Ngobrol 4

    Terawangan / Melihat Gaib

 


Halaman ini berisi cuplikan dan editan tanya jawab Penulis dengan pembaca. Mudah-mudahan berguna untuk menambah pengetahuan dan hiburan.


---------------




 A :     Dear Pak Javanese2000.

Saya beranikan diri untuk menuliskan imel ini karena saya butuh kepastian dari pertanyaan2 yang sekarang ini ada di pikiran saya.

Akhir tahun lalu, ketika saya sedang dibacakan tarot.. tiba2 pembaca tarotnya bilang bahwa energi saya ada yang aneh, seperti ada yang guna-guna atau ada yang "nempel". Saya kaget luar biasa, karena belum pernah ada yang berkata seperti itu kepada saya. Memang setahun terakhir kemarin saya merasa punggung saya gak enak dan berat badan juga menurun.

Setelah bertanya ke teman, saya disarankan untuk mandi di laut. Kebetulan saya mau berlibur di Bali.
Tetapi hasilnya tetap merasa punggung atas bagian kiri agak krenyes-krenyes dan pegal.

Saya datang ke Pak Tjokorde (pandita di bali), dan setelah dipencet2... seluruh titik2 yang dipencet di kepala bagian kanan saya sakit semua. Beliau tidak bilang kalau saya ada yang menempel, tetapi 1-2 jam kemudian saya merasa sakit kepala hingga muntah... seperti masuk angin.

2 teman saya yang memiliki kemampuan untuk melihat juga mengatakan ada sebuah bayangan hitam yang tampak seperti saya dan agak parasit, karena apa yang saya makan dia juga mau makan.

Akhirnya saya ke seorang Pak Haji, tetapi beliau bilang.. saya tidak diguna-guna.. tetapi yang mengikuti saya ini adalah semacam khodam titipan leluhur. Beliau tidak mau menjelaskan lebih detil, tapi saya disarankan untuk sering mengirimkan al Fatihah kepada "Mawar".

Tapi punggung saya masih merasa sakit.. sehingga teman saya yang lain berusaha untuk menghilangkan dengan memijat dan mengucapkan Surat Kursi... selama seminggu, punggung agak enakan tapi lalu muncul rasa sakit lagi.

Kemarin saya bertemu teman lama yang juga bisa melihat dan dia bilang bahwa yang mengikuti saya benar adalah khodam leluhur yang sakti dan sebaiknya tidak dihilangkan karena bisa dimanfaatkan. Hanya saja cara yang "dia" lakukan sekarang kurang tepat. Teman saya menganjurkan agar aku lebih rajin sholat.

Sakit di punggung saya belum juga hilang, dan terus terang saya antara kesal dan penasaran dengan yang mengikuti saya karena rasanya agak mengganggu. Sejak SMA, saya memang sering diberi tanda2 lewat mimpi tentang cowok2 yang dekat dengan saya, sehingga cowok2 tersebut tidak bisa berbohong kepada saya... tetapi ini jadinya membuat saya juga takut mendekati cowok karena takut banyak kejelekan cowok ini yang saya jadi tahu. Akibatnya juga, hingga kini saya pun belum menikah.

Saya mohon bantuannya kepada Bapak, mungkin bisa menggambarkan seperti apa rupa yang mengikuti saya dan apa yang harus saya lakukan agar punggung saya tidak sakit lagi. Kalau memang khodam pendamping ini tidak bisa/perlu pergi, apa yang harus saya lakukan agar saya bisa lebih berdiskusi dengan beliau.. karena saat ini saya cukup kesal, karena saya merasa dia hanya searah berkomunikasi dengan saya lewat mimpi.

Berikut saya lampirkan foto saya.

Terima kasih sebelumnya,
Salam,


 J :     Kalau anda bisa membaca rahasia cowok teman2 anda, tolong dong saya juga dibacakan.
Saya juga ingin tahu apakah yang anda tahu itu benar ataukah sebenarnya tipuan dari khodam anda itu.

      
 A :     Terima kasih atas balasannya yang cepat.
Maaf, saya kalau ditanya apa rahasia bapak saya juga gak tahu. Karena saya gak bisa neropong atau nerawang dgn otomatis. Semuanya terjadi tanpa sengaja atau terjadi begitu saja.

Biasanya itu terjadi pada cowok2 yang sedang dekat dgn saya dan intens dekatnya (pacar). Biasanya saya dikasih tahu lewat mimpi atau ada orang lain yg nunjukin atau kadang saya ngomong sesuatu yg saya jg gak terlalu ngerti maksudnya (pada saat itu).

Lewat mimpi juga bisa bikin saya mampu bangun bergetar, tapi kadang saya gak ngerti maksud mimpinya apa (biasanya nunjukin apa yg akan terjadi atau yg dirahasiakan)... Dan saya baru bisa ngerti setelah kejadian.
Misalnya:

- ketika SMA, saya mimpi cowok yg saya suka pakai helm ungu terong, besoknya saya ketemu dia pakai jaket ungu terong (cuma sekali itu aja dia pakai)

- pas mau putus dengan pacar lama, saya banyak dikasih petunjuk apa yang dia lakukan di belakang saya (misalnya dia berhubungan dengan mantan atau dia terlalu dekat dengan sahabat perempuan). Mimpinya tersirat banget sampai saya jg bingung mengartikannya, tapi setelah kejadian dan kebuka semuanya - ternyata it makes sense.

