saya ada gaib yg dtg / ikut, saya pikir itu mungkin gaib dr sekitar daerah situ. Waktu kami sampai ke pantai sendang biru (penyebrangan ke p.sempu), masih sering terasa denyutannya. Sesampai di bibir pantai p. sempu perjalanan kami lanjutkan melewati hutan utk mencapai lokasi segaran anakan. Selama di hutan itu saya ada di belakang rombongan sambil menjaga teman saya, saya merasa ada yg mengikuti / melihat terus dan ada yg memanggil juga, tp seperti memanggil teman2nya bukan memanggil saya.

Sesampai di lokasi segaran anakan denyutan di kepala saya masih sering terasa. Krn kami beramai2 saya tdk sempat khusuk olah rasa hanya mencoba utk peka saja dgn suasana gaib di lokasi. Sempat memang ada rasa sakit di dada kiri dan punggung, saya hanya memperkuat pagaran saya dan sambil berdoa ke Tuhan.

Waktu malam, saya coba merasakan suasana gaib disana. Saya merasa segara anakan banyak sekali gaib perempuan. Menurut saya suasana gaibnya tdk seram tp memang cukup wingit. Sebelumnya saya coba fokus batin ke penguasa gaib pulau tsb utk permisi dan bilang jgn mengganggu rombongan saya, termasuk jgn mau diperintah oleh teman saya yg dulu saya bilang punya ilmu gaib, krn waktu disana teman saya itu ritual utk memanggil gaib disana utk mengguna2 beberapa teman cewek kami dlm rombongan. Dan teman saya itu melakukan ritual disana. Alhasil semua yg "ditembak" sama teman saya tdk ada yg berhasil sama sekali.

Lanjut ke pengalaman disana ya pak, waktu malam sekitar jam 1 di hari pertama saya coba belajar peka rasa dgn suasana gaib disana. Waktu saya dekati air segaran, air itu seakan menjauh dr kaki saya tp yg menjauh hanya air yg di sekitar kaki saya, jadi air nya seakan membentuk huruf u terbalik dr kaki. Saya ulangi terus kejadiannya begitu terus pdhl sblmnya aliran ombak kencang meskipun pantai lagi surut jadinya saya buat mainan pak hehehe. Lalu perhatian saya tertuju ke tebing pantai sebelah kiri. Saya merasa suasananya lebih "ramai", sempat saya sedikit grogi tp saya paksakan peka dan tahan. Tp sepertinya mereka entah menjaga jarak atau menunggu sesuatu dr saya. Dan felling saya agak ga enak lalu saya kembali ke tenda hehehe. Waktu tdr saya mimpi bertemu beberapa org yg saya ingat perempuan. Saya seperti berkuasa dr antara mereka, saking banyaknya mimpi serasa saya tdr seharian pdhl waktu bangun saya hanya tdr 2jam.

Besok siangnya, saya renang dgn kawan2 krn saya ga pandai renang sempat saya ke bawa arus ke tempat dalam ditarik ke kiri dari foto yg saya lampirkan pak. Untung ada teman saya yg saya buat pegangan jd nya saya ga tenggelam hehehe..

Malamnya pantai pasang sampai hampir mendekat tenda pdhl biasanya surut jauh sekali dr tenda. Waktu saya dekati air terjadi lagi hal seperti kemarinnya.. Lalu sambil saya tunggu kondisi air saya merasa suasana gaibnya terasa sekali. Punggung saya berat dinginnya berbeda. Sambil minta perlindungan Tuhan saya mencoba menangkap beberapa gaib negatif yg dtg termasuk gaib2 teman saya yg saya perkirakan ga baik sekaligus biar tdk memancing reaksi jelek dr gaib disana krn teman saya itu sumbar sekali dan "mengagungkan" ilmunya. Saat airnya kembali surut saya tidur dan mimpi lagi, inti mimpi2 saya hampir sama dgn malam sebelumnya. Tp teman saya yg ngilmu gaib itu mimpi dikepruk org katanya. Saya jadi kepikiran apa krn gaibnya yg negatif saya tangkap ya pak? Tp maksud saya hanya biar ga mengganggu saja..

Waktu pulang saya berboncengan dgn teman saya yg lain, biasanya kami sering bercanda2 sambil membentur2kan helm pak, tp kmrn waktu bercanda sambil tertawa2 ga sengaja saya benturkan helm ke teman saya di blkg tp ntah gimana pas kena gigi teman saya dan giginya cuil 2 pak. Pdhl saya pelan itu pak, dan ga niat menyakiti hanya guyon seperti biasana. Untung teman saya tdk marah meskipun saya tau dia kesakitan saya jd ga enak dan sungkan sekali bercandaan saya jadi begitu fatal. 

Mohon bpk berkenan mendeteksi apa ada sesuatu gaib yg negatif yg ikut saya pak?
Waktu saya coba tayuh di rumah hasilnya mengatakan di kepala saya ada benda gaib yg baru dan ada gaib manusia perempuan yg ikut berkaitan dgn rasa berdenyut di kepala saya pak. Berikut juga saya kirimkan foto pantai segara anakan p.sempu mungkin bpk berkenan bercerita kegaiban disana..
Mohon maaf mengganggu pak, mohon dibalas ya pak, krn saya takut kalo ternyata ada yg negatif ketambah kasus teman saya yg giginya cuil gara2 kena kepala saya itu pak. Saya jadi merasa bersalah sekali.. Terima kasih ya pak. Maaf cerita ssya panjang sekali

https://sites.google.com/site/thomchrists/Kebatinan-dan-Spiritual/Ngobrol-5-Kebatinan-Kegaiban/ngobrol-5-10-kebatinan-dan-kegaiban/Pulau%20Sempu%20Segara%20Anakan.JPG


 A :     Pak waktu saya tayuh tanya ke sedulur papat ttg yg mbahurekso pulau sempu hasilnya aneh pak.
Bukan dr gol putih juga bukan gol hitam. Kenapa ya pak dgn tayuhan saya? Kalo dr rasa saya sih tidak negatif pak.. Trims

 A :     Pak td saya ngobrol ttg gaib dgn teman saya yg saya "rasa" dia ada ketempelan sesosok jin wanita.
Waktu saya tanya apa saya ada yg ngikutin, dan dia jawab ada seorang paruh baya laki2 yg tampaknya tegas di belakang saya dan seketika kepala saya merinding pak.
Saya mohon deteksinya pak, apakah ada yg negatif di kepala / badan saya pak?
Saya mohon sekali bpk berkenan mendeteksi saya dan membimbing saya lagi.. Saya ingin lebih dalam lagi belajarnya pak.. Mohon perkenannya ya pak.
Terima kasih

 J :     Ditayuh / diterawang dong mas
kalau ada yg negatif minta dilindungi oleh Tuhan

 A :     Iya pak nanti kalo sudah di rumah saya coba tayuh / trawang. Tp nanti boleh minta koreksinya ya pak..
Oh iya pak, kalo tdk keberatan mungkin bpk berkenan mengoreksi hasil trawangan / tayuh saya yg ttg pengalaman saya di pulau sempu di email sebelumnya..
Terima kasih

 J :     Lokasi di dalam foto yg anda kirimkan itu kelihatannya dihuni oleh banyak mahluk halus berbagai jenis
dan rupa. Kondisinya masih "liar", masih asli alam.
Yang mbahurekso disitu adalah 3 jin kembar yang bersosok wujud seperti raksasa buto, 50 KRK.
Jenis jin raksasa itu dalam kategori saya memang tidak digolongkan sebagai hitam atau putih, tapi digolongkan sebagai jenis yang harus diwaspadai.


