Radio Station

Ambilah Waktu

Bahasa Hati

Mutiara Cinta

Tradisional

KELAPA DAN MANFAATNYA


























Jika Anda jalan-jalan ke Kota Bima, jangan lupa mampir di Desa Panda, Desa ini berada di pesisir pantai dan berada + 2 km dari pantai Wisata “ LAWATA” disamping terkenal dengan penghasil Sirsak Bima atau Garoso Mbojo istilah orang sana, juga menghasilkan Kelapa yang handal. Pada posting terdahulu kami membahas manfaat dan kegunaan dari Sirsak Bima, sekarang kami sajikan untuk Anda kandungan dan manfaat dari kelapa.


Ternyata Kelapa itu serba guna loh, dari akar, batang, daun dan air kelapa itu sendiri Air Kelapa MudaSangat baik untuk dikonsumsi, selain dapat menghilangkan dahaga di saat kehausan, air kelapa muda memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Air buah nyiur melambai ini ternyata punya khasiat dan nilai gizi yang luar biasa. Bukan hanya unsur makro berupa nitrogen dan karbon, tetapi juga unsur mikro yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Unsur nitrogen di dalamnya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alanin, sistin, arginin, alin, dan serin.

Dibandingkan asam amino yang terdapat di susu sapi, asam amino yang terkandung dalam air kelapa ternyata lebih tinggi. Sementara unsur karbon dapat dijumpai dalam bentuk karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lainnya. Begitu pula dengan unsur mikro dalam air kelapa berupa mineral yang dibutuhkan sebagai penganti ion tubuh. Oleh karena itu wajar jika setelah minum kelapa muda tubuh kita terasa kembali segar.

Jika diteliti lebih jauh, air kelapa ternyata juga mengandung beragam vitamin. Di antaranya vitamin C yang dominan, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Tak heran jika air kelapa juga dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan tradisional sekaligus kecantikan. Di samping itu, secara khusus, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Selain mineral, air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07- 0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian ini, maka air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan. Air kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk proses pembuatan minuman, jelly, alkohol, dektran, cuka, dan nata de coco.

Berikut manfaat-manfaat dari air kelapa muda:


A. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil

B. Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.


C. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.
D. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.
E. Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.
F. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap. gak percaya? liat aja foto model yang lagi pegang buah kalapa diatas, mukanya mulus tanpa setitikpun ada jerawat. Lah dia saban hari minum air kelapa muda, kalau haus tinggal petik tuh kelapa, kagak pake panjat pohon segala he he.
H. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Bubuk halus tadi dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.
I. Jika air kelapa muda dicampur dengan kunyit (sudah digiling ) ditambah air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan meniadakan rasa panas akibat luka bakar.

Selain manfaat di atas ada jenis air kelapa yang dikenal dapat menetralkan racun, yaitu Kelapa ijo (hijau). Kelapa ijo ditengarai merupakan obat terbaik untuk beberapa penyakit seperti: panas dalam, sembelit, penetral racun, demam berdarah, cacingan, disentri. Bila digunakan untuk membasuh muka, maka manfaat kelapa ijo bisa menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit muka, mengencangkan kulit dan bila digunakan untuk keramas, bisa mencegah timbulnya uban.
Kelapa ijo juga bisa dijadikan terapi gurah, caranya dengan mengembunkan satu malam air kelapa ijo, lalu diminum paginya. Bila hal ini dilakukan setiap pagi akan mambantu suara menjadi lebih panjang dan merdu. ah jadinya pingin coba nih, gw kan penyanyi he he.



























MANFAAT KELAPA MUDA BAGI IBU HAMIL


Di kalangan masyarakat, ada tradisi turun-temurun yang menyarankan ibu hamil agar memperbanyak minum air kelapa muda, terutama dari kelapa hijau. Konon katanya bila rajin minum air kelapa muda– terutama di
trimester ketiga kehamilan–maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya dan bening matanya. eiiit anaknya pasti cantik dan ganteng dah. Apakah betul demikian?