- saya pernah punya pacar tinggal di london. Suatu malam saya mimpi suasananya gelap tapi berdialog marah2 dgn dia karena dia berhubungan lagi dgn mantannya. Besok paginya, saat dia telpon tiba2 dia ngaku kalau bbrp hari sebelumnya dia telpon dgn mantannya --- dan terjadilah dialog marah2. Setelah saya tutup teleponnya, saya baru ingat kalau dialog yg barusan terjadi sama persis dengan dialog di mimpi.

- pacar saya 2 tahun lalu sering merasa sesak spt dicekik kalau dekat saya. Pas mau putus, saya sering dikasih firasat dan akhirnya dikasih lihat lewat teman kalau dia pergi dengan mantannya.

- cowok yg dekat dgn saya setahun terakhir ini saya sering dikasih mimpi selalu ada perempuan lain hingga akhirnya saya mimpi dua kali ada ibu2 agak gemuk marah2in saya untuk menjauhi cowok ini. Saya gak takut tapi saya heran aja, karena ibu2 ini muncul di setting yg aneh (tiba2 muncul pas mimpi mau presentasi kerja dan pas mimpi di rumah).

Saking seringnya saya dikasih petunjuk jelek soal cowok2 yg dekat dgn saya, saya jg kesal sendiri... Mbok ya sekali2 dikasih lihat yang bagus. Tapi ya mungkin mereka bukan jodoh saya.

Dari dulu saya hanya berpikir firasat atau insting saya yg tajam, baru beberapa minggu lalu dikasih tahu adanya khodam pendamping ini. Dialah yg berperan ngasih firasat soal cowok2 ini ataupun ke orang2 yg mungkin bersikap jahat thd saya. 

Apalagi ya? Saya juga bingung ngejelasinnya Pak. Kadang saya bisa "tahu" kepribadian atau keinginan orang yg dekat dgn, termasuk dgn klien -- ini membantu saya untuk menyesuaikan kerjaan. Tapi kalau firasat saya jelek thd orang tsb saya jg gak segan2 untuk membukanya kalau sedang marah.

Saya bukan orang yg bisa fokus, dan terus terang saya jg agak takut utk terlalu fokus. Pernah iseng saya dengerin Cd Quantum Ikhlas untuk menajamkan firasat. Baru 2 minggu, saya merasa terlalu sensitif hingga suatu siang saya tiba2 berkeinginan pengen jalan-jalan ke sebuah kota di Papua (tempat kerja dulu) karena kangen dan tiba2 saja saya berada di sana. Rasanya seperi ada dalam terowongan dan sisi saya seperti bergerak spt di film2. Saya sadar saya masih tidur2an di rumah bogor tapi saya jg kaget kok bisa berada di Papua. Akhirnya saya memutuskan untuk jalan, dan ternyata saya bisa jalan2 sedikit tapi karena saya takut gak bisa kembali ke tubuh.. Saya langsung minta balik dan tiba2 sudah tersadar di tempat tidur lagi. Sejak itu gak berani dengerin CD Quantum Ikhlas lagi.

Intinya, yg ingin saya tanyakan apakah energi yang menjagaku itu bener ada?
Seperti apa rupanya, apa yg dia mau dari saya dan apakah dia yg selama ini menghalangi jodohku?

Saya sebenarnya sudah beberapa minggu lalu ketemu website ini (tanpa sengaja). Karena baca website inilah, saya sampai beli saffron oil dan mandi saffron. Tapi ya kok rasanya masih begini2 juga.

Oh ya, 2 malam lalu saya merasa ada spt energi listrik halus mengalir di bahu kiri saya. Apakah itu bapak? Sejak itu gak terlalu sering terasa nusuk2 sih... Masih berasa ada yg nekan dan kadang ada yg nusuk tapi gak sesakit beberapa hari sebelumnya.

Maaf panjang, saya bingung jg menceritakan hal ini. Saya tunggu jawabannya.

Terima kasih


 J  :    Justru saya minta diterawang supaya saya bisa menentukan apakah yang mengikut anda itu baik atau
tidak, karena di satu sisi anda merasa kebebanan, dan pasti anda juga akan merasa takut kalau tahu sosok wujud aslinya, tapi di sisi lain dia juga memberi manfaat. Hanya saja saya belum tahu apakah semua yg diberitahukannya kepada anda itu benar. Kalau ada unsur nipunya, maka khodam anda itu akan saya buang.

Kalo gitu anda tidak perlu mencaritahu rahasia saya, cukup anda sampaikan saja apa yang anda tahu / lihat dari melihat foto saya di artikel saya yg paling atas supaya saya tahu apa tindakan selanjutnya yang harus saya lakukan.

thanks


 A :     Aduh saya jadi bingung Pak... bapak kok tidak bisa langsung menjawab pertanyaan2 saya?
Bukankah bapak juga sudah "melihat-lihat" saya?
Saya diberitahu bahwa penjaga / pendamping saya adalah titipan dari leluhur saya... entah ini benar atau tidak, saya tadinya berharap Bapak bisa menjelaskan. Saya sama sekali tidak bermaksud ngetes Bapak.

Saya juga belum berani menerawang seperti itu, Pak....Saya ragu itu insting saya ngomong atau saya aja yang memiliki imajinasi tinggi saat menceritakan apa yang saya lihat / rasakan.
Terus terang saya tadi lihat foto bapak yang merokok cerutu, kepala jadi agak pusing / berat / pening
dan tangan kiri saya berdenyut hingga terasa ke ujung jari tangan.
Kalaupun saya ceritakan lebih detil apa yang saya rasakan saat melihat foto Bapak, saya takut dianggap sok tahu dan/atau menyinggung perasaan bapak.