_______



date: Tue, Jun 24, 2014

 A :     Selamat siang pak, saya ingin bertanya seputar tanah israel, semoga bapak sudi memberi pendapat
dan pengetahuan.

Apakah perjanjian Tuhan dgn bangsa israel yg terkait dgn tanah perjanjianNya dgn bangsa israel terus berlaku hingga akhir jaman meskipun Kerajaan Allah sudah berpindah ke tanah Jawa dan perjanjian Tuhan dan bangsa Israel banyak yg tdk dipatuhi israel ?

Menurut pandangan dunia, bangsa israel dianggap sudah merebut tanah palestina dan ada yang menganggap mencaplok wilayah palestina sbg kedaulatan israel, tetapi saya melihatnya tanah perjanjian Tuhan dgn bangsa Israel tetap berlaku sampai skg dan tetap Tuhan yg menjanjikan itu setia, akan tetapi terkait dgn Kerajaan Allah yg berpindah dr tanah israel ke Jawa apakah tetap tanah israel mendapat perhatian khusus dr Tuhan seperti yg dulu?

Bapak, saya ga bosan2 utk memohon kpd bpk agar masih berkenan menasehati dan membimbing saya, soalnya rasanya batin saya "terhambat" utk belajar lebih jauh utk mendalami tulisan bpk, utk berdoa pun rasanya ga lengkap, ada yg kurang. Saya tdk bermaksud mengkultuskan bpk, tp memang terasa nyata di batin dan jiwa saya bahwa karena bapak lah Tuhan berkenan kpd saya, karena bapak lah Tuhan mau memperhatikan saya. Saya tahu saya masih banyak salah pak dan masih lambat utk berbuat, saya mau berubah pak saya mau lebih sungguh2 lagi pak. Saya mohon bpk sudi utk membimbing saya lagi.. Terima kasih banyak pak


 J :     Tanah Israel adalah tanah yang dijanjikan Allah untuk bangsa Israel.
Dan perjanjian Allah tentang tanah Israel itu tetap, sampai kapanpun.

Tentang tanah Israel itu, tanah yang dijanjikan Allah untuk bangsa Israel, ada di dalam cerita ketuhanan dan kenabian Israel.

Tetapi tentang Tuhan, ada banyak "versi" orang tentang Tuhan
Masing2 agama "merasa" punya Tuhan sendiri2, punya versi dan persepsi sendiri2 tentang Tuhan.
Tetapi tidak semua agama sejalan dengan ketuhanan Israel,
dan tidak semua orang mengimani kenabian Nabi2 Israel.

Jadi kita tidak perlu mempertentangkan perbedaan pendapat tentang tanah Israel, karena sumber permasalahannya ada pada perbedaan "versi" dan persepsi orang tentang Tuhan.
Nanti pada Hari Penghakiman semuanya baru akan jelas siapa yang dibenarkan dan siapa yang salah.


_____



 A :     Selamat malam pak java, sebelumnya saya ingin berterima kasih banyak atas perkenan bpk menjawab
semua email2 saya kemarin.. terima kasih banyak pak.

pak, saya ijin bertanya lagi.. kenapa yah pak, sering sekali saya dapat mimpi yg "rasa" batin saya bilang mimipi dari bapak atau mungkin pesan dari sedulur papat yg menyampaikan pesan dari bapak, tapi sosok gambaran dalam mimpi saya itu perempuan, sering sekali tapi batin saya yakin mimpi itu dari bapak. dulu kan bapak pernah bilang sosok dalam mimpi sering sekali hanya gambaran saja. tapi menurut rasa saya kok sepertinya ada kaitannya..
beberapa waktu lalu saya pernah mimpi kedatangan bapa Abraham, tapi rasa batin saya bilang itu palsu, dalam mimpi itu memang saya merasa dia Abraham, tapi rasa batin saya dgn "melihat" wataknya bilang bukan.. saya lagi fokus untuk belajar peka rasa untuk menilai arti2 mimpi dan kejadian2 nyata yg saya alami pak. karena saya takut kalo ada sesuatu yg negatif menyesatkan saya, saya belajar eling dan waspada saja pak.

 J :     Sosok wujud di dalam mimpi memang kebanyakan sifatnya adalah perlambang.
Tinggal kita cermati saja maksudnya.


_______



 A :     Selamat malam pak, saya mohon koreksi atas latihan deteksi saya.
Semalam saya latihan mendeteksi gaib yg ada di rumah, saya panggil / cari yg kekuatannya paling tinggi dan saya suruh duduk di hadapan saya. Waktu saya raba energinya, terasa hangat dan menggambarkan hawa kewibawaan, tapi dalam gambaran batin saya tergambar sosok manusia laki2 tua rambut agak botak separuh di depan dan panjang ke belakang sampai pundak.
waktu saya tayuh tentang gambaran tadi jawab sedulur papat benar, tapi kok katanya bukan dari bangsa jin dan bukan sukma ya pak ? apakah benar sosok itu ada ? dan dari bangsa apa ya pak yg benar ?
terima kasih

 J :     Iya ada, 750 KRK.
Itu aslinya dulu sosok wujudnya seperti raksasa buto, tapi sekarang dia sudah baik, mau merubah wujud dan energinya menjadi seperti manusia supaya bisa masuk ke rumah anda.
Mungkin dia mau belajar kepada anda.
thanks


 A :     Pak, apa gaib yg sosoknya seperti raksasa buto itu memang bukan dari bangsa jin ?
Waktu bapak deteksi rumah saya, apa benar di depan rumah saya juga banyak gaib2 yang "menunggu" karena tidak bisa masuk ?
terima kasih..

 J :     Bukannya tidak bisa masuk, tapi hanya menonton / memperhatikan saja dari luar.


______



date: Mon, Jul 14, 2014

 A :     Selamat malam pak,
beberapa hari lalu kan saya menurunkan energi dgn fokus batin kpd Tuhan,
saya memang merasa hawa energinya sejuk2 agak dingin dan terasa "berat" di tangan, dan saya coba serap banyak energinya di sukma dan tubuh

selang beberapa hari saya meriang flu pilek,
lalu saya coba beri energi hangat di dada, tenggorokan dan hidung,
mungkin sugesti saya terlalu panas jadi besoknya saya radang tenggorokan
lalu saya ubah lagi energinya jadi agak sejuk di tenggorokan tapi di paru2 tetap hangat,
besoknya radang tenggorokan hilang, pilek mulai reda tapi saya jadi batuk2 sampai sekarang,

saya ingin tanya apa sekarang energi di tubuh saya jadi acak2kan ya pak ?
apa kasus saya ini karena adanya energi yg tidak merata pak ?

kalo untuk penyembuhan penyakit dgn metode energi apakah ada sugesti khusus kpd energinya pak ? misal untuk menyembuhkan sakit peradangan organ dalam atau adanya sel2 tubuh yg rusak itu sugestinya gimana ya pak ?

maaf mengganggu, terima kasih banyak pak


 J :     Iya sekarang ini energi di tubuh anda campur aduk.