Sejauh ini belum ada penelitian yang secara ilmiah yang membuktikan kebenaran saran tersebut. Namun pada kenyataannya air kelapa muda memang mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Zat-zat itulah yang barangkali secara tidak langsung membuat bayi menjadi lebih sehat sebagaimana disebutkan dalam saran tradisional itu.


1. Elektrolit Alami
Air kelapa muda kaya dengan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan riboflavin. Sebagai isotonik alami yang kaya mineral dan memiliki elektrolit sama dengan elektrolit tubuh, air kelapa muda sangat bermanfaat untuk rehidrasi dan memulihkan stamina tubuh.
Ibu hamil membutuhkan lebih banyak air dibandingkan orang lain. Dehidrasi selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, termasuk sakit kelapa eh kepala, kram, demam dan bahkan kontraksi yang dapat menyebabkan persalinan prematur. Nah untuk calon ibu-ibu kudu mendalami masalah ini.

2. Diuretik Alami
Sebagai diuretik natural yang steril, air kelapa muda melancarkan air seni dan membantu membersihkan saluran kemih. Hal ini berkhasiat mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh dan mencegah infeksi saluran kemih– yang juga cukup umum terjadi pada wanita hamil.

3. Antipenyakit
Air kelapa muda mengandung asam lauric, asam yang membantu melawan penyakit. Asam lauric yang terkandung dalam air kelapa sama dengan yang terdapat di air susu ibu dan memiliki karakteristik anti jamur, anti bakteri dan antivirus sehingga menjaga kesehatan ibu dan bayi dari virus seperti herpes dan HIV, protozoa giardia lamblia serta bakteri klamidia dan heliokobater.

4. Membantu Pencernaan
Air kelapa juga dipercaya memperbaiki fungsi pencernaan. Selama kehamilan, plasenta memproduksi hormon progesteron yang memperlambat kontraksi otot lambung sehingga pencernaan pun melambat. Air kelapa dapat membantu meningkatkan kecepatan pencernaan.

5. Meningkatkan HDL
Air kelapa muda tidak mengandung lemak dan kolesterol, bahkan menurut riset dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.
Bila Anda yang malas manjat pohon kelapa atau yang tidak bisa mendapatkan air kelapa yang segar, kini telah tersedia air kelapa murni dalam kemasan siap minum yang dapat dibeli di supermarket, ada baiknya teliti label kadaluarsanya,

MANFAAT POHON KELAPA

Manfaat pohon kelapa sangat banyak, hal ini tentunya telah kita ketahui ketika kita masih duduk dibangku sekolah atau saat kita kecil, karena kala itu kadang guru atau orang tua kita memeberitahukan tentang manfaat dari pohon kelapa, bahkan saya masih ingat, guru saya pernah berkata bahwa semua yang ada dalam phon kelapa dapat dapat bermanfaat bagi manusia, hal ini tersebut memang benar adanya karena jika ditimbang maka memang apa yanga da dalam pohon kelepa dapat bermanfaat. jadi pohon kelapa sangat bermanfaat bagi manusia.

Nah berrkenaan dengan pohon kelapa, saya cukup tertarik dengan bahasan ini yaitu tentang manfaat pohon kelapa, mengingat hal ini cukup penting karena tentunya dengan kita mengetahui manfaat pohon kelapa maka kita bisa memanfaatkan pohon kelapa ini dengan semaksimal mungkin. disini akan sedikit mengulas tentang manfaat-manfaat yang ada didalam pohon kelapa baik itu buah, pohon kelapa dan sebagainya. tetapi mungkin yang akan kami ulas tidaklah selengkap yang anda bayangkan, hanya saja kami akan berusaha memberikan yang terbaiK, nah dibawah ini adalah manfaat-manfaat yang ada dalam pohon kelapa.

Batang /pohon Kelapa
Batang kelapa biasanya dimanfaatkan sebagai kosen, perabotan bangunan, penopang genting yang masih banyak ditemukan di desa-desa (rumah panggung), dan perlu diketahui batang kelapa kalau sudah lama kering akan sangat susah dipaku dan anti rayap, nah itulah bukti kekuatannya.