Mungkin sebaiknya kita stop sampai di sini aja ya Pak... saya masih agak pening.
Terima kasih banyak dan maaf mengganggu :)


 J  :    Foto saya yang merokok cerutu itu ada di artikel mana ya ?

Maaf deh yah mbak ya. Jangan sampai anda berpikiran negatif.
Saya tidak bermaksud ngetes anda, juga tidak bermaksud mempermainkan atau "menggantung" permasalahan anda, justru saya ingin kepastian apakah khodam anda itu baik atau tidak, menipu atau tidak.

Tapi memang banyak orang berkhodam mengalami yang sama dengan anda.
Apa yang anda alami itu adalah "tanda" dari khodam anda supaya anda jangan terlalu dalam menelisik saya, karena besar resikonya bagi si khodam kalau ia sampai salah memberitahukan sesuatu tentang saya. Tapi saya tetap berharap anda mau menceritakan apa saja yang anda lihat dari foto saya.

Sebenarnya yang mengikut anda itu bukan khodam dari leluhur, bukan khodam titipan dari leluhur, tapi adalah sukma leluhur anda sendiri. Sukma nenek2, tapi wujudnya adalah pocong yang kain kafannya kotor seperti belepotan tanah merah kuburan. Jadi dalam kondisi sehari2nya anda seperti menggendong pocong. Mungkin beban energinya sudah menyusahkan anda.
Mungkin orang2 lain sudah dikelabui penglihatannya, mungkin juga mereka tidak bisa melihat wujud aslinya, sehingga untuk mudahnya mereka mengatakan bahwa itu adalah khodam dari leluhur atau khodam titipan dari leluhur anda.

Karena sifatnya yang sangat sensitif ini maka saya juga sangat berhati2 untuk tidak begitu saja menyampaikannya kepada anda. Tapi kelihatannya sukma leluhur anda itu tidak bermaksud negatif. Keberadaannya sama seperti sukma leluhur orang lain yang ingin mendampingi anak / cucu keturunannya. Hanya saja wujud pocongnya itu mungkin membuat anda tidak menginginkannya.

Kalau itu masalahnya saya bisa merubah wujud pocongnya itu menjadi wujud aslinya yang bukan pocong, sama seperti perwujudan normal sukma2 yang lain. Mungkin nantinya suami si nenek akan juga ikut mendampingi anda.

terima kasih


 A :     Terima kasih atas keterusterangan bapak. Selama ini mereka yang saya tanyain memang sangat
berhati2 mengungkapkan energi yg mengikuti saya. Umumnya bilang wujudnya menyeramkan.

Terakhir - setelah saya paksa sedikit - sebelum imel ke bapak, saya dikasih tahu memang wujudnya nenek2, "cukup sakti" sehingga bisa berubah2 wujud, dan bila tidak suka atau marah bisa menjadi sangat menyeramkan.

Soal khodam itu kesimpulan saya sendiri. Selama ini memang hanya dibilangin "dari leluhur", saya gak pernah kepikiran kalau itu sukma leluhur saya sendiri.

Soal Javanese2000 dan foto bapak :

1. Saya mendapat firasat "kelompok Javanese2000 telah membalas imelnya" sehingga akhirnya saya buka lagi akun imel ini dan membaca imel balasan pertama dari Bapak. Walaupun bapak nulisnya "saya" entah kenapa saya merasa bahwa bapak berkelompok dalam mengelola Javanese2000 (?)... Ada sebuah kelompok di belakang bapak.. Atau bapak mimpin sebuah kelompok... (???).

2. Saat pertama kali melihat foto bapak. kepala terasa berat dan tangan kiri berdenyut hingga ujung jari. Entah sugesti atau saya ketakutan sendiri, saya agak kabur melihat foto bapak. Yang saya rasakan, bapak sebenarnya baik tapi ada sesuatu yg - maaf - tidak baik juga pada bapak.... Agak sedikit angkuh / sombong (?)... Tidak tampak dari luar, tapi ada di dalam diri bapak... sekedar mengingatkan bapak, bahwa di atas langit, masih ada langit juga ya Pak. Maaf saya juga tidak mengerti kenapa saya merasa begitu, tapi itulah yang bisa saya sampaikan.
Saya rasa ini juga pengingat untuk diri saya sendiri bahwa setakut2nya saya terhadap yang ghaib, seharusnya saya lebih takut kepada Yang Maha Menciptakannya.

2. Beberapa jam kemudian saya coba kembali melihat foto bapak. Kepala agak pening, tapi tangan tidak berdenyut. Entah kenapa saya lebih tertarik pada sebuah bayangan di belakang bapak (area pintu kalo di foto). Entah fatamorgana atau sugesti, saya seperti melihat wajah seorang syekh arab (?) berkumis, berjenggot dan bersorban sedang menatap lurus ke arah saya. Cukup lama saya pandangin karena saya pikir ini efek resolusi foto yg rendah atau permainan bayangan foto. Tapi wajah itu cukup jelas, semakin lama saya pandangi perlahan juga muncul wajah sebuah mahkluk besar... seperi macan atau singa, tapi bukan juga.... saya susah menjelaskannya. Wajah makluk ini terlihat fierce tapi tatapannya searah pandangan bapak di foto - jadi tidak menatap ke saya.