Kalau bermain energi untuk pengobatan / penyembuhan, seharusnya energi di seluruh tubuh diselaraskan dulu, turunkan energi ke seluruh tubuh, merata dan selaras di seluruh tubuh. Jangan sampai ada bagian yg panas, tapi ada bagian lain yg dingin, ada bagian yg kering, bagian lain basah. Diselaraskan dulu semuanya.

Seandainya sesudahnya nantinya ternyata energinya terlalu dingin, tinggal dimasukkan energi yg hangat atau agak panas, merata.
Begitu juga sebaliknya, kalau ternyata energinya terlalu panas, tinggal dimasukkan energi yg lebih sejuk atau agak dingin, merata.

Prinsipnya sama seperti menyisir rambut, disisir dulu semuanya, jangan ada bagian yg kusut awut2an
Sesudahnya tinggal rambutnya dibentuk modelnya.



 A :     Terima kasih deteksinya pak, ini sekarang apa sudah benar energinya selaras ?
Berarti lain kali energinya diselaraskan dulu rata ke seluruh tubuh, lalu jika ada bagian tubuh / organ yg butuh kondisi energi yg lebih panas / sejuk / dingin, yg diselaraskan jadi panas / sejuk / dingin adalah keseluruhan energi yg di badan ya pak ?
Berarti saya salah, hehehe...

Terima kasih pak


 J :     Masih ada yg belum merata, tapi sudah lebih baik daripada kemaren.

Sebenarnya kalau anda cerdik, kalau anda merasakan tubuh anda demam, panas dingin, masuk angin, dsb, anda bisa menetralisir ketidakseimbangan energi tubuh dengan cara mandi biasa saja guyuran basah semua dari atas kepala sampai kaki.
Paling baik dengan air hangat.

Dengan cara mandi itu dalam setiap guyurannya anda lakukan sambil menyerap energi hangat dari airnya.
Nantinya akan anda rasakan kondisi tubuh anda lebih segar.
Usahakan energi yg terserap bisa merata terserap ke dalam tubuh anda.
Lebih bagus lagi kalau mandinya pakai shower.

Walaupun sakitnya mungkin tidak langsung sembuh, tapi cara itu sudah bagus untuk membantu penyembuhan, membuang energi negatif dan yang tidak selaras dengan energi tubuh, mengisi energi tubuh dengan energi yang positif dan untuk menyelaraskan energi tubuh menjadi positif.


 A :     Oh iya ya pak, saya gak kepikiran untuk langsung mandi guyuran air hangat sambil nyerap energinya..
hehehe..
Oke deh pak, terima kasih banyak ya pak. maaf mengganggu waktunya..



______



date: Tue, Jul 15, 2014

 A :     Selamat sore pak, saya ingin bertanya tentang Tuhan dan pekerjaanNya semoga bapak berkenan
memberi pendapat dan nasehat buat saya.

Kenapa Tuhan berkenan memberikan saya karunia yg begitu besar buat saya sedangkan saya belum melakukan apa2, bahkan saya masih sering bergelut dgn kekotoran dan keinginan daging yg tdk baik ?

Misalnya wahyu Dewa biasa yg berubah jadi Wahyu keningratan pada saya, mahkota gaib raja jawa, Energi Hidup, bahkan jauh sebelumnya Tuhan berkenan mengangkat dan menjanjikan KuasaNya kepada saya (petunjuk lewat mimpi) padahal saya masih belum apa2, sampai sekarang pun saya masih sering degil hati dan belum berguna buat Dia, sedangkan (menurut pandangan saya) masih ada yg lebih pantas menerima karunia2 itu drpd saya, misalnya rekan dalam obrolan 6 dan 8 dan rekan2 pembaca yg lain, mungkin memang saya yg tidak tahu tentang karunia yg sudah diberikan kpd Anak2Nya yg lain.

Untuk mahkota gaib ini pun sebenarnya saya bingung, saya saja masih belum bisa benar mendeteksi gaib kok sudah diharapkan jadi raja dialam gaib, apalagi bapak bilang saya diharapkan jadi tokoh spiritual keTuhanan, padahal masih ada yg lebih layak menerimanya.

Bukannya saya tidak suka atau ingin menolakNya pak, tapi justru saya ingin belajar lebih memahami / mengenal Tuhan dan pekerjaanNya dgn benar. Jujur saya sangat malu sekali kpd Tuhan atas sikap buruk dan kedegilan hati saya yang masih banyak sampai sekarang, sampai berdoa pun saya malu sekali menghadap Tuhan jika ingat begitu besar KasihNya yg diberikan jika ingat sikap hidup dan hati saya yg masih belum banyak berubah. Juga kepada bapak saya malu sekali sebenarnya, tapi maafkan saya ya pak jika masih sering2 bertanya dan mengganggu, karena saya ingin sekali berubah dan lebih baik lagi meskipun mungkin pelan2.

Akhir2 ini saya ingin sekali banyak bertanya seputar Tuhan dan pekerjaanNya jaman2 ini kepada bapak, berhubungan dengan banyaknya mimpi dan petunjuk yg saya terima, tapi saya tahu diri dan belajar memaksimalkan dulu apa yg sudah bapak ajarkan, tapi kali ini boleh ya pak saya dapat pencerahan dari bapak lagi. Mohon maaf kalo ada yg salah dgn pertanyaan saya pak, terima kasih..

 J :     Anda hanya menerima saja apa yang dikaruniakan kepada anda, bukannya mencapai karunia.

 A :     iya pak, saya mengerti kalo apa yg saya terima ini bukan karena hasil pencapaian saya namun memang
murni saya hanya menerima. Justru disitulah yg saya ingin ambil pelajaran dari Tuhan dan pekerjaanNya pak, memang saya hanya menerima namun sering saya bertanya2 "kenapa saya, sedangkan ada yg lebih pantas menerimanya",
jika saya merenungkan hal ini dan bertanya ke Roh Kudus, timbul penjelasan2 yg sangat sulit saya "pahami' kemulianNya, pada saat2 seperti itu selalu saya sedih, malu dan menyesali diri saya yg masih seperti ini.

Soal sosok halus yg terakhir saya minta koreksi hasil deteksian saya itu juga contohnya, kenapa dia mau datang untuk belajar ke saya, apa yg ingin dipelajari, sedangkan saya seperti ini. Ya, saya hanya ingin curhat ke bapak, sebenarnya masih banyak yg ingin saya tanyakan tapi saya masih sulit menjelaskan lewat kata2, semoga saja setelah menulis ini dan mendapat pencerahan dari bapak saya bisa mengerti tentang diri saya, jalan hidup saya, pekerjaan dan kehendak Tuhan yg harus saya lakukan. Terutama semoga saya mampu menguatkan hati untuk mau memikul salib dan bekerja untuk Tuhan, mohon restu dari bapak ya pak.

Oh iya pak, di Surabaya sekarang hawanya terasa berbeda, dinginnya tidak biasa, apalagi setelah lewat tengah malam. Seperti ada sesuatu yg "mencekam", apakah ini ada hubungannya dgn kegaduhan di alam gaib ya pak?

terima kasih banyak atas perkenan dan waktu bapak.
selamat malam

 J :     Apa yang diterima manusia dari Tuhan semuanya adalah karunia , bukan karena prestasi, bukan karena
kehebatan dan keberhasilan manusia dalam menggapai / mencapai karunia, dan bukan karena kesucian si manusia di mata Tuhan. Semuanya adalah Karunia, Kemurahan Tuhan. Dengan usahanya sendiri manusia tidak dapat mencapai Tuhan. Itu adalah kemurahan Tuhan kepada manusia, bukan sebaliknya.