Daun Kelapa
Dapat digukan untuk membuat berbagai macam benda misalnya anyaman, dan yang sering kita temui, daun kelapa (muda) dibuat sebagai ketupat. selain itu lidi yang ada dalam daun kelapapun dapat diguanakn sebagai sapu dan tusuk sate atau tusuk jajanan pasar (makanan tradisional)
Kemudian pangkal pelepah kelapa dapat dimanfaatkan untuk membuat ragi dan gula. Sementara pelepah yang sudang kering dapat dibuat kipas, sandal dan sebainya.

Akar Kelapa
Akar kelapa dapat bermanfaat untuk menyerap air agar tidak terjadi banjir (hehehe ini kalu kelapanya masih hidup). dan ternyata Akar kelapa bisa juga dijadikan zat pewarna pada perabotan rumah tangga. bahkan saya pernah memperoleh informasi bahwa akar kelapa akan digunakan sebagai campuran pembuatan beton.

Buah Kelapa
Buah kelapa terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa, dan lembaga (bakal buah). dan bisa dipastikan semuanya dapat bermanfaat bagi kehidupan, Buahnya saja bisa bisa makan dan rasanya lezat , dan air kelapa (sudah kita bahas panjang lebar), selain itu sabut kelapapun bisa dimanfaatkan sebagai satu kelut (jawa), bahkan tempurung kelapapun bisa digukan sebagai kerajinan tangan, semisal kancing, boneka, pokoknya banyak deh manfaatnya.

Nah diatas adalah uraian singkat tentang kehebatan nyiur melambai (kelapa) ini, gimana sudah ingatkan pelajaran waktu masih kecil, oh iya.. sebenarnya masih banyak sekali bagian-bagian dari pohon kelapa yang dapat dimanfaatkan dan mungkin belum saya tulis dalam uraiakan ditas, jika rekan-rekan mempunyai masukan tentang manfaat lain dari pohon kelapa silahkan di informasiakan.
Dan satu lagi(nambah ni), pohon kelapa sangat cocok di daerah tropis, jadi tidak ada salahnya jika rekan-rekan membudidayakan atau mencakok pohon kelapa biar kagak tinggi-tinggi amat pohonnya, seperti model diatas, kelapa tinggal dipetik dan rasakan manfaatnya. Semoga dengan sedikit uraian ditas dapat benmanfaat untuk kita semua, amin.

Wasalam
abunawar itu bob_anwars

....................................................................................................................................................................................

TOMAT DENGAN MULTI KHASIATNYA

Di Jakarta kalau melakukan aksi demo, suka melempari gedung yang didemo dengan Tomat, Telur dll, entah Di Mbojo, sama aja kali yeee he he, tapi sayang bangat tuh bro tomat dibuang begitu saja kan banyak bangat manfaatnya tuh tomat, apalagi dibuat Joice, mantap gak bro.



Kalau dirunut sejarahnya, tomat atau Lyopercisum esculentum pada mulanya ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia. Di Prancis, tomat dinamakan ‘apel cinta’ atau pomme d’amour. Dikatakan sebagai apel cinta, karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkanjumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.


Hal ini juga diakui oleh dokter gizi, Dr. Leane Suniar Manurung, MSc. Melihat khasiat tomat begitu banyak, maka tomat baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. “Apalagi tomat juga timggi kandungan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.” Tapi tomat seperti apa yang baik dikonsumsi? Jika melihat dipasaran, kita bisa menemukan tomat dengan dua warna, yakni warna merah dan hijau.



Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya. Menurut Leane, tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat merah. Tomat berwarna merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau.Semakin matang tomat, semakin kaya kandungan vitaminnya. “Karena itu anak kecil sebaiknya dibiasakan banyak makan tomat merah. Ini penting untuk kesehatan matanya,” ujar Leane. Jadi, tak pelu ragu memberi si kecil tomat. Sejak usia 6 bulan, seorang anak mulai dibiasakan memakan tomat yang dicampur dengan sayuran lainnya. Menghancurkan Radikal Bebas


Dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih lainnya. Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. “Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya. Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat,” terang Leane.