2. Sabtu pagi setelah membaca imel terakhir bapak di bawah ini, saya beranikan lihat foto bapak lagi. Tidak terasa pening ataupun berdenyut. Anehnya saya tidak langsung melihat atau merasakan apapun. Tapi lama2 bayangan wajah mahkluk itu muncul lagi di belakang bapak... sepertinya sejenis mahkluk gaib, cukup besar, rambutnya banyak seperti singa, tapi saya gak tau jenisnya. Saya perhatiin lebih lama lagi, baru wajah syekh arab samar2 muncul lagi sehingga saya bisa melihat keduanya tapi memang lebih samar2 drpd jumat.

3. Sebelum menulis imel ini saya lihat lagi, saya cukup kaget dan benar2 tidak melihat ada apa2 di foto bapak. Mungkin kemaren2 sugesti aja karena takut sendiri? Tapi semakin lama saya tatap, wajah mahkluk itu muncul lagi sementara syekh arab itu hanya sekilas dan sudah sangat samar2.

Awalnya ketika ada yg bilang ada sebuah energi yg menempel, saya cukup takut dan galau. Tapi kesininya saya merasa sedikit lebih berani. Saya diingatkan teman saya bahwa kita harus lebih takut kepada Sang Pencipta dan jangan biarkan yg ghaib mengarahkan kita, tetapi kita yang harus lebih kuat mengarahkan mereka. Untuk lebih kuat ya dgn mempertebal iman.

Ketika bapak bilang wujudnya pocong, saya lebih ke kaget dan kasihan. Kasihan sekali sukma leluhur saya berwujud pocong --- apalagi pas baca2 artikel bapak yg sukma leluhur. Kasihan sekali makamnya tidak sempurna sehingga jd tidak tenang arwahnya...

Saya juga tidak mengerti kenapa sukma leluhur saya menempel pada saya dan apakah itu sebabnya jodoh saya susah?

Saat ini saya belum memutuskan apa yang harus saya lakukan pada energi yg mengikuti saya, kecuali memaksa diri utk kembali sholat (masih belang bentong sih skrg).
Apakah bapak bisa membantu mencerahkan?

Sekali lagi terima kasih sebelumnya.


 J  :    Soal gambaran orang seperti syeh dsb itu mungkin adalah penunggu di rumah teman saya itu,
atau bisa juga itu adalah sebuah gambaran perlambang
itu umum terjadi pada orang2 yg melihat gaib dengan bantuan khodam
apalagi kalau khodamnya itu ketakutan, biasanya ia akan memberikan gambaran2 yg menakutkan.

Mungkin lebih baik anda coba lihat foto saya di artikel Batu Akik, karena itu di kamar saya sendiri.
tapi usahakan bisa fokus ke diri saya, jangan sampai anda diberikan gambaran yang lain yang bukan gambaran aslinya

Soal sombong dan angkuh saya itu memang ada
walaupun secara manusiawi saya sudah berusaha meredamnya, tapi tetap saja ada, tidak bisa begitu saja dihilangkan, karena sifatnya given sesuai jati diri saya, itu juga kalau anda bisa tahu jati diri saya

Tapi sesuatu yang tinggi tidak boleh begitu saja disamakan artinya dengan angkuh dan sombong
orang yang posisi / statusnya tinggi bukan berarti dia meninggikan diri
mungkin angkuh dan sombong yang anda rasakan adalah karena anda melihatnya dari sudut pandang yang rendah sehingga orang yang anda lihat itu kelihatannya tinggi, walaupun orangnya sendiri tidak meninggikan diri.

Orang2 perempuan yang diikuti sukma leluhurnya yang perempuan biasanya orangnya mudah menjadi pemarah dan agak susah jodoh, karena si leluhur itu tentunya tidak mau anak cucunya berpasangan dengan orang yg menurutnya tidak cukup baik.

terima kasih


 A :     Wah.... terima kasih atas penjelasan bapak.. saya sangat menghargai diskusi ini...
Maaf saya tidak cepat membalas, karena saya bimbang dan ragu juga untuk melanjutkan ini... 
terus terang, saya juga takut apa yang saya lihat mengada-ada. 
Baru kali ini disuruh lihat foto dan muncul bayangan lain.
Wajah syekh-nya ataupun yang mahkluk gede itu sama sekali tidak menakutkan... biasa saja rasanya. 
Seperti melihat tokoh dan karakter di film Lords of The RIngs atau film yang sejenis.

Soal kedudukan tinggi bapak, saya gak tahu.. kata yang terbersit saat itu hanya "angkuh" "sombong".
Buat saya, hal seperti itu bukan masalah besar, selama tidak berbuat jahat. 
It is what it is... namanya manusia kan gak ada yang sempurna.

Soal foto bapak di artikel akik.. terus terang pas lihat fotonya, efeknya tidak "sedahsyat" pas pertama kali lihat foto bapak.
Tapi semakin lama lihat foto bapak, kepala memang jadi agak pening.
Yang saya lihat adalah bapak sebenarnya sangat baik...kebapakan... gaya bapak seperti panglima... sepertinya bapak ada keturunan raja-raja... Majapahit? Gajah Mada?
Saya tidak melihat ada wujud bayangan lain.
Saya tidak tahu jati diri Bapak yang sebenarnya itu apa atau siapa.

Seperti yang saya tulis di imelnya, saya hanya bisa "merasakan" tapi tidak bisa "melihat dengan jelas".
Maaf jadinya saya menebak-nebak kemana-mana ini... tapi semoga jawaban saya sudah cukup.

Tentang yang mengikuti saya... seminggu ini tidak terlalu terasa menusuk-nusuk, bila dibandingkan minggu lalu. Apakah bapak melakukan sesuatu? Kalau iya, terima kasih.

