Keterkaitan keterampilan coaching dengan supervisi akademik
by DIAN ARYUNING TIYAS DIAN - Monday, 13 March 2023, 3:41 AM
Supervisi akademik di sekolah sering diasumsikan sebagai suatu kegiatan observasiĀ atau penilaian terhadap kinerja guru. Sehingga kata supervisi identik menjadi sebuah kegiatan kekurangan guru dan guru merasa terbebani ketika guru tersebut disupervisi. Coaching merupakan sebuah kegiatan mengantarkan dari satu kondisi menuju kondisi lain yang lebih baik (coache adalah orang yang sudah mahir/ahli tetapi dalam kondisi yang kurang baik sebelum melakukan kegiatan coaching), coaching meningkatkan kompetensi personal dan profesional, coaching bukan kegiatan memberi tahu, melainkan kegiatan menanya (asking) untuk membangkitkan motivasi (belum mau menjadi mau, belum sadar menjadi sadar). Seorang coach dalam kegiatan coaching menggali dan memotivasi solusi dari masalah yang dialami coachee. Kegiatan coaching diharapkan coachee menemukan solusi dari masalah yang dialami dengan kembali sadar dan tanpa ajakan maupun paksaan dari seorang coach (mandiri).
Pemimpin pembelajaran yang baik menurut saya adalah seorang yang memiliki prinsip dan mampu menerapkan paradigma coaching untuk supervisi akademik. Paradigma coacing dan prinsip coaching untuk supervisi akademik sangat perlu dimiliki oleh seorang pemimipin pembelajaran untuk dapat melakukan evaluasi dan refleksi pembelajaran sebagai bahan perbaikan kedepan. Selain itu, kemampuan coaching seorang pemimpin pembelajaran harus selalu ditingkatkan dan diasah guna supervisi akademik yang dilakukan.
Melakukan supervisi akademik dengan teknik coaching akan lebih efektif dibandingkan dengan teknik lain. Karena dalam coaching seorang coachee mampu menemukan potensi positif dalam diri maupun potensi lain disekeliling sebagai solusi atas masalah yang dihadapi. Suatu hal yang muncul atas inisitif atau hasil pemikiran reflektif seseorang biasanya lebih bertahan lama atau berjangka panjang dan memberikan kesan makna yang mendalam ketika berhasil diterapkan.
Re: Keterkaitan keterampilan coaching dengan supervisi akademik
by CHRYASE ETIKASARI CHRYS - Monday, 13 March 2023, 9:37 AM
Setuju dengan Bu Dian, yang utama dari kegiatan coaching adalah menggali dan memotivasi untuk mendapatkan solusi dari masalah yang dihadapi coachee. Seorang pemimpin pembelajaran harus memiliki paradigma berpikir coaching dan prinsip-prinsip coaching untuk supervisi akademik.
Re: Keterkaitan keterampilan coaching dengan supervisi akademik
by NURUL HIDAYAH - Monday, 13 March 2023, 3:50 PM
Saya sependapat dengan bu Dian bahwa dalam melakukan supervisi akademik dengan teknik coaching akan lebih efektif dibandingkan dengan teknik lain. Karena dalam coaching seorang coachee mampu menemukan potensi positif dalam diri maupun potensi lain disekeliling sebagai solusi atas masalah yang dihadapi.
Re: Keterkaitan keterampilan coaching dengan supervisi akademik
by WIWIN EKA WINARTI - Monday, 13 March 2023, 9:07 PM
sepakat dengan dengan supervisi akademik dengan teknik coaching dapat menemukan potensi diri dari cochee
Re: Keterkaitan keterampilan coaching dengan supervisi akademik
by IDA SUKMANINGRUM - Tuesday, 14 March 2023, 6:26 PM
Sangat setuju dengan pernyataan bu Dian bahwa Pemimpin pembelajaran yang baik adalah seorang yang memiliki prinsip dan mampu menerapkan paradigma coaching untuk supervisi akademik. Paradigma coacing dan prinsip coaching untuk supervisi akademik sangat perlu dimiliki oleh seorang pemimipin pembelajaran untuk dapat melakukan evaluasi dan refleksi pembelajaran sebagai bahan perbaikan kedepan