Berbeda dengan sayuran lainnya yang lebih bermanfaat jika dimakan mentah-mentah, ternyata tomat lebih baik dicampur dengan masakan atau dihancurkan sebelum dimakan. Para peneliti menemukan lycopene yang dikeluarkan pada tomat tersebut lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu. Sayangnya, meskipun kandungan lycopennya berlimpah, pasta tomat dan saus tomat yang dijual dipasaran sudah banyak dibubuhi bahan tambahan makanan seperti pewarna atau pengawet sintetis. ” Bahan tambahan ini justru merangsang munculnya banyak radikal bebas yang memicu kanker.

Macam Jenis Tomat

1.Tomat Plum
Disebut demikian karena bentuknya mirip buah plum. Lonjong dengan permukaan kulit yang tipis dan daging buah yang banyak mengandung air. Tomat jenis ini selain tepat untuk tumisan, bisa juga untuk masakan dengan proses masak yang lama, seperti saus, sup tomat, atau tomat panggang

2.Tomat Beef
Ukurannya paling besar dibanding jenis tomat lainnya, daging buahnya pun tebal. Tomat jenis ini lebih cocok untuk salad atau pelengkap sandwich.

3.Tomat Ceri
Ukurannya mini, mirip dengan buah ceri. Rasa buahnya manis dan juicy. Jenis ini paling cocok digunakan untuk pelengkap salad dan juga sebagai camilan sehat tanpa harus dimasak.

4.Tomat Hijau
Warnanya hijau dengan daging buah yang agak keras. Rasanya agak asam dan kandungan airnya paling sedikit dibanding tomat lainnya. Biasanya tomat ini dijadikan sebagai tambahan untuk hidangan yang cita rasanya asam segar.

5. Tomat Anggur
Sesuai namanya, tomat anggur memiliki ukuran mirip anggur, mungil dan bulat, lebih mungil dibandingkan tomat ceri maupun tomat plum. Biasanya dimanfaatkan sebagai campuran salad dan campuran untuk jajanan pembuka. Tomat anggur di pasaran bisa didapatkan dalam dua warna, merah dan kuning

6. Tomat Pear
Teksturnya mirip dengan tomat ceri dan memiliki ukuran dan rasa sangat mirip dengan buah pear. Itu sebabnya, tomat pear kadang disebut juga tomat airmata. Bisa ditemukan dalam warna merah, kuning, hingga orange. Tomat pear, sangat cocok diolah menjadi campuran salad atau untuk ragam racikan pembuka lainnya.

Manfaat Tomat

1. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung

2. Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
3. Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
4. Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia ( age-related macular degeneration).
5. Mengurangi resiko radang usus buntu.
6. Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
7. Menghilangkan jerawat.
8. Mengobati diare
9. Meningkatkan jumlah sperma pada pria
10. Memulihkan fungsi lever.
11. Mengatasi kegemukan

Untuk mengobati keseleo : Sembuhkan dengan ramuan tomat. Buah tomat diblender, lalu sarinya dicampur dengan minyak wijen, dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, dipanaskan hingga tinggal minyaknya saja. Kemudian, minyak tersebut dipakai memijat sendi-sendi yang keseleo tadi.

Untuk mengobati bisul  : Ambil sebuah tomat. Lalu, seluruh daging dan biji tomat dipanaskan, dan diletakkan di atas bisul. Tak lama kemudian bisul itu pecah, dan sekaligus disembuhkannya.

Untuk pengobatan jerawat : Ambilah sebuah tomat yang telah direbus, kemudian potong-potong. Gosokkan potongan itu pada wajah yang berjerawat secara perlahan. Diamkan selama sepuluh menit. Setelah itu bilas wajah dengan air. Lakukan rutin selama satu bulan.

Tips Memilih Tomat
  • Pilih tomat yang matang berwarna merah tua.
  • Pilih tomat yang masih keras dan tidak ada bagian yang lunak. Jika ada bagian yang lunak, berarti ada bagian yang sudah mulai membusuk di dalamnya.
  • Jangan pilih tomat yang kusam, pilih yang warnanya masih mengkilap.
  • Perhatikan pada pangkal tomat, jika berbau agak asam dan sudah mulai berarir, berarti sudah mulai terjadi pembusukan. Pilih tomat yang kulitnya masih segar dan belum keriput, untuk menandakan bahwa tomat tersebut masih baru.