Saya memang cenderung galak dan pemarah, tapi saya pikir memang keturunan sifat dari bapak saya.
Soal pemarah sih enggak juga, saya lebih tegas dan blak-blakan aja karena saya lebih menghargai orang ngomong di depan daripada di belakang.  Tapi kalau saya sangat marah... wuiiiih... saya aja bisa takut dengan diri saya sendiri.

Lalu ini gimana dengan sukma leluhur saya? Apakah Bapak tahu namanya?
Apa yang harus saya lakukan agar energinya positif dan bisa lebih mendekatkan jodoh?

Terima kasih sangat sebelumnya.

 J  :    Saya sudah sering menuliskan supaya orang2 yang bisa melihat gaib atau yg sedang belajar melihat gaib
supaya dari apa yg mereka lihat itu mereka bisa melihat sampai ketemu sejatinya, hakekatnya, dsb. Jangan cuma sekelebatan saja dan jangan cepat mengambil kesimpulan hanya dari first look sesaat saja. Kalo seperti itu nantinya orangnya akan mudah tertipu dengan penglihatan dan bisikan gaib yg diterimanya.

Begitu juga dengan anda. Saya tidak bermaksud mengetes anda, jangan juga dianggap saya meremehkan anda. Tapi saya ingin mengarahkan anda supaya anda melihat dan mengambil kesimpulan hanya sesudah ketemu kesejatian dari apa yg anda lihat. Jangan sampai anda salah tangkap dan salah mengerti. Begitu juga ketika anda melihat teman2 anda.

Sukma nenek anda itu sudah saya rubah menjadi sama penampakkannya dengan sukma2 yang normal, tidak perlu khawatir lagi. Nanti anda bisa kenalan sendiri dengan cara olah rasa atau dengan teknik2 tayuhan.

thanks


 A :     Wow terima kasih Pak.
Saya masih belum mengerti seperti apa "kesejatian" seseorang dan bagaimana menemukannya.
Saya akan coba baca2 artikel di website bapak.

Kalau boleh tahu, apakah penglihatan saya saat lihat foto bapak yang kedua itu benar atau salah ya?

Salam,


 A :     Saya baru buka2 lagi website Javanese2000.
Apakah ini yang dimaksud Bapak ttg sejatinya seseorang?

"Itulah sejatinya manusia,  yaitu kodrat dan hakekatnya manusia sesuai tujuan awal penciptaan manusia. 
Kodrat dan hakekat sebagai mahluk duniawi dan mahluk illahi menyatu di dalam diri manusia, tidak dapat dipisahkan. "


Jadi apakah maksud bapak ketika bapak meminta saya melihat foto bapak, agar saya bisa melihat tujuan awal kenapa bapak diciptakan Tuhan?

Saya suka Fisika Kuantum dan saya percaya bahwa pada hakekatnya kita semua adalah energi (yg sbnrnya gak mati) dan kalau dikaitkan dengan Tuhan... bisa dikatakan kita adalah bagian2 dari energi-Nya.

Kalau begitu, buat saya sejatinya manusia (siapapun dia) sebenarnya bagian dari Tuhan. Jadi kalaupun ada kelemahan / kesalahan yang dilakukan / dimiliki manusia itu sebenarnya bukan masalah besar karena segala sesuatu yg ada dan terjadi itu adalah agar kita bisa belajar sesuatu.

Saya percaya bahwa setiap orang yang kita temui dan berinteraksi memiliki sebuah peranan dan tugas buat kita, begitu pula kita memilki peranan / tugas untuk orang itu. Seperti di persimpangan jalan, kita bertemu lalu berjalan seiring saling belajar hingga pada suatu persimpangan kita berpisah -- karena peranan / tugas orang itu telah selesai, begitu pula peranan / tugas kita buat orang itu telah selesai.
Itu sih yang saya juga yakini ketika saya dekat dengan seseorang untuk beberapa lama hingga waktunya harus mengakhiri hubungan.

Saya hampir selalu mengakhiri hubungan dng teman-teman pria saya karena selalu ada perempuan lain. Entah itu sahabat perempuan atau bisa juga mantan pacar yg jadi dekat lagi dengan pasangan saya. Awalnya mungkin teman pria saya bisa mengacuhkan mereka, tetapi dalam perjalanannya entah kenapa teman2 pria saya jadi lebih menprioritaskan keinginan/kebutuhan sahabat perempuan atau mantan mereka. Bagi saya itu kesalahan yg sangat fatal, artinya dia selingkuh (paling tidak secara hati) dan saya tidak akan pernah menerima itu, karena saya selalu setia dan menjaga kepercayaan yg diberikan pasangan saya. Jadi memang dlm perjalanan hidup saya, saya sukar sekali trust kepada pria. Saya pikir itu juga sebabnya saya sekarang cukup "numb" - karena belum apa2, saya sudah bisa menebak keinginan dia dan saya tahu hanya menunggu waktu saja hingga aku bisa melihat "kesalahan2"nya dan kebohongan2nya.

Ketika saya lihat2 link di site bapak, saya cukup kaget melihat ada bagian khusus tentang Dongeng Tanah Jawa dan ada link Majapahit dan Gajah Mada. Walaupun mungkin saya dulu pasti pernah melihatnya ketika buka website bapak, tapi saya benar2 lupa. Saat melihat foto bapak yg kedua, saya terbayang bapak pakai semacam baju2 raja2 Jawa jaman dahulu, bergaya seperti sebuah pemimpin / panglima dan tiba2 terbersit "majapahit" "gajah mada". Saya jadi makin penasaran apakah yang saya lihat atau rasakan itu benar atau tidak ya Pak? Kalau salah, kenapa saya bisa berpikiran dan merasa seperti itu ketika melihat foto Bapak?