Tuhan banyak menabur benih dan karunia.
Mudah2an anda bisa menjadi tanah ladang yang subur yang mampu menumbuh-suburkan apa yang ditanam Tuhan dalam dirimu.

 A :     iya pak, terima kasih nasehatnya..
Selamat malam pak, GBU


______



date: Tue, Jul 22, 2014

 A :    
Selamat malam pak java, saya ingin bertanya pak, mohon petunjuknya.
Akhir2 ini saya ingin sekali berkelana jauh dari tempat tinggal saya, seperti ada keinginan kuat untuk menjauhi rutinitas kehidupan saya dan pergi untuk menyepi dan "melihat / belajar" sesuatu. Entah apa tapi ingin sekali seperti mengembara gitu, dan yg ingin sekali saya datangi adalah Pendopo Agung di Trowulan, Pegunungan Candi Dieng dan Lokasi Sendang Sono.
Menurut bapak adakah sesuatu yang menggiring keinginan saya ini pak ? atau hanya imajinasi keinginan saya sendiri saja ?

 J :     Mungkin itu tarikan rasa dari sukma anda yang ingin belajar sepuh.


 A :     2 hari lalu saya mimpi pak, saya bersama pasangan saya (entah siapa hehehe), seperti diberi sesuatu
oleh pasangan suami-istri dari putra Presiden SBY yang pertama (saya lupa namanya).
Sepertinya saya diberi semacam restu / berkat gitu, tapi gak tau tentang apa..
Setelah itu saya dapat mimpi lain tentang ada seseorang berkata kepada saya kira2 intinya (saya lupa cerita pastinya) "ada Roh Agung Alam Semesta di dirimu".
Apakah ada maksudnya dari mimpi saya itu pak ? .
atau apa ada lagi gaib yg datang kepada saya ?

 J :     Sosok2 di dalam mimpimu itu perlambang dari pribadi2 yang derajatnya lebih tinggi daripada kamu.
Tinggal kamu menggali artinya supaya tahu maksudnya.

 A :     Pak, kapan kira2 Satria Piningit muncul ?
Apa benar sebenarnya banyak bencana alam yang "dialihkan" saat2 ini sehingga mungkin tidak banyak terbaca oleh banyak orang ?

 J :     Selet-selete mbesuk ngancik tutuping taun.

 A :    
1. Menurut firasat saya juga begitu pak, ada tarikan rasa dari sukma saya pak. Hanya ingin minta koreksinya saja, siapa tahu karena "giringan" dari sesuatu yg negatif. Soalnya karena banyak belajar diam (meskipun masih sering banyak ngomong hehehe) dan belajar nyaman untuk "sendiri" saya keliatan aneh, hehehe..

2. Menurut firasat saya lagi pak, saya merasa itu perlambang sosok2 yg lebih tinggi dari saya (tandanya anak dari penguasa).
Nah... yg bikin saya bingung kan, yg ngasih restu itu si istri dari anaknya SBY, dan yg menerima si pasangan saya yg dibatin saya ya mantan saya yg dulu saya ceritain itu pak, padahal sampai sekarang saya masih berusaha terus membalikkan pikiran tentang yg dulu2 dan belajar kuat untuk hidup sendiri selamanya biar kedepan saya tidak terlalu berat dgn duniawi, meskipun saya ingin sekali punya teman hidup (kan jadi galau pak hhehehe).
Kalo hasil renungan saya dapat 2 perkiraan :
Pertama, ada sosok "besar" yg memberikan restu ke saya untuk memberikan pasangan seperti yg saya inginkan.
Kedua, sosok2 itu adalah Pribadi2 Anak Allah (tandanya karena mimpi selanjutnya ada orang bilang ke saya "ada Roh Agung Alam semesta di dirimu", tapi kok yg menerima bukan saya tapi pasangan saya dan juga restunya juga berupa apa belum jelas, takut ke GR-an saya hehehe..
Apa gambaran saya itu mendekati artinya pak ?

3. Selambat2nya akhir penutupan tahun. Oke, terima kasih banyak pak.

 J :     Sebaiknya anda belajar mencaritahu sendiri jawabannya.
apalagi tentang sesuatu yang tinggi
Kedepankan hikmat, jangan utak atik gatuk
itu berguna untuk menambah spiritualitas anda sendiri
thanks

 A :     Iya pak, hasil renungan saya memang sering campur dgn utak atik gatuk.. masih bingung pak..
Oke pak, saya perdalam lagi belajarnya.
Terima kasih ya pak.
GBU


 A :     Maaf pak, mau tanya lagi soal arti mimpi saya yg tentang pemberian restu dari pasangan suami istri
anaknya SBY ini.. Saya sudah coba belajar mengedepankan hikmat dan rasa, plus saya cocokkan dgn tayuhan. Apa arti mimpi ini berkaitan dgn perjodohan saya ?
Kalau salah mohon bapak bilang salah ya pak, biar saya belajar lagi utk menggali arti2 mimpi2 saya. Trims

 J :     Sosok2 di dalam mimpimu itu perlambang dari pribadi2 yang derajatnya lebih tinggi daripada kamu, jauh
lebih tinggi dan lebih mulia daripada kamu. Pribadi2 yang Illahi.
Mimpimu itu adalah mengenai sesuatu yg bersifat illahi, bukan duniawi. Jadi jangan menganggap itu semata2 mengenai keduniawian kamu.
Karena bersifat gaib, sedulur papatmu mewakili kamu.
Selebihnya tinggal kamu membuka hikmat untuk mengerti artinya, buka hikmat juga untuk mendapatkan pemberitahuan artinya dari sedulur papatmu.
thanks

 A :     Terima kasih pak, saya gali lagi nanti artinya.
Terima kasih



_______



date: Fri, Jul 25, 2014

 A :    
Selamat malam pak,
pak saya baru baca halaman baru di "ngobrol 6 Spiritual Ketuhanan",
disitu bapak menambahkan jawaban baru yg dulu tidak ada di email sebelumnya. yang nasehatnya seperti ini :
"Apalagi kalau dengan sudah tersambungnya anda dengan Tuhan itu anda termotivasi memanfaatkannya untuk semakin mengejar berkah / pamrih duniawi anda. Kita merasa benar, karena itu dimintakan langsung kepada Tuhan, bukan kepada selain Tuhan. Dan memang Tuhan tidak membatasi bentuk berkatNya. Tapi itu tidak patut. Dengan berbuat begitu kita tidak memuliakan Tuhan. Kita hanya memuliakan diri sendiri, hanya memuliakan duniawi kita sendiri. Hati-hati. Jangan sampai yang semula adalah berkat kemudian berubah menjadi laknat."

Tapi saya berterima kasih sekali ke bapak, karena tambahan nasehat di halaman itu mungkin gambaran tentang perilaku saya sekarang yg mungkin saya sudah meninggikan diri dihadapan Tuhan dan mungkin saya sudah termotivasi untuk mengejar duniawi. Atau mungkin saya sudah membuat Tuhan kecewa, setidaknya ini pembelajaran buat saya. Jika bapak berkenan mungkin ada nasehat lain buat saya, saya sangat berterima kasih pak. Terima kasih nasehatnya ya pak..