Wassalam
Abunawar itu Bob Anwar

...................................................................................................................................................................................

KHASIAT DAB MANFAAT PISANG



























Tanaman ini banyak ditemukan di Indonesia, terutama, di daerah yang banyak mendapat sinar matahari. Pohon pisang bisa mencapai ketinggian 3 m. Batangnya yang berupa batang semu berpelepah berwarna hijau sampai coklat. Jantung pisang yang merupakan bunga pisang berwarna merah tua keunguan. Di bagian dalamnya terdapat bakal pisang. Bonggol pisang, yakni bagian terbawah dari batang semu yang berada di dalam tanah, mengandung banyak cairan yang bersifat menyejukkan dan berkhasiat menyembuhkan. Kandungan & manfaat: Pisang bersifat mendinginkan. Zat tanin pada pisang bersifat antiseptik, sedangkan zat saponin berkhasiat mengencerkan dahak. Pisang, terutama pisang raja, mengandung kalium yang bermanfaat melancarkan air seni. Selain itu, juga mengandung vitamin A, B, C, zat gula, air, dan zat tepung. Namun demikian, ada yang ”terselip” di antara budaya makan pisang itu. Apa maksudnya? Memang, produk utama tanaman pisang adalah buah pisang.


Sementara itu, batang pisang termasuk bonggol (bagian batang paling dalam, setelah pisang dipanen) dianggap limbah. Kemudian, pada fase pembungaan dan pembuahan, setelah pembentukan sisir pisang yang terakhir, biasanya dilakukan pemotongan bunga. Dan bunga pisang yang akrab disebut jantung itu biasanya langsung dibuang, karena dianggap limbah. Apalagi kulit pisang, hampir pasti selalu dibuang sebagai limbah.

Padahal, kulit, bonggol, dan jantung pisang ternyata mengandung gizi yang cukup. Dengan melihat kandungan gizi tersebut, maka kulit, bonggol ,dan jantung pisang sangat potensial diolah menjadi bahan makanan atau minuman. Mari kita coba membuat cuka kulit pisang, dendeng jantung pisang, dan keripik bonggol pisang.

Cuka Kulit Pisang


Mula-mula kumpulkan kulit pisang sebanyak 100 kg dan lakukan proses produksi selama 4-5 minggu. Kebutuhan bahan-bahan lain mencakup: 20 kg gula pasir, 120 gr ammonium sulfit (NH4)2S03, 0,5 kg ragi roti (Saccharomyces cerevisiae) dan 25 liter induk cuka (Acetobacter aceti).

Cara membuatnya, kulit pisang dipotong-potong atau dicacah, lalu direbus dengan air sebanyak 150 liter. Saring dengan kain dalam stoples. Berdasarkan uji lapangan, bahan awal kulit pisang yang direbus itu akan menghasilkan cairan kulit pisang kira-kira 135 liter, bagian yang hilang 7,5 kg, dan sisa bahan padat sekitar 112,5 kg. Setelah disaring ke stoples, cairan kulit pisang ini perlu ditambah ammonium sulfit dan gula pasir.

Langkah berikut, didinginkan dan tambahkan ragi roti. Biarkan fermentasi berlangsung satu minggu. Hasilnya disaring lagi. Dari 135 liter cairan kulit pisang setelah difermentasi dan disaring menjadi 130 liter larutan beralkohol, dan lima liter produk yang tidak terpakai. Pada larutan beralkohol itu ditambahkan induk cuka, dan biarkan fermentasi berlangsung selama tiga minggu.

Selanjutnya, hasil fermentasi larutan beralkohol dididihkan. Nah, dalam kondisi masih panas, cuka pisang dimasukkan ke dalam botol plastik. Lalu segera ditutup dan disimpan dalam temperatur kamar. Biasanya pemasaran cuka pisang dikemas dalam plastik berukuran 40 ml, 60 ml, atau 80 ml. Jika dihitung, dari 100 kg kulit pisang akan diperoleh sekitar 120 liter cuka pisang.