Maaf, ini jadi panjang sekali bahasannya. Tapi saat ini hanya bapak yang sepertinya bisa lebih detil dan terbuka menjelaskan kepada saya... walaupun saya sadar juga, bahwa bapak memang tidak membuka semuanya karena alasan tertentu. Pak haji yang dulu sempat saya tanyai, saat ketemu lagi seperti menghindar dan secara sekilas dia mengatakan bahwa saya sebenarnya sudah tahu apa yg harus saya lakukan. Mungkin iya dari dalam lubuk hati, saya sudah cukup tercerahkan... Tapi saya butuh jawaban dan penjelasan yg lebih rasional dan konkrit.

Saya sempat berpikir bahwa bapak akan meminta semacam mahar agar mau mengembalikan sukma leluhur saya ke wujud aslinya. Tapi ternyata tidak. Dan saya sangat terkesan dan berterima kasih sekali.
Semesta akan segera membalas kebaikan Bapak. Amiin.


 J  :    Yang saya maksudkan supaya anda bisa melihat sampai ketemu sejatinya itu hubungannya adalah
dengan melihat gaib, bukan tentang sejatinya manusia.

Orang2 yang bisa melihat gaib karena bantuan khodam biasanya penglihatan gaibnya adalah berupa perlambang saja, hanya citranya saja tentang sesosok gaib atau kondisi gaib yang diperlihatkan oleh khodamnya, bukan gambaran asli dari sosok gaib atau kondisi gaib yang sesungguhnya.
Kalau dari penglihatan gaib sesaatnya itu dianggap itu adalah gambaran sosok gaib atau kondisi gaib yang sesungguhnya, maka orangnya sudah tertipu oleh penglihatannya sendiri. Orangnya masih harus fokus untuk mencaritahu seperti apa gambaran gaib yang sesungguhnya dan harus mengkritisi lagi apa arti sesungguhnya dari kegaiban yang dilihatnya.

Itu juga kalo gambaran gaib yang diberikan oleh khodamnya itu benar, bukan tipuan. Karena ada banyak orang yang khodamnya itu kurang ajar, khodamnya menipu orangnya. Orangnya diberikan gambaran2 gaib palsu dan sifatnya menyesatkan. Akhirnya orangnya juga tertipu karena menganggap apa yang dilihatnya adalah benar. Itu riskan sekali bila yang dilihatnya adalah tentang orang lain, apalagi bila orangnya sudah berpraktek sebagai spiritualis, orang pinter atau konsultan gaib yang sering ditanyai oleh orang lain / pasiennya. Orangnya bisa salah menilai orang.

Penjelasannya silakan dibaca2 di tulisan saya yang berjudul Terawangan Gaib.

Tapi mudah2an anda tidak terlalu mudah mengambil kesimpulan dari penglihatan yang sesaat saja.
Jangan sampai anda tertipu oleh first look penglihatan anda.

Sebaiknya kemampuan anda yang sekarang ini bisa anda latih menjadi matang, karena banyak manfaatnya untuk pribadi anda.

terima kasih


 A :     Oh begitu ya terima kasih.

Ya saya sekarang memang berpikir untuk melatihnya tapi saya belum ketemu guru yang tepat. Kalau melatih sendiri takutnya saya nyasar kemana2.

Tapi bapak belum jawab pertanyaan saya, apakah yang saya jelaskan saat melihat foto bapak yg kedua itu benar atau tidak ya?

Terus terang seminggu terakhir, rasa krenyes2 di punggung saya kembali ada lagi. Tapi saya sekarang jadi lebih ke berani dan kesal dan berusaha mengacuhkannya. Dan beberapa hari terakhir (sejak kamis / jumat) tubuh terasa semwiring2 dingin.


 J  :    Mungkin rasa di punggung anda itu adalah tanda pemberitahuan bahwa sekarang suami si nenek sudah
ikut mendampingi anda. Sampaikan saja salam kepada mereka bahwa anda sudah mengetahui kedatangannya.
thanks


 A :     Waduh pak, dengan adanya satu sukma leluhur saja sudah bikin pusing apalagi kalau sekarang ada dua.
Mungkin ini juga sebabnya beberapa hari ini saya sakit kepala sebelah.

Baik Pak, saya butuh waktu untuk menelaah semua ini, mengolah rasa untuk tahu tujuan dari semua kejadian ini.

Terima kasih sekali atas kesabaran, bantuan dan penjelasan bapak selama ini.
Matur nuwun sanget.

 J  :    Anda perlu tahu bagaimana mereka berusaha berinteraksi dengan anda, mungkin saja ada sesuatu yg
penting yg ingin mereka sampaikan. Jangan sampai anda menganggap interaksi mereka sebagai gangguan.
thanks


____



 A :     Dear Bapak,
Semoga kabar bapak baik dan bapak berada dalam keadaan sehat.

Saya pernah coba meditasi dan meraba daerah di sekitar saya, dan sepertinya mereka ada di kiri dan atas saya. Tapi saya tidak terlalu yakin juga (takut itu perasaan saya aja).
Terus terang saya agak kesulitan untuk mencoba berkomunikasi dgn mereka, saya beberapa kali meminta mereka untuk hadir dalam mimpi tapi rasanya mereka tidak pernah memunculkan diri. 