Pak, kalo saya boleh tau kenapa kok sudah lama rasanya saya tidak kedatangan sukma / gaib2 negatif ?? rambut kepala saya yg biasanya meremang tanda ada kedatangan gaib negatif juga jarang muncul. kapan hari sempat sih memang terasa ada yg datang mengganggu mungkin karena "penasaran", tapi setelah itu jarang, apa saya sudah mundur lagi kepekaan saya ya pak ?

Terima kasih banyak pak, GBU

 J :    
Bagian itu memang tidak ada pada email saya sebelumnya.
Kebetulan tulisannya nyambung, maka saya sambungkan disitu.
Itu menjadi nasehat untuk banyak orang untuk menambah baik kesadaran ketuhanannya.

Saya merasakan fenomena yg anda sebutkan itu terjadi pada banyak pembaca. Yang semula mereka mencari berkah duniawi melalui cara2 yang duniawi juga, ada juga yg mengatasnamakan Tuhan dalam perbuatan2nya itu, sekarang, sesudah situs saya memperkenalkan orang dengan banyak macam mahluk halus, dewa, bahkan dengan sesuatu yang illahi, mereka memanfaatkannya juga untuk mencari berkah duniawi. Tidak punya pengertian tentang Keagungan dan Kemuliaan Tuhan.

Secara manusiawi duniawi memang kelihatannya perbuatan2 itu benar, tidak salah. Tapi dengan berbuat begitu mereka tidak memuliakan sesuatu yg illahi itu, hanya dijadikan pembenaran untuk perbuatan2 yg duniawi, tidak menyadari bahwa berkat Tuhan bisa juga diberikan kepada manusia tanpa orangnya harus melakukan perbuatan2 yg sama dengan ngalap berkah.

Awalnya saya berharap bahwa para pembaca bisa lebih mengenal Tuhan, dan semakin memuliakan Tuhan. Dan berkat Tuhan bisa juga diberikan kepada manusia tanpa orangnya harus melakukan perbuatan2 yg sama dengan ngalap berkah. Tapi ternyata banyak orang tidak punya pengertian tentang Keagungan dan Kemuliaan Tuhan, dan tidak tahu memuliakan dan mengagungkan Tuhan. Hanya manis di bibir saja. Memang tidak semua benih Tuhan jatuh di tanah yang baik.


 A :    
Maaf pak jika saya lambat memahami jawaban bapak, maksud dari : "Saya merasakan fenomena yang anda sebutkan itu terjadi pada banyak pembaca",
itu fenomena yang mana ya pak ?
karena di email sebelumnya saya ada menanyakan beberapa fenomena.
Dan atas nasehat bapak ini saya ucapkan terima kasih banyak masih berkenan mengajari saya tentang apa yg berkenan dan baik bagi Tuhan, mohon maaf kalo saya terus menerus memohon untuk bapak berkenan menuntun saya selalu agar saya boleh punya pengertian tentang Keagungan Tuhan.

Dari jawaban bapak sebelumnya saya merasa, mungkin, ada rasa kecewa di hati bapak karena kami, para pembaca yg sudah banyak bapak bantu dan kasihi agar punya pengertian yg benar tentang Tuhan, tidak berlaku / berbuat seperti orang yang sudah mengenal Tuhan seperti saya yang bapak harapkan.
Saya mohon maaf jika memang saya sudah membuat bapak kecewa. Dan kiranya bapak berkenan untuk sabar menuntun saya agar benar2 mengerti Kemuliaan Tuhan dan tidak hanya manis di bibir saja.

Saya ingin hidup bersama Tuhan Yesus. Jika Dia sudah menutup pintuNya buat saya, apalah gunanya saya hidup pak. Saya tau banyak perbuatan saya yg sadar / tidak sudah bertindak munafik. Kiranya bapak berkenan untuk menuntun saya supaya tidak muncul kekecewaan di hati Tuhan karena perbuatan saya. Mohon bapak melihat hati saya, jika keinginan saya ini sesuatu yang kurang patut atau hanya untuk kemuliaan duniawi saya juga, mohon ajari saya untuk belajar yang berkenan di hadapan Tuhan.

Mohon maaf kalo ada salah pak, terima kasih banyak. GBU


 J :     Untuk orang2 yang sudah "Tercerahkan" pesan saya itu jelas.
Kalau masih belum jelas berarti anda masih belum tercerahkan.
thanks

 A :     Saya jadi tambah bingung pak..
Mohon doanya saja pak supaya Tuhan mau mencerahi saya.
Terima kasih banyak pak

 J :     Dipelajari saja maksudnya dengan hikmat.
thanks


______



date: Tue, Aug 5, 2014

 A :    
Selamat malam pak, saya ingin bertanya beberapa hal..

1. Bapak masih ingat adik sepupu saya yg kondisinya agak "terbelakang" yg fotonya pernah saya kirim ke bapak ? itukan dulu bapak bilang di badannya ada sepasang jin seperti genderuwo, tapi sudah bapak keluarkan dan bapak beri pagaran. Mungkin bapak berkenan utk mengecek kondisinya lagi, apakah dia benar diikuti oleh jin lagi ?

Soalnya gini pak, akhir2 ini saya dengar ortunya memanggil pendeta kharismatik utk menyembuhkannya tapi katanya dia diikuti mahkluk halus. Tapi saya kurang sependapat dgn pendeta itu, beliau menyuruh ortu saudara saya ini untuk memasang salib di setiap ruangan rumahnya bahkan di kamar mandi. Dan bilang jangan dibawa ke dokter karena bisa memperparah kondisi sepupu saya itu.

Saya ingin membantu mereka tapi sepertinya batin saya merasa belum waktunya, saya juga kurang yakin apa mereka mau menerima masukan saya, ya karena mungkin saya bukan siapa2 pak. Tapi saya kasihan dgn dia dan ortunya karena sering digunjing sama saudara2 saya yg lain..

Bahkan kemaren ada paman saya yg jelas2 mengatakan intinya lebih baik dibawa ke dokter daripada ke pendeta yg notabene meminta kuasa penyembuhan dari Tuhan. Saya marah sekali dengar itu, tapi memang saya tidak terang2an marah, hanya menjauh saja dari mereka.

Menurut bapak apa yg harus saya lakukan pak untuk menyembuhkan sepupu saya itu dari keterbelakangannya itu, terlebih saya ingin membungkam mulut2 orang yg sombong yg lebih percaya usaha manusia daripada Kuasa Tuhan. Saya sendiri dilema mau membantu, saya takut terjebak di sifat munafik dan merasa beriman. Mungkin bapak berkenan menasehati saya apa yg harus saya perbuat untuk menghadapi hal2 demikian.
(kalo menurut batin saya, di rumahnya memang ada tinggal beberapa sosok gaib negatif, dan juga, entah benar / tidak MUNGKIN dulu ayahnya pernah mengadakan perjanjian tertentu dgn gaib)

2. Apakah benar sukma saya sudah dikawinkan dgn orang lain pak ?

3. Saat ini apa saya masih diintai gaib negatif pak ? karena semalam saya merasa didatangi beberapa gaib negatif tapi sudah saya bersihkan. mohon deteksiannya.

Terima kasih pak

 J :    
1. Selama ini orang tuanya dan orang2 lain yang anda sebutkan itu tidak mengimani kuasa dan firman2 Tuhan, masih berpikiran manusiawi duniawi.