Dendeng Jantung Pisang



























Untuk membuat dendeng jantung pisang perlu disiapkan sejumlah bahan, meliputi empat buah jantung pisang, satu sendok makan ketumbar, 50 gr ikan teri, 10 siung bawang merah, dan empat siung bawang putih. Sedangkan kebutuhan peralatan terdiri atas pisau, kukusan, penumbuk, dan tampah.



Cara membuatnya, ambil jantung pisang yang masih segar. Buang kelopak bagian luar hingga tampak kelopak dalamnya berwarna putih kemerah-merahan. Jantung pisang tersebut direbus sampai lunak. Lalu ditumbuk sampai halus.


Selanjutnya, bumbu-bumbu ditumbuk lalu dimasak dalam wajan. Setelah itu, tumbukan jantung pisang dimasukkan ke dalam wajan berisi bumbu. Diaduk-aduk sampai merata, lalu tambahkan gula merah. Jika sudah masak, silakan diangkat dan segera dicetak di atas tampah. Jadilah dendeng jantung pisang yang telah dicetak.

Dendeng tersebut dijemur selama 2-3 hari hingga kering. Lantas, digoreng hingga masak, dan akhirnya dikemas dalam kantong plastik.

Bonggol pisang dapat dijadikan kripik, selain itu bonggol pisang dapat dibuat alkohol
Melalui fermentasi. Fermentasi dapat diartikan sebagai disimilasi anaerobik senyawasenyawa organik yang disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme. Fermentasi juga merupakan proses penguraian gula menjadi alkohol dan karbondioksida yang disebabkan aktivitas sel-sel khamir (Said, 1987). Karena bonggol pisang basah mengandung karbohidrat sebesar 11,6 g dan bonggol pisang kering mengandung karbohidrat sebesar 66,2 g, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan cuka melalui proses fermentasi. Bonggol pisang dapat dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan cuka melalui proses fermentasi. Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cuka yang semakin bertambah, dimana cuka dibutuhkan oleh industri yang makanan, laboratorium (kimia, biologi), pabrik farmasi dan sebagainya.

Adapun Kegunaan Pisang adalah sebagai berikut :

1. Luka:

Cara I: Ambil getah anak pisang, lalu oleskan pada bagian luka yang sudah dibersihkan.
Cara II: Ambil bonggol pisang. cuci lalu ditumbuk. Oleskan, ramuan ini pada tempat yang terluka 2. Luka bakar:
Pisang yang sudah masak dilumatkan, lalu oleskan pada luka bakar.

3. Kutil:
Kulit pisang klutuk dikerokkan dengan agak keras pada kutil. Beberapa jam kemudian, kutil pun akan mengelupas. Kalau belum sembuh juga, ulangi sampai 3x.

4. Digigit seranqqa:
Hati pisang yang ada di dalam batang pisang diparut, lalu diperas. Ambilairnya kira-kira 1 gelas. Minum ramuan ini 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas. Lalu, ampasnya dipakai untuk mengompres luka karena gigitan serangga.

5. Ambeien:

Cara I: 3 – 5 pisang batu dicuci bersih, lalu diparut dan diperas untukdiambil airnya. Setelah disaring, berikan sedikit pulosari dan gula aren. Minum ramuan ini 2x sehari.
Cara II: Minum cairan dari bonggol pisang kepok. 6. Hepatitis:
Makan banyak pisang emas.

7. Mencegah demam nifas sehabis melahirkan:
Batang pohon pisang dlparut dan diperas untuk diambil airnya. Setelah disaring, minum 2x sehari.

8. Sariawan usus:
4 pisang batu mentah bersama-sama kulit dan buahnya diiris tipis-tipis, kemudian ditumbuk. Peras dan saring. Airnya taruh dalam gelas lalu embunkan selama 1 malam. Keesokan harinya minum begitu bangun tidur.

9. Cacar air:
Bonggol pisang batu diparut dan diperas untuk diambil airnya. Lalu, campur dengan adas dan pulosari. Setelah disaring, diminum 2x sehari.