Hampir sebulan ini gangguan krenyes2 di punggung saya hilang - sampai2 saya kira apapun yg ikut dgn saya itu pergi. Saya memang berusaha untuk sholat lagi tapi sejak rasa krenyes2nya hilang sekarang memang jadi bolong2 lagi.

Namun beberapa hari terakhir ini, rasa krenyes2 itu datang lagi. Saya ingin sekali tahu pesan apa yg ingin mereka sampaikan tapi sepertinya mereka juga menahan diri (?). Apakah Bapak bisa membantu? Siapakah leluhur yg mengikuti saya ini, apakah ada sebuah nama yg bisa saya telusuri?
Bila suaminya nenek leluhur saya telah bergabung, apa efeknya ke saya?

Yang jelas, dalam sebulan kemarin ini saya sempet berantem hebat dgn bawahan saya dan itu membuat satu tim kantor saya jadi tidak nyaman lagi utk bekerja sama. Apakah bawahan saya ada niatan yg jahat kepada saya? Dan bagaimana saran bapak agar saya bisa meningkatkan wibawa saya depan tim?

Terima kasih lagi sebelumnya.

 J  :    Leluhur anda kakek dan nenek masih ada di belakang anda,
Si kakek panggilannya mbah Karto, tapi si nenek masih merahasiakan namanya.
Tapi pendamping anda tambah 1 lagi, yaitu jin laki2 seperti ksatria di sebelah kanan anda, khodam dari si kakek.
Mungkin keberadaan jin itu menambah juga rasa percaya diri anda.

Seorang perempuan yang didampingi oleh leluhurnya yang perempuan memang banyak yang menjadi pemarah, mudah marah dan jengkel. Perasaan mudah marah dan jengkel itu dipengaruhi juga oleh sukma leluhurnya yang perempuan itu.

Tapi kehadiran si kakek suami si nenek sebenarnya sudah juga mengademkan suasana, membuat si nenek tidak terlalu mudah mengumbar marah dan jengkel, walaupun dalam situasi tertentu kemarahan si nenek meledak2 juga yang itu akan berpengaruh juga kepada anda bila anda terbawa pengaruhnya. Jadi anda harus bisa menjaga temperamen anda, jangan mudah terbawa perasaan menjadi pemarah, jangan mudah marah dan jengkel.


Mengenai tampil berwibawa di depan bawahan.

Tampak berwibawa bisa karena memang karisma orangnya sendiri yang tampak berwibawa, bisa juga karena pengaruh dari perbuatan2nya sehingga ia dihormati oleh orang lain.

Beberapa contoh perbuatan yg berhubungan dengan wibawa di hadapan bawahan :
1. Harus kuat dan tegar, jangan tampak sebagai pribadi yg harus dikasihani oleh orang lain.
2. Ketika berhadapan dengan bawahan jangan kita kalah wibawa / pengaruh (jangan juga sok berwibawa, apalagi memandang rendah bawahan).
3. Jangan kebanyakan bicara, jangan mudah mengumbar perasaan, dan jangan berperilaku yang bisa membuat kita kehilangan wibawa.
4. Jangan suka menyalah2kan orang lain.
5. Selain pekerjaannya sendiri harus betul, menguasai bidang pekerjaannya, ia juga harus bisa meluruskan / membetulkan pekerjaan orang lain yang salah (bukannya bisanya hanya menyalahkan saja). Kalau perlu para bawahan diajak bertukar pikiran, dengarkan pemikiran2 mereka, sehingga para bawahan juga merasa dihormati dan akan juga menghormati kita.

Secara umum orang yang ingin tampak berwibawa di depan bawahan2nya kemungkinan hasil akhirnya ada 2 macam, yaitu ia akan berhasil tampak berwibawa atau ia akan tampak sebagai pimpinan yang menyebalkan / menjengkelkan (atau ditakuti, bukannya dihormati karena wibawanya).

Sebagai tim seharusnya anda tampak berwibawa di hadapan bawahan2 anda, bukannya tampak sebagai pimpinan yang menyebalkan / menjengkelkan (atau ditakuti, bukannya dihormati karena wibawanya). Seharusnya anggota tim anda bisa menjadi teman anda, dan anda juga bisa menjadi teman mereka, bukannya saling menjadi musuh, sehingga secara tim semua misinya akan lebih mudah tercapai.

Mudah2an ini bisa menjadi bahan koreksi untuk anda sendiri, bukannya menyalah2kan anggota tim anda. Mungkin saja ada perilaku dan perbuatan anda yang kurang baik di mata mereka. Jangan sampai anda sendiri yang justru tidak sejalan dengan tim.

Tapi kalau ada anggota tim anda yang menurut anda kurang baik, yang tidak sejalan dengan tim, sebaiknya itu dikonsultasikan juga kepada anggota tim yang lain apakah penilaian anda itu benar bahwa orang itu begitu. Usahakan untuk bisa membicarakan dengan ybs secara pribadi, jangan menyalah2kannya di depan orang lain. Tapi kalau dari cara2 itu orangnya tidak bisa diluruskan, mungkin ada baiknya dipertimbangkan untuk anggota itu dikeluarkan dari tim, atau orang itu dibatasi pekerjaan / pengaruhnya supaya tidak sampai mengganggu kerja tim.

 A :     Terima kasih sekali atas jawabannya.
Masukan dari Bapak sangat membantu dan membuka mata saya.