Kalau orang tuanya mengimani perkataan ini : bahwa yang terjadi pada anaknya itu bukan hukuman dan bukan karena dosa2 orang tuanya, tapi supaya dengan adanya itu nama Tuhan semakin dipermuliakan ....
bebannya akan semakin ringan.

Kalau anda ingin menolong, lakukan saja diam2.
Ajak saja anaknya itu kumpul ngobrol bareng. Sambil duduk bareng anda bisa menggunakan cara2 seperti di Pembersihan Gaib 4 untuk berdoa tersambung dengan Tuhan memintakan Tuhan menurunkan kesembuhan untuk anak itu.

2. Tidak.

3. Mudah2an tidak.

 A :    
1. Apa perlu saya ngobrol dgn ortu sepupu saya itu untuk memberi pendapat ? tapi saya ini kan hitungannya masih "kaum anak" apa pantas pak ?

Sebenarnya beberapa waktu lalu ada gambaran dalam batin saya yg "bercerita" tentang kejadian ini, entah gambaran ini ilusi saya atau tidak, batin saya "menggambarkan", saya datang kepada si orang tuanya untuk mengajak percaya kpd Kuasa Tuhan dan mengimaniNya secara keTuhanan, bukan agama. Dan berkat Kuasa Tuhan anak itu sembuh setelah kami doakan.
Tapi memang ada suatu hal dalam batin yg seakan menahan saya karena belum waktunya, termasuk waktu saya ingin membantu kesembuhannya dgn meminta pertolongan Tuhan waktu kami ngobrol berdua. Rasa saya mengatakan, biar dilakukan dulu semua usaha mereka yg mereka andalkan, biar supaya Mukjizat Tuhan turun, mereka tidak menaruh percaya pada usaha mereka dan menyangkali perbuatan Tuhan yg diberikan secara cuma2.

Tapi saya agak takut dengan "gambaran2" dalam batin dan pikiran saya terkait hal2 seperti ini pak, jujur saya takut kalau saya secara tidak sadar sudah meninggikan diri atas apa yg sudah Tuhan berikan kpd saya. Ada perasaan saya tidak patut berpikir seperti itu, tapi gambaran2 dalam batin saya itu sulit saya kontrol dan muncul2 sendiri. Saya sendiripun masih ingin belajar dulu memperbaiki moral dan membentuk diri saya supaya selaras dgn semua Firman Yesus, saya gak mau seperti orang buta menuntun orang buta yg akhirnya jatuh ke dalam lubang. Semoga Tuhan berkenan memberikan pribadi yg baru kpd saya yg selaras dan berkenan bagi Dia, tidak lagi berhasrat dgn hal duniawi.

Jadi yg selama ini saya lakukan untuk membantu kesembuhannya cuma coba mensugesti sukmanya untuk bisa berlaku normal dan tidak boleh berlaku kasar sama orang tuanya. Karena dari yang saya dengar sepupu saya ini sering memukul kepala ayah ibunya kalo ditegur karena suatu hal. Dulu dia sering keluar malam sampai ke luar kota jalan kaki, sampai pernah ditipu orang di tengah jalan, laptopnya diambil dan ditukar hp cina. Lalu saya coba sugestikan sukmanya dan salurkan Energi Tuhan yg diberi kpd saya untuk membantu kesembuhan perilakunya. Puji Syukur sekarang dari yg saya dengar sejak itu sudah tidak pernah lagi menghilang dari rumah.

2. he he he.. saya ke PeDe an berarti pak.. hehehe

3. Saya ingin minta nasehatnya lagi pak. Dari yg saya bapak nasehatkan, berdoa itu dengan tulus dari hati dan jangan kebanyakan meminta seperti orang yg tidak mengenal Allah. Yang jadi permasalahan saya, kadang bingung kalau berdoa saya harus ngomong apa sedangkan Tuhan sudah tahu isi hati saya sebelum saya ucapkan dan pikirkan dan tahu apa yg saya perlukan.
Akhirnya cenderung dalam berdoa saya bingung sendiri apa yg akan saya sampaikan dan mengulang lagi permohonan saya yg kemarin2. Ditambah rasa malu saya kpd Tuhan. Mungkin saya harus belajar bagaimana cara memuji Tuhan dalam doa ya pak. Mohon nasehatnya pak.

4. Tadi malam saya mimpi, di atas langit ada warna hitam pekat yg seperti air mau turun. Saya disitu tahu kalo akan ada bencana yg mau datang. Saya ajak ibu dan bibi saya utk naik ke atas rumah, dan nasehatkan kpd mereka untuk tidak membawa barang berharga apapun untuk diselamatkan, tapi bibi saya itu tetap mencari perhiasannya untuk diambil. Lalu saya sentak "jangan dibawa !! Jangan berat hatimu ke hartamu, nanti kamu mati !". Dan dia nurut lalu kami naik, dan air hitam pekat dari langit seketika turun menggenang daratan sampai melewati batas tinggi manusia.
Apa ada pesan dari mimpi ini pak ?

Terima Kasih, maaf pak saya banyak bertanya lagi...

 J :    
1. Bisa juga anda mencoba gambaran batin anda itu bersama orang tuanya mendoakan kesembuhan anak itu.
Kalau tidak, lakukan saja diam2.
Ajak saja anaknya itu kumpul ngobrol bareng.
Terus sambil duduk bareng anda gunakan cara2 di Pembersihan Gaib 4 untuk berdoa tersambung dengan Tuhan meminta Tuhan menurunkan kesembuhan untuk anak itu.

3. Kalau ada yang ingin anda sampaikan, sampaikan saja langsung.
Sesudahnya anda bisa menyanyikan lagu2 pujian atau membaca kitab suci.

4. Pasti ada pesan.

 A :    
Baik pak, saya coba nanti kalo ketemu dgn sepupu saya itu. Namun kalo boleh dapat nasehatnya, apa yg saya rasa dalam batin tentang waktunya belum tepat, juga gambaran2 batin saya yg lain tentang hal itu apakah itu "kecohan" buat saya atau gimana ya pak ? Karena banyak sekali gambaran2 di batin saya yg terkait dgn hal2 seperti itu, yg sering bikin saya takut sendiri.
Sedikit banyak sekarang, berkat bapak, saya sudah mulai bisa membedakan suara2 dari sedulur papat, pancer, dan roh lain meskipun belum akurat benar. Kadang juga saya mulai ngerti membedakan gambaran batin tentang sesuatu yg akan terjadi, dan akhirnya terjadi, meskipun banyak yg ilusi2nya. Tapi yg terkait tentang Tuhan saya takut sendiri kadang2..

Seperti mimpi saya di atas ini lah contohnya pak, sebelum mimpi itu, saya sering dapat gambaran2 tentang hal2 itu jauh sebelum ini, dan sekarang saya dapat mimpi tentang ini. Mungkin nasehat ini benar2 "nyata" buat saya.

Apakah mimpi itu benar datang dari Tuhan pak ?

 J :     I​tu PR untuk anda mencaritahu jawabannya
Kalau anda yakin itu datang dari Tuhan, tinggal anda membina hubungan yang berkualitas dengan Tuhan.​
thanks


 A :     Iya pak, saya masih belajar terus untuk membina hubungan yg pribadi dengan Tuhan dengan baik.
Namun memang saya masih sulit untuk benar2 menghayati seperti nasehat bapak dulu, kadang saya "kuat" kadang saya tergoda dengan keinginan daging saya. Tapi saya berusaha untuk tidak kalah dan minta pertolongan Tuhan supaya dimampukan untuk menang..