10. Radang tenggorokan/amandel
Bonggol pisang kepok diparut dan diperas untuk diambil airnya. Gunakan air tsb. untuk berkumur. Lakukan hal ini 3x sehari.

11. Disentri:
Cara I: Bonggol pisang batu diparut dan diperas untuk diambil airnya sebanyak 1/2 gelas. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
Cara II: 2 bunga pisang kepok setelah dicuci bersih, lalu dikunyah dan ditelan airnya.

12. Diare:

Cara I 2 bunga pisang kepok dibakar sampai hitam, setelah itu ambil bagian dalamnya dan makan.
Cara II: Minum 1 gelas anggur cairan dari bonggol pisang kepok.
Cara III: 3 pisang batu masak, 3 pisang batu mentah ditumbuk, lalu diperas untuk diambil airnya. Minum ramuan ini 3x sehari, masing-masing 1 gelas anggur.
Catatan: Cara lll jangan digunakan bila kotoran berupa lendir berwarna hijau. 13. Mimisan:

Cara I: Mar atau batang pisang kepok ditumbuk halus, lalu diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Setelah disaring, minum 1x sehari, sekaligus.
Cara II: Hirup cairan dari bonggol pisang kepok.
14. Sembelit:
Makan pisang ambon lumut dan pisang emas. Lakukan beberapa kali sehari.

15. Sariawan:
2 pisang batu masak, 2 pisang batu mentah yang sudah dikupas kulitnya, ditumbuk sampai halus. Lalu, beri 2 sendok makan madu. Minum ramuan ini 2x sehari.

16. Anemia:
Anak pisang kepok yang baru 1 jengkal dicuci bersih lalu diparut. Beri 1 sendok makan garam, lalu peras. Minum ramuan ini 2x sehari, masing-masing 3 sendok makan.

17. Sakit maag:
1 pisang batu mentah beserta kulitnya, 1 buah mengkudu ditumbuk sampai halus, lalu dicampurkan dengan 3 pisang batu masak. Semuanya ini diremas-remas dengan sedikit air. Setelah disaring, minum sekaligus selama 2 minggu.

18. Radang qinjal:
Minum cairan dari batang pisang yang dicampur dengan sedikit gula batu. Minum ramuan ini 3x sehari.

19. Menyuburkan rambut:

Cara I: Cairan dari bonggol pisang dioleskan ke kulit kepala.
Cara II: Bonggol pisang ditumbuk dan diperas untuk diambil airnya. Campurkan air itu dengan minyak urang aring secukupnya. Lalu, embunkan 1 malam. Basahkan kulit kepala dengan ramuan ini sambil mengurut kepala Anda. Setelah beberapa jam, keramaskan rambut Anda. 20. Menghaluskan telapak tangan:
Gosokkan kulit pisang emas ke tangan Anda.


21. Penelitian : Mencari obat terbaik memerangi virus HIV tak pernah usai. Sebuah penelitian terbaru menemukan kimia alami dalam pisang dapat membantu melindungi wanita terhadap penularan seksual HIV. Melalui tes laboratorium, peneliti AS menemukan sebuah senyawa kimia lektin yang diberi nama BanLec berpotensi menyamai dua obat HIV yang ada saat ini. Lektin, sebuah protein yang mengikat gula bisa mengidentifikasi dan menyerang virus dari luar. Cara kerjanya, lektin mengikat lapisan HIV-1 kaya gula gp120, dan Banlec memblok masuknya HIV ke dalam sel tubuh. Para peneliti dari University of Michigan Medical School mengungkap hasil temuan BanLec bisa lebih murah dan sangat efektif sebagai komponen baru vagina mikrobisida. Laporan studi akan terbit dalam Journal of Biological Chemistry. “Kendala obat HIV adalah virus bermutasi dan resisten, tapi hal itu lebih sulit terjadi saat virus HIV berhadapan dengan lektin,” ungkap peneliti Michael D. Swanson seperti dikutip dari Healthday. “Lektin mengikat gula di tempat berbeda pada lapisan HIV-1 dan diasumsikan akan bermutasi agar virus berada di sekitar mereka.”


Sumber : Leo Sukma Wijaya

Comments