Salam hormat,

 J  :    Sebenarnya kalau anda peka rasa, si kakek sering menyampaikan nasehat2 dan pemikiran2 yg sifatnya
mengademkan, termasuk ide2 dan ilham tentang solusi masalah2 anda. Seharusnya itu bisa menambah kedewasaan berpikir dan kesepuhan anda.

 A :     Dear Pak Javanese,
Saya ingin menyumbangkan uang sekadarnya sebagai ucapan terima kasih kepada Bapak.

Walaupun saya masih belum tahu dengan jelas siapa dan apa pesan dari yg mendampingi saya, tapi Bapak udah mau blak-blakan berbagi dan meluangkan waktu untuk membantu saya. Semakin saya tahu tentang ini pun ternyata malah membuka pertanyaan2 baru yg tidak terjawab. Gak ada abis2nya nih kayaknya...

Karena itu, kalau boleh saya meminta norek Bapak agar saya bisa transfer uang tanda terima kasih saya.

Salam,

 J  :    Terima kasih mbak.
Anggap saja sambung rasa dari anda sudah saya terima.
terima kasih


 A :    
Pak Javanese (maaf sudah lama ngobrol lama begini belum tahu nama Bapak - boleh tahu nama aslinya?),

Walaupun saya terkadang suka peka tapi di sisi lain saya juga bukan orang yang bisa sangat fokus (terkadang saya sengaja gak mau fokus jg sih). Jadi saya suka mempertanyakan sendiri apakah ini benaran "dikasih tahu" atau hanya perasaan saya saja. Saat ini komunikasinya berjalan satu arah, dan mungkin ini yang bikin saya agak senewen karena saya punya banyak pertanyaan. 

Siapakah Mbah Karto ini dalam garis leluhur saya?
Yang jelas alm ayah dari ibu saya kayaknya namanya bukan Karto.
Kenapa sang nenek masih merahasiakan namanya?
Kenapa saya yg didampingi? Bukan adik saya - karena saya udah lama dikasih tahu bbrp orang, adik saya cukup "spesial" dan katanya karena dia ada sesuatu / didampingi oleh leluhur garis ayah saya.
Belum lagi kalau masalah laki2, selama ini sejak smp/sma saya selalu dikasih petunjuk2 yg membongkar soal kebohongan2 / rahasia cowok yang dekat dgn saya.

Dulu sekali sebelum saya tahu ada leluhur pendamping, ada seorang shifu yg nasehatin saya utk bersikap cuek terhadap petunjuk2 / mimpi2 itu tapi ya memang sulit kalau pada akhirnya mimpi2 itu terwujud juga pada akhirnya --- walaupun saya sendiri sering lupa kalo sebelumnya dikasih petunjuk dan baru ngeh pas terwujud. Ini kan sangat mempengaruhi garis jodoh saya, sepertinya saya tidak akan menikah kalau begini terus :(

Tuh kan jadi panjang curhatnya :)) maaf.

Soal bayaran itu saya serius ikhlas Pak. Saya lihat bapak sudah sering membantu orang lain juga selain saya. Saya juga gak bisa kasih banyak, tapi anggaplah ini sebagai balas jasa pembuka jalan tahap hidup saya yg baru (I have no idea what this means, but I feel I need to write it down).

Salam,

 J  :   
Sebenarnya caranya berkomunikasi dengan gaib yg mudah adalah dengan cara santai seperti orang melamun. Jangan keras berpikir. Santai saja seperti orang melamun. Dengan cara begitu anda bisa bertanya jawab dan komunikasinya akan menjadi 2 arah.

Leluhur anda itu 5 generasi sebelum anda.
Perempuan yang didampingi sukma leluhurnya yg perempuan biasanya selain menjadi mudah marah, juga banyak yang menjadi lebih susah mendapatkan pasangan, karena ada upaya dari si sukma leluhur itu untuk memisahkan keturunannya dari pasangannya yg orangnya dianggapnya tidak cukup baik, atau yg sebenarnya tidak cocok untuk keturunannya.
Mungkin itu akan anda lakukan juga terhadap anak2 anda. Bukan hanya tentang pasangannya, mungkin anda juga akan menjauhkan anak2 anda dari teman2nya yg anda anggap tidak baik.

Jadi anda memang harus berusaha keras untuk bisa mendapatkan pasangan.
Kalaupun terpaksa harus berpisah, lebih baik itu terjadi di awal, bukan sesudah anda berdua jalan jauh, karena akan lebih sakit rasanya dan buang2 umur.

Minta maaf ya karena saya masih belum ingin dikenal orang.
Dan karena saya tidak menjadikan ini sebagai jalan kerejekian maka saya tidak mengharapkan adanya bayaran. Bukannya saya bermaksud menolak kebaikan anda, tetapi memang saya masih tidak mengharapkan itu.

terima kasih

 A :    
Baik Pak.

Terima kasih sekali sudah memberi banyak penjelasan.
Saya jadi mengerti kenapa sukma leluhur perempuan itu berbuat seperti itu. 

Saya jadi ingat, mantan pacar saya yang terakhir sejak awal pacaran sering merasa seperti sesak nafas seperti dicekik kalau lagi bersama saya. Lalu ada teman bilang, energi yg ikut saya gak suka dengan dia. Waktu itu saya gak mikir terlalu jauh dan anggap angin lalu. Akhirnya memang saya memutuskan hubungan karena ada sikap dia yg tidak bisa saya tolerir lagi.

Saya jg menghormati keputusan bapak untuk menolak keinginan saya.
It's OK.
Kapan2 sepertinya saya konsultasi lagi dengan Bapak, boleh ya... :)

Salam,

 J  :    terima kasih




__________








 



Comments