Beberapa hari ini, saya mencoba untuk "memberanikan" diri saya untuk minta petunjukNya langsung, mengenal suara dan pendapatNya langsung meskipun dalam hati saya merasa keciiiiiil sekali, seperti tidak berani untuk bicara, tapi saya belajar untuk mengenalNya langsung. Tapi mungkin ada motivasi saya yg salah, atau saya belum bisa tersambung dengan Tuhan dengan benar atau mungkin karena saya belum bisa menghayati jawabanNya, sehingga saya masih belum jelas mendapat petunjukNya langsung.

Jika bapak berkenan, mohon nasehati saya lagi tentang hal ini, mohon juga bapak berkenan menyampaikan permohonan saya kepada Tuhan supaya saya boleh mengenal dan membina hubungan pribadi yg baik dengan Pribadi2 Tuhan.

Akhir2 ini, entah saya yg kurang jelas atau salah dimananya saya merasa kalau berdoa lebih dekat dengan Allah Bapa, entah karena saya terbiasa untuk belajar mengimani Roh Kudus BaptisanNya, saya juga merasa "rasa"nya berbeda. Seperti juga yg rekan obrolan 8 rasakan. Mohon bapak lihat saya, saya pasti banyak salahnya, mohon ditegur sayanya pak kalau bapak berkenan.
Terima Kasih

 J :     Kalau anda merasa dalam berdoa lebih dekat kpd Bapa, itu sudah benar
karena misi Yesus adalah menarik orang kembali kepada Bapa
dan mengenai kegaiban Allah di dunia, semuanya berasal dari Bapa
Yesus melaksanakan dan memberikan pembimbingan
Tapi lebih baik kalau anda bersugesti berdoa kepada Allah Tritunggal
karena Yesus adalah Tuhan juga
Yesus juga adalah Tuhan atas hari Sabat


_____


date: Fri, Aug 15, 2014

 A :    
Selamat malam pak.
Saya mau tanya2 lagi mohon bapak berkenan memberikan pemahaman kpd saya.

1. Ada penglihatan yg diberikan ke Nabi Zakharia ( Zak 11:14 ) tentang kedua orang yg diurapi Tuhan Penguasa Alam Semesta. Juga ada dalam surat wahyu tentang kedua pohon zaitun (wah 11:4). Apakah yg dimaksud dalam penglihatan2 itu adalah Yesus dan Sosok keempat ?

Bapak pernah menjelaskan Sosok Keempat datang dari Bapa sama seperti Yesus.
Apakah berarti Sosok Keempat juga sejak awal RohNya adalah Roh Kudus seperti Yesus ?

2. Pak, tadi saya dapat mimpi yg lumayan bikin saya kuatir. Pertama ada yg mengatakan kepada saya "pedangmu yg di tangan sebelah kiri belum layak untuk tumbuh", disitu saya merasa di tangan kanan ada pedang meskipun tidak terlihat, tapi saya bingung dgn perkataan orang itu pedang apa ?
Kalau menurut rasa saya, saya disuruh memperbaiki diri saya, tapi saya belum jelas pasti artinya.

Kedua, saya mimpi tidur2an menghadap langit dan melihat banyak sekali bintang terang bertaburan di langit dan saya berkata dalam hati " tumben2an langit cerah sekali dan kelihatan banyak bintang dari sini". Dan setelah itu, entah ini nyambung ke mimpi itu atau tidak (karena mimpi saya buanyak sekali) saya merasa melihat bulan sabit sekilas tapi tidak di langit tapi di pikiran dan saya berkata "kok bulan sabit sudah keluar padahal belum waktunya"

Apakah ada suatu hal yg buruk dari arti mimpi2 itu pak ?

3. Pak saya ingin bertanya seputar penulisan Alkitab dan terjemahannya antara yg diterjemahkan di Alkitab sekarang dengan perkataan2 aslinya yg dulu diucapkan, apakah bapak berkenan untuk membahasnya dengan saya ?  soalnya agak panjang juga yg mau saya tanya dan mungkin jadi sekilas membahas "agama" bukan "keTuhanan". Karena banyak yg saya lihat dalam terjemahan Alkitab yang menurut saya rancu (terutama di perjanjian baru) jika diikuti dgn menelisik di ayat2 yg terkait di perjanjian lama, yg jadinya buat saya bingung. Bingung jelasinnya tapi semoga bapak tahu maksud saya..

Terima kasih banyak pak.

 J :    
coba dicari jawabannya dengan hikmat
thanks

 A :     Kalau mimpi2 yg ini saya masih belum tahu pak. hehehe..

 J :    
1. Masih akan dipelajari dulu.
Sosok keempat itu adalah orang pilihanNya di bumi.
Bala tentaranya adalah juga bala tentara dari orang2 pilihan di bumi.


2. Mungkin ada gaib2 yg bersama anda, mungkin tinggal di rumah anda, yg tidak semuanya layak mendapatkan kemuliaan.

Mimpi yang kedua itu artinya akan ada "ancaman dan bahaya", tapi mungkin tidak langsung kena ke anda, hanya peringatan saja.


3. Mengenai isi tulisan yang berbeda antara tulisan aslinya dengan terjemahannya dan kecocokkannya antara yang di dalam perjanjian lama dengan di perjanjian baru ......

Soal itu sih saya bukan ahlinya, tidak bisa menjelaskannya.
Tapi sebaiknya anda memahami dulu bahwa Alkitab dan Injil sudah melalui perjalanan yang panjang dalam penulisan dan penerjemahannya dari awalnya dulu sampai sekarang Alkitab dan Injil itu anda miliki.

Ada banyak faktor yang menyebabkan adanya perbedaan penulisan aslinya dulu dengan yang sekarang ini anda miliki.

Misalnya saja sejak pertama sebuah firman diucapkan (misalnya melalui Nabi), mungkin pengucapannya tidak persis sama dengan hikmat yang semula diterimanya karena adanya selisih penerimaan dan pemikiran dari orangnya dan ada gaya bahasa sendiri dalam pengucapannya, apalagi kalau situasinya penuh emosi (misalnya teguran dan hukuman dari Tuhan). Ditambah lagi orang lain penulisnya mungkin tidak menuliskannya persis sama dengan yang diucapkan. Mungkin juga ada yang luput tidak tertulis.

Sesudahnya mungkin juga ada perbedaan bahasa tulisan dalam penerjemahannya dari tulisan aslinya huruf kuno dan bahasa ibrani kuno ke huruf dan bahasa ibrani yg lebih baru. Kemudian itu diterjemahkan lagi ke bahasa romawi / yunani, inggris, indonesia, dsb. Ditambah lagi kalau dalam penerjemahannya ada perbedaan juga dalam interpretasi penulisannya.

Faktor lainnya yg menjadi penyebab perbedaan adalah adanya tulisan2 yang berupa kiasan2 dan perlambang2 yang itu awalnya hanya dimengerti oleh orang israel saja, yang kemudian itu harus diungkapkan ulang dengan kata2 dan bahasa yg bisa dimengerti oleh orang banyak, bukan hanya oleh orang israel saja.

Saya sendiri memang menemukan juga beberapa ayat di perjanjian baru yang tidak sama persis dengan rujukannya di perjanjian lama. Tetapi karena kitab2 itu sumbernya berasal dari bangsa israel dan awalnya hanya beredar di kalangan orang israel saja, maka yang lebih mengerti isinya, termasuk kiasan2 dan perlambang2 di dalamnya, hanyalah orang2 israel sendiri.
Seharusnya orang2 israel lama (orang2 kristen awal) lebih tahu kalau memang ada yang berbeda. Tapi kalau mereka sendiri tidak mengkoreksinya, mungkin sebenarnya memang itu sudah benar. Mungkin adanya tulisan2 yang tidak sama itu adalah karena adanya perbedaan dalam penulisan ulang dan bahasa terjemahannya saja.

Contohnya, seperti Mesias saja masih ada kesimpang-siuran di kalangan orang israel dan di kalangan agama Yahudi. Sampai sekarang mereka masih menantikan datangnya Mesias (yang bukan Yesus Kristus). Apalagi tentang yang lainnya.
Juga pengertian Yerusalem, Yehuda, dsb, seringkali adalah kiasan, bukan kondisi duniawi aslinya, padahal itu dituliskannya di perjanjian lama.

Saya sendiri bukan ahli kitab, jadi saya tidak bisa menjelaskan semuanya.
Sebaiknya isi kitab suci dimengerti dengan hikmat, jangan hanya melihat yang tersurat saja.


 A :    
Terima kasih jawabannya pak.

Menanggapi jawaban bapak no 2, apa benar sedulur papat saya yg mengatur dan "mengajar" gaib2 yg datang di rumah saya ?

3. Terima kasih penjelasannya pak.
Iya pak, kadang2 saya juga sering bingung dengan rujukan2 yg ada di perjanjian lama, juga kadang agak gak nyambung kalo saya ingin belajar memahami latar belakang dari ceritanya.
Saya hanya belajar untuk lebih memahami saja alur cerita keTuhanan bangsa Israel, dan Hikmat2 PekerjaanNya, tapi mungkin itu mendorong saya untuk lebih berpikiran agama..

Oh iya pak, saya tadi siang waktu tidur seperti dapat mimpi tapi terasa seperti penglihatan, karena terasa nyata. Saya naik kereta ke kota Mojokerto kota kelahiran saya. Sesampai disana saya berhenti di halaman rumah orang, kebetulan orang itu mau menyembelih anjing untuk dimakan. tapi tiba2 anjingnya menangis sambil minta dia sendiri yg memotong lehernya. Tapi ternyata dia berdiri sambil menggorok sebagian lehernya dan tiba2 berubah jadi sepupu saya yg punya "sakit' itu pak. Saya tarik dia, lalu saya peluk lalu saya dudukkan di hadapan ibunya dan ibu saya. Kondisinya leher separuh tergorok tapi gak mati. Saya bilang ke ibunya, "kamu lebih penting uang atau anakmu??", karena menurut saya anak itu mau dimakan agar tidak keluar uang. Lalu ibunya menangis dan memeluk sepupu saya itu, tapi anaknya berontak.

Lalu kami doakan supaya sembuh, dan saya yg mimpin doa, tapi si anak berontak sambil berteriak kencang, akhirnya saya berdoa tidak fokus ke Tuhan karena sambil memegang dia dan teriakannya kencang sekali sampai mengundang banyak orang. Akhirnya dia pingsan karena terbentur pintu dan dibawa keluar oleh orang. Saya merasa doa saya kurang sempurna, dan menyesal kepada Tuhan ntah kenapa, lalu saya masuk kamar, sambil mohon ampun dan kesembuhan buat sepupu saya saya sujud di lantai kamar sampai muka menyentuh lantai. Tapi lagi2 ada yg mengganggu doa saya, ada tikus yg tiba2 nyelonong di antara muka dan lutut saya selagi sujud. Saya kaget dan jingkat2 geli. Waktu keluar saya ketemu sepupu saya sudah sembuh.

Apa arti mimpi ini tidak baik ya pak ? Karena sebelum tidur waktu baca Alkitab beberapa kali telinga saya tiba2 seperti meletup2 dan berdenging kencang. Beberapa hari ini memang saya merasa ada kondisi yg tidak baik. Menurut saya mimpi itu punya maksud lain yg lebih "darurat"..
Mohon pengertiannya jika berkenan pak,
terima kasih

 J :     Saya belum tahu arti mimpinya. Apa ya ?

 A :     he he he.. gak mungkin ah bapak gak tau..
kalo menurut saya ada beberapa perkiraan pak, tapi masih samar hehehe.. agak serem juga mimpinya.
Bapak kalo mencari tahu arti mimpi seseorang gitu langsung tanya ke sedulur papatnya atau ke yang memberi mimpi ? bagaimana caranya cari tahu siapa yg ngasih mimpi pak ?

 J :     Ke semuanya

 A :     Apa maksudnya karena saya diingatkan untuk segera membantu kesembuhan sepupu saya pak ?
karena memang saya belum sempat ketemu dgn dia..
Salah ya pak ? hehehe

 J :     Mimpinya itu bisa tentang sepupu anda, bisa juga tentang yg lain.
Itu mengindikasikan adanya kondisi yg belum sempurna.
Kalau itu berhubungan dgn gaib2 yg bersama anda, nantinya akan ada yg menyempurnakannya.
Tentang sepupu anda itu, yang lebih penting adalah kesempurnaan jiwanya, jangan berorientasi pada kondisi duniawinya.

 A :     Wah bisa bercabang juga ya pak artinya..
Saya ga kepikiran sama sekali tentang gaib2 yg bersama saya, kadang saya merasa sungkan karena ga pernah mencari2 tahu tentang gaib2 yg datang ke rumah dan juga gaib2 yg dulu pernah saya ajak belajar menayuh seperti Mbah Trowulan. Selain gak tau mau bahas apaan, juga saya jadi takut "kebablasan", soalnya saya kalo kadung asik sama gaib2 saya mudah lupa sama yg lebih penting, mungkin bisa buat saya sombong. Makanya masih saya biarin sampai saya mampu dulu untuk bisa benar2 berubah. Padahal saya salut dgn gaib yg bapak bilang sosok awalnya seperti raksasa tapi mau merubah kondisi kejiwaannya biar bisa masuk ke rumah saya untuk belajar. Selama ini saya serahkan saja mereka kepada sedulur papat saya sambil minta dijaga Tuhan biar aman. Saya sendiri juga gak tahu apa ada gaib2 yg sehari2 ikut saya kemana2, menurut saya sih ada, mungkin beberapa, tapi saya gak tahu siapa2 aja. terakhir saya tayuh katanya sedulur jumlah gaib yg datang ke rumah sampai 100-an sosok. heran juga saya..

Soal sepupu saya, maksud bapak dari kesempurnaan jiwanya itu seperti apa ya pak ? kok sepertinya yg bapak maksud lebih "dalam" dari tulisannya..
terima kasih

 J :     Kesempurnaan jiwanya secara ketuhanan

 A :     iya pak, saya mengerti..
terima kasih ya pak bimbingan dan nasehatnya..
GBU





-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
<<  Kembali ke Ngobrol 5 - 9                                                                            Lanjut ke Ngobrol 5 - 11  >>